HEADER_WBK_oke_oke_oke.png

  • Home
  • PROFIL PENGADILAN

    Pengantar Ketua & Visi-Misi Pengadilan

    • Pengantar Ketua Pengadilan
    • Visi Pengadilan
    • Misi Pengadilan

    Tugas Pokok dan Fungsi Pengadilan

    • Tugas Pokok Pengadilan
    • Fungsi Pengadilan

    Wilayah Yurisdiksi

    • Yurisdiksi
    • Peta Wilayah Yurisdiksi

    Struktur Organisasi & Sejarah Pengadilan

    • Struktur Organisasi
    • Sejarah Pengadilan

    Lainnya

    • Nama Para Mantan Pimpinan dan Masa Jabatannya
    • Agenda / Jadwal Kegiatan Satuan Kerja
    • Alamat dan Kontak Pengadilan
  • INFORMASI UMUM
    • Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengadilan
    • Program Kerja Tahunan
    • Laporan Tahunan
  • KEPANITERAAN

    Administrasi Perkara

    • Sistem Informasi Penelusuran Perkara
    • Panduan e-Court
    • Direktori Putusan
    • Pedoman Pengelolaan Kepaniteraan

    Prosedur Berperkara

    • Prosedur Berperkara Tingkat Pertama
    • Prosedur Berperkara Tingkat Banding
    • Prosedur Berperkara Kasasi
    • Prosedur Berperkara Peninjauan Kembali
    • Prosedur Pengambilan Produk Pengadilan
    • Prosedur Berperkara Gugatan Sederhana

    HAK-HAK PARA PIHAK

    • Hak-Hak Para Pencari Keadilan
    • Hak-hak Pokok Dalam Proses Persidangan
    • Tata Tertib Persidangan
    • Agenda /Jadwal Persidangan
    • Prosedur Mediasi
    • Daftar Nama Mediator

    BIAYA PERKARA

    • Statistik perkara
    • Daftar Panggilan Ghaib
    • Delegasi / Tabayun
    • Rincian Biaya Proses Berperkara
    • Rincian Biaya Hak-Hak Kepaniteraan
    • Rincian Radius Biaya Panggilan per Kecamatan
    • Laporan Penggunaan Biaya Perkara
    • Laporan Pengembalian Sisa Panjar Perkara

    POSBAKUM

    • Keberadaan Posbakum
    • Penerima Jasa Pos Bantuan Hukum
    • Jenis Jasa Hukum Yang dilayani
    • Syarat-syarat dan Mekanisme
    • Dasar Aturan Tentang Pos Bantuan Hukum

    BERPERKARA TANPA BIAYA (Prodeo)

    • Syarat-syarat Berperkara Prodeo
    • Prosedur Berperkara Prodeo
    • Rincian Biaya Prodeo Yang dibebankan ke Negara
  • KESEKRETARIATAN

    KEPEGAWAIAN

    • Profil Pejabat dan Pegawai
    • Profil PPNPN
    • Statistik Jumlah Pegawai
    • LHKPN
    • LHKASN

    UMUM & KEUANGAN

    • DIPA
    • Laporan Realisasi Anggaran
    • Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
    • Neraca Keuangan
    • Realisasi PNBP
    • Asset dan Inventaris
    • Pengadaan Barang dan Jasa

    PELAPORAN

    • Rencana Strategis (Renstra)
    • Penghargaan
    • Rencana Kinerja Tahunan
    • Rencana Aksi Kinerja
    • Perjanjian Kinerja
    • IKU dan Reviu IKU
    • LKjIP
    • Pedoman Pengelolaan Kesekretariatan
    • Unit Pelaksana Teknis Kesekretariatan
    • Statistik Jumlah Pengunjung Website
  • LAYANAN PUBLIK

    MAKLUMAT PELAYANAN

    • Standar & Maklumat Pelayanan
    • Jam Kerja Pelayanan
    • Fasilitas Publik
    • SOP Pelayanan Publik
    • Pelayanan Terpadu Satu Pintu
    • SIPPN MENPAN

    INFORMASI

    • Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi
    • Hak-Hak Pemohon Informasi
    • Prosedur Keberatan Atas Permintaan Informasi
    • Biaya Memperoleh Informasi
    • Formulir Permintaan Informasi
    • Laporan Akses Informasi

    PENGADUAN

    • SIWAS MA RI
    • Prosedur Pengaduan
    • Hak-Hak Pelapor dan Terlapor
    • Laporan Rekapitulasi Pengaduan

