HEADER_WBK_oke_oke_oke.png

  • Home
  • PROFIL PENGADILAN

    Pengantar Ketua & Visi-Misi Pengadilan

    • Pengantar Ketua Pengadilan
    • Visi Pengadilan
    • Misi Pengadilan

    Tugas Pokok dan Fungsi Pengadilan

    • Tugas Pokok Pengadilan
    • Fungsi Pengadilan

    Wilayah Yurisdiksi

    • Yurisdiksi
    • Peta Wilayah Yurisdiksi

    Struktur Organisasi & Sejarah Pengadilan

    • Struktur Organisasi
    • Sejarah Pengadilan

    Lainnya

    • Nama Para Mantan Pimpinan dan Masa Jabatannya
    • Agenda / Jadwal Kegiatan Satuan Kerja
    • Alamat dan Kontak Pengadilan
  • INFORMASI UMUM
    • Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengadilan
    • Program Kerja Tahunan
    • Laporan Tahunan
  • KEPANITERAAN

    Administrasi Perkara

    • Sistem Informasi Penelusuran Perkara
    • Panduan e-Court
    • Direktori Putusan
    • Pedoman Pengelolaan Kepaniteraan

    Prosedur Berperkara

    • Prosedur Berperkara Tingkat Pertama
    • Prosedur Berperkara Tingkat Banding
    • Prosedur Berperkara Kasasi
    • Prosedur Berperkara Peninjauan Kembali
    • Prosedur Pengambilan Produk Pengadilan
    • Prosedur Berperkara Gugatan Sederhana

    HAK-HAK PARA PIHAK

    • Hak-Hak Para Pencari Keadilan
    • Hak-hak Pokok Dalam Proses Persidangan
    • Tata Tertib Persidangan
    • Agenda /Jadwal Persidangan
    • Prosedur Mediasi
    • Daftar Nama Mediator

    BIAYA PERKARA

    • Statistik perkara
    • Daftar Panggilan Ghaib
    • Delegasi / Tabayun
    • Rincian Biaya Proses Berperkara
    • Rincian Biaya Hak-Hak Kepaniteraan
    • Rincian Radius Biaya Panggilan per Kecamatan
    • Laporan Penggunaan Biaya Perkara
    • Laporan Pengembalian Sisa Panjar Perkara

    POSBAKUM

    • Keberadaan Posbakum
    • Penerima Jasa Pos Bantuan Hukum
    • Jenis Jasa Hukum Yang dilayani
    • Syarat-syarat dan Mekanisme
    • Dasar Aturan Tentang Pos Bantuan Hukum

    BERPERKARA TANPA BIAYA (Prodeo)

    • Syarat-syarat Berperkara Prodeo
    • Prosedur Berperkara Prodeo
    • Rincian Biaya Prodeo Yang dibebankan ke Negara
  • KESEKRETARIATAN

    KEPEGAWAIAN

    • Profil Pejabat dan Pegawai
    • Profil PPNPN
    • Statistik Jumlah Pegawai
    • LHKPN
    • LHKASN

    UMUM & KEUANGAN

    • DIPA
    • Laporan Realisasi Anggaran
    • Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
    • Neraca Keuangan
    • Realisasi PNBP
    • Asset dan Inventaris
    • Pengadaan Barang dan Jasa

    PELAPORAN

    • Rencana Strategis (Renstra)
    • Penghargaan
    • Rencana Kinerja Tahunan
    • Rencana Aksi Kinerja
    • Perjanjian Kinerja
    • IKU dan Reviu IKU
    • LKjIP
    • Pedoman Pengelolaan Kesekretariatan
    • Unit Pelaksana Teknis Kesekretariatan
    • Statistik Jumlah Pengunjung Website
  • LAYANAN PUBLIK

    MAKLUMAT PELAYANAN

    • Standar & Maklumat Pelayanan
    • Jam Kerja Pelayanan
    • Fasilitas Publik
    • SOP Pelayanan Publik
    • Pelayanan Terpadu Satu Pintu
    • SIPPN MENPAN

