- Details
- Category: BERITA SEPUTAR PENGADILAN
- Hits: 4149
Sekretaris PA Kota Madiun Berpesan “Jaga Integritas dan Tingkatkan Kinerja Tim Kesekretariatan” dalam Monev Kinerja Bidang Kesekretariatan Bulan Maret Tahun 2025 |11-04-2025|
SEKRETARIS PA KOTA MADIUN BERPESAN “JAGA INTEGRITAS DAN TINGKATKAN KINERJA TIM KESEKRETARIATAN” DALAM MONEV KINERJA BIDANG KESEKRETARIATAN BULAN MARET TAHUN 2025
Bidang Kesekretariatan PA Kota Madiun laksanakan Rapat Dinas Monitoring dan Evaluasi (Monev) kinerja bulan Maret pada Jum’at, (11/4/2025). Rapat dinas yang bertempat di Media Center PA Kota Madiun pukul 15.00 WIB ini dipimpin oleh Sekretaris PA Kota Madiun Onis Nur Islahi, S.Sos., M.M. dan dihadiri oleh Kasubbag Umum dan Keuangan, Kasubbag Kepegawaian Ortala, Pranata Komputer, Klerek - Pengolah Data dan Informasi, Pengadilan Agama Kota Madiun, PPPK Arsiparis Terampil, PPNPN staf Kesekretariatan, satpam dan Cleaning Service.
Sekretaris PA Kota Madiun Onis Nur Islahi, S.Sos., M.M. mengawali sambutannya dalam membuka rapat mengucapkan syukur Alhamdulillah dapat melaksanakan Monev kinerja yang masih dalam suasana lebaran Idul Fitri ini dalam keadaan sehat dan bahagia serta menyampaikan minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin. Kemudian menyampaikan bahwa “rapat hari ini adalah rapat Monev kinerja bidang Kesekretariatan bulan Maret tahun 2025 dengan tujuan untuk memonitoring dan mengevaluasi kinerja yang telah dilaksanakan selama bulan Maret dengan segala hal yang harus ditingkatkan kearah lebih baik dan yang perlu diperbaiki.
Memasuki pembahasan rapat, Sekretaris PA Kota Madiun memberikan kesempatan kepada para Kasubbag baik dari Kasubbag Umum dan Keuangan, Kasubbag Kepegawaian Ortala, Kasubbag PTIP. Selanjutnya dalam laporan masing-masing Kasubbag disampaikan bahwa tupoksi yang telah dilaksanakan selama bulan Maret berjalan dengan lancar tidak ada kendala. Untuk Kasubbag Kepegawaian Ortala Erina Fatkul Fatimah, S.H., M.H. dalam laporannya menyampaikan terkait tupoksi selama bulan Maret berjalan dengan lancar tidak ada kendala diantaranya: kelangkapan dokumen pengangkatan CPNS menjadi PNS PA Kota Madiun, kedisiplinan absensi Hakim dan ASN pada aplikasi SIKEP Mahkamah Agung RI serta absensi PPNPN, pelaksanaan Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI, Nomor: 406/SEK/HM3.1.1/III/2025, tentang Penyesuaian tugas kedinasan pada 24 s.d. 27 Maret 2025 berjalan dengan baik dan lancar, Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung RI, Nomor 3 Tahun 2025 tentang Ketentuan Periode Evaluasi Kinerja Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada di Bawahnya Melalui Aplikasi E-Kinerja, kemudian Pelaksanaan Validasi Individu pada Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEP) MARI Triwulan I tahun 2025 serta Penerapan Electronic Track Record (e-TR) Kepada seluruh Hakim dan Tenaga Teknis Peradilan Agama sudah dilaksanakan dengan baik selesai 100%.
Beralih ke Kasubbag Umum dan Keuangan Juminem, S.H., M.Hum. menyampaikan terkait keamaan, kebersihan, perawatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana berjalan dengan baik. Terkait surat Sekretaris Mahkamah Agung RI, Nomor: 392/SEK/RA1/II/2024 tentang Penghematan Penggunaan Listrik sudah dilaksanakan dengan baik, kemudian untuk keuangan remunerasi dan lain-lain berjalan dengan lancar tidak ada kendala.
Sementara itu Kasubbag PTIP yang diwakili oleh Pranata Komputer PA Kota Madiun Widi Tri Hananto, S.Kom. melaporkan terkait Surat PTA Surabaya Nomor: 1477/KPTA.W13-A/OT.01.1/III/2025 tentang Pelaksanaan Penilaian Mandiri (Self Assessment) SAKIP Tahun 2024. Pengisian LKE pada aplikasi SEMAR Mahkamah Agung RI, Surat Ditjen Badilag, Nomor: 691/DJA/TI1.1.1/III/2025 tentang Monitoring Pelaksanaan Kebijakan Aplikasi Access CCTV Online (ACO). Selanjutnya staf pelaksana pengelola anggaran menambahkan terkait RPD, realisasi DIPA 01 BUA Mahkamah Agung RI dan DIPA 04 Badilag MA RI, Pelaporan capaian rincian output bulanan TA 2025 pada Aplikasi SAKTI Modul Komitmen,S K Sekretaris Mahkamah Agung Nomor: 853/SEK/SK.KP5/III/2025 tentang Bantuan Biaya Sewa Rumah Dinas dan Transportasi Bagi Hakim dan Hakim Ad Hoc di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya, Surat Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI tentang Perubahan Penggunaan Kodifikasi Segmen Akun dalam Penyetoran Sewa Rumah Dinas/Negara.
Pada kesempatan ini pula Sekretaris PA Kota Madiun memberikan kesempatan sharing sessions kepada seluruh tim Kesekretariatan terkait kendala ataupun permasalahan yang dihadapi masing-masing bagian tim bidang kesekretariatan dalam melaksanakan tupoksi masing-masing. Dalam kesempatan yang diberikan Pranata Komputer menambahkan terkait upgrade Access CCTV Online (ACO). Sementara itu, petugas keamanan menyampaikan terkait keamanan dan pemeliharaan sarana dan prasarana termasuk listrik PA Kota Madiun. Dalam sharing sessions juga dilakukan diskusi membahas penyelesaian permasalahan yang dihadapi dengan strategi serta solusi-solusi yang dapat mendukung kinerja agar lebih efektif dan efisien.
Rapat monev kinerja bulan Maret 2025 bidang Kesekretariatan berjalan lancar selanjutnya ditutup oleh Sekretaris PA Kota Madiun Onis Nur Islahi, S.Sos., M.M. dan berharap dengan adanya monev kinerja secara berkala ini, tim Kesekretariatan terus berkoordinasi meningkatkan kinerja pencapaian IKPA DIPA secara maksimal sesuai rencana dan target yang telah ditentukan. Beliaupun berpesan kepada seluruh tim Kesekretariatan tetap menguatkan integritas dalam melaksanakan tupoksi dengan sebaik mungkin sesuai SOP meskipun ditengah badai efisiensi. Niatkan kerja karena Allah SWT, semoga apa yang telah kita laksanakan menjadi amal ibadah kita semua. Aamiin Yaa Rabbal Alaamiin.