    KODE ETIK & PENGAWASAN

    • Pedoman Pengawasan
    • Kode Etik Hakim
    • Daftar Nama Pejabat Pengawas
    • Hukuman Disiplin Hasil Pengawasan
    • Putusan Majelis Kehormatan Hakim
    • Prosedur Evakuasi
  • PUBLIKASI
    • Arsip Berita
    • Arsip Pengumuman
    • Arsip File-File Multimedia
    • Arsip Hasil Penelitian
    • Arsip MoU
    • Regulasi / Aturan
    • Arsip Artikel
  • INFO LAINNYA
    • Statistik Kunjungan Website
    • Tautan Terkait
    • Ucapan Selamat / Duka Cita
    • Tautan Situs Sosial Media
 
  1. PUBLIKASI
  2. Arsip Berita
  3. PA Kota Madiun Turut serta Menyaksikan Refleksi Akhir Tahun 2024 Mahkamah Agung Secara Virtual |27-12-2024|
Details
Category: BERITA SEPUTAR PENGADILAN
27.Dec
27 December 2024
Hits: 1826

PA Kota Madiun Turut serta Menyaksikan Refleksi Akhir Tahun 2024 Mahkamah Agung Secara Virtual |27-12-2024|

PA KOTA MADIUN TURUT SERTA MENYAKSIKAN REFLEKSI AKHIR TAHUN 2024 MAHKAMAH AGUNG SECARA VIRTUAL

pakotamaig 0gsj54529f0 bf7c 4249 968f 3aaa1cb85724

Ketua PA Kota Madiun Dr. H. Sofyan Zefri, S.H., M.S.I. bersama Hakim Syahrul Mubaroq, S.H., Panitera Lucky Aziz Hakim, S.H.I, M.H., Jurusita Ruchani dan Pranata Komputer Widi Tri Hananto, S.Kom. mengikuti Refleksi Akhir Tahun 2024  Mahkamah Agung Republik Indonesia  secara virtual di Media Center PA Kota Madiun pada Jum’at, (27/12/2024). Refleksi akhir tahun 2024 Mahkamah Agung RI  ini disaksikan melalui siaran langsung melalui kanal youtube Mahkamah Agung Republik Indonesia pukul 09.00 WIB dan diikuti oleh Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan di seluruh Indonesia.

pakotamaig-c707dc0c-089BBBB7-48d0-a1BB8a-677BBca20cb81e.jpg

Refleksi akhir tahun 2024 Mahkamah Agung RI dengan tema “integritas Kuat Peradilan Bermatabat“ ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung, dilanjutkan dengan pembacaan do’a yang dipandu oleh Hakim Yustisial Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung RI  Martomo, S.H.I., M.A. Selanjutnya Refleksi Kinerja Mahkamah Agung Republik Indonesia Tahun 2024 secara virtual dipandu oleh Hakim Yutisial Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung RI Riki Perdana Raya Waruwu, S.H., M.H. selaku moderator.

pakotamaig 14a053d5 ad63 4fa7 9e41 a47a9eef6gwb87a

pakotamarwgig c6928c68 c1c7 44e8 82c5 df847d917d3e

Ketua Mahkamah Agung RI YM. Prof. Dr. H. Sunarto, S.H., M.H. dalam sambutannya menyampaikan bahwa setiap  Ketua Mahkamah Agung bersama jajaran Pimpinan memiliki fokus yang sama dalam menjalankan amanah, yaitu mewujudkan Badan Peradilan yang Agung sebagaimana yang termuat dalam Cetak biru Mahkamah Agung  atau Blue Print Mahkamah Agung Tahun 2010-2035. Kegiatan refleksi akhir tahun ini merupakan suatu proses untuk merenungkan apa yang telah dilakukan Mahkamah Agung selama satu tahun kebelakang sebagai gambaran agar dapat melakukan lebih baik lagi di tahun yang akan datang. Tradisi ini baik diselenggarakan setiap tahun dengan tujuan untuk menyampaikan keadaan terkini tentang capaian kinerja, tantangan yang dihadapi dan inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Mahkamah Agung. Dengan mengundang ratusan media baik elektronik, online, maupun cetak pada refleksi akhir tahun 2024 Mahkamah Agung,  Ketua Mahkamah Agung berharap refleksi ini dapat disampaikan terhadap masyarakat luas melalui pemberitaan  yang edukatif, valid dan berimbang oleh rekan-rekan jurnalis sehingga masyarakat dapat mendapatkan pengatahuan yang komprehensif melalui upaya yang dilakukan oleh Mahkamah Agung terutama dalam meningkatkan pengalaman publik selama periode tahun 2024. Sebagai institusi publik yang menyelenggarakan fungsi Kehakiman, Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Dibawahnya memiliki tanggung jawab atas terselenggaranya peradilan yang berkualitas, bersih dan berwibawa.