    INFORMASI

    • Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi
    • Hak-Hak Pemohon Informasi
    • Prosedur Keberatan Atas Permintaan Informasi
    • Biaya Memperoleh Informasi
    • Formulir Permintaan Informasi
    • Laporan Akses Informasi

    PENGADUAN

    • SIWAS MA RI
    • Prosedur Pengaduan
    • Hak-Hak Pelapor dan Terlapor
    • Laporan Rekapitulasi Pengaduan

    KODE ETIK & PENGAWASAN

    • Pedoman Pengawasan
    • Kode Etik Hakim
    • Daftar Nama Pejabat Pengawas
    • Hukuman Disiplin Hasil Pengawasan
    • Putusan Majelis Kehormatan Hakim
    • Prosedur Evakuasi
  • PUBLIKASI
    • Arsip Berita
    • Arsip Pengumuman
    • Arsip File-File Multimedia
    • Arsip Hasil Penelitian
    • Arsip MoU
    • Regulasi / Aturan
    • Arsip Artikel
  • INFO LAINNYA
    • Statistik Kunjungan Website
    • Tautan Terkait
    • Ucapan Selamat / Duka Cita
    • Tautan Situs Sosial Media
 
  1. PUBLIKASI
  2. Arsip Berita
  3. PA Kota Madiun Ikuti Identifikasi Kebutuhan Bangunan Gedung Kantor oleh Biro Perlengkapan Mahkamah Agung Secara Daring |03-12-2025|
Details
Category: BERITA SEPUTAR PENGADILAN
03.Dec
03 December 2025
Hits: 71

PA Kota Madiun Ikuti Identifikasi Kebutuhan Bangunan Gedung Kantor oleh Biro Perlengkapan Mahkamah Agung Secara Daring |03-12-2025|

PA KOTA MADIUN IKUTI IDENTIFIKASI KEBUTUHAN BANGUNAN GEDUNG KANTOR OLEH BIRO PERLENGKAPAN MAHKAMAH AGUNG SECARA DARING

pakotamaig-9f295524-dkfbbgbbb1a4-484f-bf47-70c9e40f40c1.jpg

Sekretaris Pengadilan Agama (PA) Kota Madiun, Agus Widyanto, S.H.I., bersama Kasubbag Umum dan Keuangan, Juminem, S.H., M.Hum., serta Operator Layanan Operasional, Irkhamni, dan CPNS Teknisi Sarana dan Prasarana, Ilham Akbar, S.T., menghadiri Kegiatan Identifikasi Kebutuhan Bangunan Gedung Kantor Pengadilan secara daring pada Rabu, (3/12/2025). Keikutsertaan PA Kota Madiun dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Biro Perlengkapan Badan Urusan Administrasi (BUA) Mahkamah Agung RI pada pukul 08.00 WIB tersebut berdasarkan Surat BUA Mahkamah Agung RI Nomor: 655/BUA.4/UND.PL1.2.2/XI/2025, tanggal 17 November 2025, perihal Identifikasi Kebutuhan Bangunan Gedung Kantor Pengadilan bagi satuan kerja di seluruh Indonesia.

pakotamaig-9b426aca-ffhgthnjujuyjk348f-4b43-918e-7b3a0765f1b6.jpg

Kegiatan ini diikuti oleh Pengadilan Tingkat Banding dan Pengadilan Tingkat Pertama pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan di seluruh Indonesia sesuai daftar terlampir dalam undangan. Dalam kegiatan ini, PA Kota Madiun didampingi oleh tim dari Biro Perlengkapan, yaitu Nur Rahmat Baskara, S.E., bersama tim. Kehadiran tim pendamping tersebut bertujuan memastikan proses identifikasi berjalan lancar serta sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku. Sinergi antara satuan kerja dan Biro Perlengkapan menjadi faktor penting dalam menghasilkan data aset yang valid, akurat, dan komprehensif.

Proses kegiatan diawali dengan pemaparan detail luasan bangunan melalui Aplikasi SIMAN. Satuan kerja, termasuk PA Kota Madiun, diminta menyiapkan sejumlah dokumen pendukung berupa Kartu Inventaris Barang (KIB) Bangunan, PBG (Persetujuan Bangunan Gedung) atau IMB (Izin Mendirikan Bangunan), serta SLF (Sertifikat Laik Fungsi). Selain itu, satuan kerja juga diwajibkan menunjukkan kondisi fisik bangunan secara real-time melalui Zoom live streaming.

pakotamaig-0gnnnn1249479-e3db-l40ea-83fd-e1b3ec46afde.jpg

Pada kesempatan ini, Sekretaris PA Kota Madiun, Agus Widyanto, S.H.I., didampingi Kasubbag Umum dan Keuangan, Juminem, S.H., M.Hum., memaparkan kondisi fisik gedung kantor, kelengkapan fasilitas, serta menyampaikan permasalahan terkait sarana dan prasarana yang ada. Seluruh pemaparan difokuskan pada verifikasi kesesuaian kondisi fisik bangunan dengan standar dan ketentuan Mahkamah Agung. Proses verifikasi ini merupakan langkah penting dalam pemetaan aset demi optimalisasi kualitas layanan peradilan.

Kegiatan identifikasi ini bertujuan untuk memetakan kebutuhan bangunan gedung kantor di seluruh lingkungan peradilan, sejalan dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 138 Tahun 2024. Data yang dikumpulkan dari seluruh satuan kerja, termasuk dari PA Kota Madiun, akan menjadi dasar dalam perencanaan pengadaan maupun pembangunan Barang Milik Negara (BMN) di masa mendatang. Komitmen ini menunjukkan keseriusan Mahkamah Agung dalam meningkatkan standar sarana dan prasarana guna mendukung pelayanan peradilan yang prima.

Dengan terselesaikannya kegiatan ini, PA Kota Madiun telah memberikan kontribusi aktif dalam mendukung terwujudnya tata kelola BMN yang tertib, akuntabel, dan berorientasi pada peningkatan kualitas layanan publik.  Sekretaris PA Kota Madiun berharap, setelah mengikuti kegiatan ini, proses pemetaan kebutuhan bangunan gedung dapat semakin akurat sehingga usulan perbaikan maupun pembangunan sarana dan prasarana di PA Kota Madiun dapat memperoleh perhatian lebih lanjut. Beliau juga menekankan bahwa hasil identifikasi ini diharapkan menjadi dasar penguatan tata kelola BMN serta peningkatan kualitas layanan peradilan bagi masyarakat.

Hubungi Kami

 

0851-2960-5370

Kode POS (63125)

Email Perkara :

 kepaniteraan@pa-kotamadiun.go.id

Email Umum :

 kesekretariatan@pa-kotamadiun.go.id

location.png  Lokasi Kantor 

Ikuti Kami di

         

Tautan Web

 

Mahkamah Agung RI 

Kepaniteraan MA RI 

Badan Pengawasan MA RI

Ditjen Badilag 

Direktori Putusan MA-RI 

JDIH Mahkamah Agung

PTA Surabaya

JDIH Mahkamah Agung

SIPPN Menpan

Kerjasama

    

 

Statistik Pengunjung

Jam Pelayanan

Pendaftaran Perkara Offline

Senin-Jumat : 08.00 - 12.00 WIB

Pelayanan PTSP

Senin-Kamis : 08.00 - 15.00 WIB

Jumat : 07.30 - 15.00

Istirahat : 12.00 - 13.00

Persidangan

Senin-Kamis : 09.00 - Selesai

 

.

Untuk Bulan Ramadhan

Senin - Kamis

Jam Kerja : 08.00 - 15.00 WIB

Jam Istirahat :12.00 -12.30 WIB

Jum'at

Jam Kerja : 08.00 - 15.30 WIB

Jam Istirahat :11.30 -12.30 WIB

SABTU DAN MINGGU LIBUR

 

Copy Right © 2024. Pengadilan Agama Kota Madiun V.0.4

cctv gif

Duta layanan