pakotamaig 7f3aea46 bced 499b bc8d 10e6f923gwh5de2

Pada Refleksi tahun 2024 ini, Ketua Mahkamah Agung YM. Prof. Dr. H. Sunarto, S.H., M.H.  menyampaikan informasi terkait penghargaan, pencapaian kinerja, tantangan yang dihadapi, dan inovasi yang dilakukan oleh Mahkamah Agung sepanjang tahun 2024. Pada penyampaian refleksi kinerja Mahkamah Agung Tahun 2024  bahwa Tahun 2024 menjadi saksi keberhasilan Mahkamah Agung dalam meraih berbagai penghargaan bergengsi, diantaranya:

  1. Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel;
  2. Juara II Anugerah Reksa Bandha dari Kementerian Keuangan, sebagai bentuk apresiasi atas pengelolaan Barang Milik Negara (BMN);
  3. Piagam Sistem Merit KASH yang menunjukkan keberhasilan dalam penerapan sistem meritokrasi;
  4. JOIN Awards Terbaik dalam bidang keterbukaan informasi publik;
  5. Penghargaan EXNO untuk inovasi pelayanan hukum berbasis digital;
  6. Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan dan Kategori Prima, yang menegaskan komitmen MA dalam menyediakan layanan yang inklusif dan merata;
  7. -Anugerah Keterbukaan Informasi Publik dengan kualifikasi Informatif;
  8. Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) yang menunjukkan tekad kuat MA dalam memberantas korupsi di lingkungan peradilan.
  9. pakotamainppg f0614f98 3dec 456c b127 e0897820fb6b

Dalam transformasi Digital Melalui Aplikasi Berbasis AI, sebagai bagian dari strategi modernisasi, Mahkamah Agung juga  telah meluncurkan lima aplikasi berbasis kecerdasan buatan (AI) yang mendukung pelayanan hukum dan administrasi peradilan. Aplikasi ini sudah tersedia di Play Store dan App Store, memberikan kemudahan akses bagi masyarakat dan praktisi hukum di seluruh Indonesia, meliputi:

  1. SIAP MA Terintegrasi – Sistem Informasi Administrasi Perkara yang mempermudah pencarian informasi kasus;
  2. e-Court – Inovasi untuk memproses kasasi dan peninjauan kembali secara elektronik;
  3. Deteksi Dini (Early Detection) – Aplikasi untuk mendeteksi potensi pelanggaran hukum dan etika secara cepat;
  4. JDIH Versi Mobile – Memudahkan akses terhadap Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH);
  5. DICTUM – Direktori Rumusan Hukum yang membantu penelusuran rumusan hukum yang telah disepakati.

Dalam penyempurnaan Regulasi untuk Efektivitas Hukum, Sepanjang tahun ini, Mahkamah Agung juga aktif dalam memperbarui dan menyempurnakan regulasi, diantaranya: PERMA No. 2 Tahun 2024, yang memperbarui tata cara pengajuan keberatan terkait pengadaan tanah untuk kepentingan umum; SEMA No. 1 Tahun 2024, yang menjadi pedoman penerbitan salinan putusan dan akta cerai secara elektronik di lingkungan peradilan agama; SEMA No. 2 Tahun 2024, yang fokus pada peningkatan keamanan data dan efektivitas kerja.

Selanjutnya, dalam Kinerja Penanganan Perkara 2024, Mahkamah Agung mencatat capaian positif dalam penanganan perkara. Dari total 31.112 beban perkara, sebanyak 30.763 perkara berhasil diputus. Pengajuan kasasi dan peninjauan kembali secara elektronik mencapai 6.367 perkara, dengan tingkat penyelesaian sebesar 97, 77%. Untuk efisiensi Anggaran dan Pembangunan Infrastruktur ini dalam hal pengelolaan anggaran, Mahkamah Agung mencatat realisasi sebesar Rp11, 40 triliun dari total pagu Rp11, 92 triliun, atau mencapai 95, 63%. Anggaran tersebut juga digunakan untuk pembangunan gedung pengadilan baru di berbagai daerah, memastikan akses keadilan lebih merata. Sementara itu dalam Pengawasan dan Akuntabilitas, bahwa selama 2024, Mahkamah Agung menerima 4.313 pengaduan, di mana 4.116 kasus berhasil diselesaikan. MA menjatuhkan sanksi kepada aparatur peradilan dengan rincian: 31 sanksi berat, 95 sanksi sedang dan 70 sanksi ringan.

pakotamaig 41gsb9e7238 5cee 47e0 8ff7 b68ca1da9d37

Dalam kesempatan inipula Ketua Mahkamah Agung mengapresiasi Pers yang telah memberikan ruang untuk berita baik dan menginspirasi. Ketua Mahkamah Agung juga menjelaskan bahwa integritas masih menjadi isu utama dalam Refleksi Akhir Tahun ini, bahkan dijadikan tema dalam Laporan Tahunan yang akan diselenggarakan pada bulan Februari Tahun 2025 mendatang. Hal ini merupakan komitmen Mahkamah Agung untuk menjadikan integritas sebagai kunci dalam upaya membangun lembaga peradilan yang berkualitas dan sebagai pondasi kepercayaan publik. Oleh karena itu, beliau berharap kepada rekan-rekan jurnalis sebagai representasi publik untuk turut berpartisipasi dalam mengawasi kinerja hakim dan apartur peradilan, sekaligus bisa meluruskan isu-isu negatif yang beredar di masyarakat melalui pemberitaan yang akurat, proporsional, dan berimbang.

Ketua Mahkamah Agung melihat ada perkembangan paradigma di tengah-tengah masyarakat yang sebelumnya berpaham “bad news is a good news”, sekarang nampaknya berkembang menjadi “good news is a good news.” "Jika sebelumnya hanya berita buruk yang memiliki nilai jual yang tinggi, maka saat ini berita baik juga menempati porsi nilai jual yang tinggi. Salah satu peristiwa terbaik tahun ini adalah ketika Mahkamah Agung tetap kukuh berdiri di tengah tantangan penegakan integritas yang dihadapi, dan para jurnalis tetap menyediakan ruang untuk berita baik yang menginspirasi.

pakotamaig d4fwv642f04 515d 4e90 b0f2 e71718523901

Diakhir refleksi akhir tahun 2024 Mahkamah Agung, dalam hal komitmen terhadap Integritas dan Pelayanan Publik Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. H. Sunarto, S.H., M.H., mengapresiasi dedikasi seluruh hakim dan aparatur pengadilan yang telah bekerja keras dalam menjaga integritas dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Selanjutnya beliau menegaskan bahwa "Tahun 2024 adalah bukti bahwa Mahkamah Agung terus berkomitmen menjadi lembaga yang modern, akuntabel, dan berintegritas. Kami akan terus melangkah maju, memberikan keadilan yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia.

Refleksi akhir tahun 2024 Mahkamah Agung ditutup dengan sesi tanya jawab. Refleksi Akhir Tahun ini menjadi pengingat bahwa di tengah tantangan, Mahkamah Agung tetap berdiri kokoh sebagai benteng terakhir keadilan, sekaligus inspirasi bagi lembaga lain dalam membangun tata kelola yang baik dan profesional

Hubungi Kami

 

0851-2960-5370

Kode POS (63125)

Email Perkara :

 kepaniteraan@pa-kotamadiun.go.id

Email Umum :

 kesekretariatan@pa-kotamadiun.go.id

location.png  Lokasi Kantor 

Ikuti Kami di

         

Tautan Web

 

Mahkamah Agung RI 

Kepaniteraan MA RI 

Badan Pengawasan MA RI

Ditjen Badilag 

Direktori Putusan MA-RI 

JDIH Mahkamah Agung

PTA Surabaya

JDIH Mahkamah Agung

SIPPN Menpan

Kerjasama

    

 

Statistik Pengunjung

Jam Pelayanan

Pendaftaran Perkara Offline

Senin-Jumat : 08.00 - 12.00 WIB

Pelayanan PTSP

Senin-Kamis : 08.00 - 15.00 WIB

Jumat : 07.30 - 15.00

Istirahat : 12.00 - 13.00

Persidangan

Senin-Kamis : 09.00 - Selesai

 

.

Untuk Bulan Ramadhan

Senin - Kamis

Jam Kerja : 08.00 - 15.00 WIB

Jam Istirahat :12.00 -12.30 WIB

Jum'at

Jam Kerja : 08.00 - 15.30 WIB

Jam Istirahat :11.30 -12.30 WIB

SABTU DAN MINGGU LIBUR

 

Copy Right © 2024. Pengadilan Agama Kota Madiun V.0.4

cctv gif

Duta layanan