HEADER_WBK_oke_oke_oke.png

  • Home
  • PROFIL PENGADILAN

    Pengantar Ketua & Visi-Misi Pengadilan

    • Pengantar Ketua Pengadilan
    • Visi Pengadilan
    • Misi Pengadilan

    Tugas Pokok dan Fungsi Pengadilan

    • Tugas Pokok Pengadilan
    • Fungsi Pengadilan

    Wilayah Yurisdiksi

    • Yurisdiksi
    • Peta Wilayah Yurisdiksi

    Struktur Organisasi & Sejarah Pengadilan

    • Struktur Organisasi
    • Sejarah Pengadilan

    Lainnya

    • Nama Para Mantan Pimpinan dan Masa Jabatannya
    • Agenda / Jadwal Kegiatan Satuan Kerja
    • Alamat dan Kontak Pengadilan
  • INFORMASI UMUM
    • Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengadilan
    • Program Kerja Tahunan
    • Laporan Tahunan
  • KEPANITERAAN

    Administrasi Perkara

    • Sistem Informasi Penelusuran Perkara
    • Panduan e-Court
    • Direktori Putusan
    • Pedoman Pengelolaan Kepaniteraan

    Prosedur Berperkara

    • Prosedur Berperkara Tingkat Pertama
    • Prosedur Berperkara Tingkat Banding
    • Prosedur Berperkara Kasasi
    • Prosedur Berperkara Peninjauan Kembali
    • Prosedur Pengambilan Produk Pengadilan
    • Prosedur Berperkara Gugatan Sederhana

    HAK-HAK PARA PIHAK

    • Hak-Hak Para Pencari Keadilan
    • Hak-hak Pokok Dalam Proses Persidangan
    • Tata Tertib Persidangan
    • Agenda /Jadwal Persidangan
    • Prosedur Mediasi
    • Daftar Nama Mediator

    BIAYA PERKARA

    • Statistik perkara
    • Daftar Panggilan Ghaib
    • Delegasi / Tabayun
    • Rincian Biaya Proses Berperkara
    • Rincian Biaya Hak-Hak Kepaniteraan
    • Rincian Radius Biaya Panggilan per Kecamatan
    • Laporan Penggunaan Biaya Perkara
    • Laporan Pengembalian Sisa Panjar Perkara

    POSBAKUM

    • Keberadaan Posbakum
    • Penerima Jasa Pos Bantuan Hukum
    • Jenis Jasa Hukum Yang dilayani
    • Syarat-syarat dan Mekanisme
    • Dasar Aturan Tentang Pos Bantuan Hukum

    BERPERKARA TANPA BIAYA (Prodeo)

    • Syarat-syarat Berperkara Prodeo
    • Prosedur Berperkara Prodeo
    • Rincian Biaya Prodeo Yang dibebankan ke Negara
  • KESEKRETARIATAN

    KEPEGAWAIAN

    • Profil Pejabat dan Pegawai
    • Profil PPNPN
    • Statistik Jumlah Pegawai
    • LHKPN
    • LHKASN

    UMUM & KEUANGAN

    • DIPA
    • Laporan Realisasi Anggaran
    • Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
    • Neraca Keuangan
    • Realisasi PNBP
    • Asset dan Inventaris
    • Pengadaan Barang dan Jasa

    PELAPORAN

    • Rencana Strategis (Renstra)
    • Penghargaan
    • Rencana Kinerja Tahunan
    • Rencana Aksi Kinerja
    • Perjanjian Kinerja
    • IKU dan Reviu IKU
    • LKjIP
    • Pedoman Pengelolaan Kesekretariatan
    • Unit Pelaksana Teknis Kesekretariatan
    • Statistik Jumlah Pengunjung Website
  • LAYANAN PUBLIK

    MAKLUMAT PELAYANAN

    • Standar & Maklumat Pelayanan
    • Jam Kerja Pelayanan
    • Fasilitas Publik
    • SOP Pelayanan Publik
    • Pelayanan Terpadu Satu Pintu
    • SIPPN MENPAN

    INFORMASI

    • Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi
    • Hak-Hak Pemohon Informasi
    • Prosedur Keberatan Atas Permintaan Informasi
    • Biaya Memperoleh Informasi
    • Formulir Permintaan Informasi
    • Laporan Akses Informasi

    PENGADUAN

    • SIWAS MA RI
    • Prosedur Pengaduan
    • Hak-Hak Pelapor dan Terlapor
    • Laporan Rekapitulasi Pengaduan

    KODE ETIK & PENGAWASAN

    • Pedoman Pengawasan
    • Kode Etik Hakim
    • Daftar Nama Pejabat Pengawas
    • Hukuman Disiplin Hasil Pengawasan
    • Putusan Majelis Kehormatan Hakim
    • Prosedur Evakuasi
  • PUBLIKASI
    • Arsip Berita
    • Arsip Pengumuman
    • Arsip File-File Multimedia
    • Arsip Hasil Penelitian
    • Arsip MoU
    • Regulasi / Aturan
    • Arsip Artikel
  • INFO LAINNYA
    • Statistik Kunjungan Website
    • Tautan Terkait
    • Ucapan Selamat / Duka Cita
    • Tautan Situs Sosial Media
 
  1. PUBLIKASI
  2. Arsip Berita
  3. Optimalkan Pengelolaan PNBP, PA Kota Madiun Ikuti Koordinasi dan Bimtek Pengelolaan PNBP di Lingkungan PTASurabaya Tahun 2024 |17-10-2024|
Details
Category: BERITA SEPUTAR PENGADILAN
17.Oct
17 October 2024
Hits: 1458

Optimalkan Pengelolaan PNBP, PA Kota Madiun Ikuti Koordinasi dan Bimtek Pengelolaan PNBP di Lingkungan PTASurabaya Tahun 2024 |17-10-2024|

OPTIMALKAN PENGELOLAAN PNBP, PA KOTA MADIUN IKUTI KOORDINASI DAN BIMTEK PENGELOLAAN PNBP  DI LINGKUNGAN PTASURABAYA TAHUN 2024

pakotamaig-563a2d11-643c-46mm09-80mjmme4-4e182d8212a5.jpg

Panitera Mochammad Mu’ti, S.H. dan Sekretaris PA Kota Madiun Onis Nur Islahi, S.Sos., M.M. bersama Pengelola Perkara Febriana Aneke Putri, A.Md. selaku Bendahara Penerimaan PA Kota Madiun mengikuti Koordinasi dan Bimbingan Teknis  Pengelolaan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Surabaya pada Rabu, (16/10/2024). Kehadiran Panitera dan Sekretaris bersama Bendahara Penerimaan PA Kota Madiun dalam agenda Bimbingan Teknis tersebut berdasarkan surat PTA Surabaya Nomor: 4265 /KPTA.W13-A/HM1.1.1/X/2024 tanggal 02 Oktober 2024 tentang Pemanggilan Peserta Bimbingan Teknis.

pakotamaig-4d4600ebfbc-94da-fbb4ec3-8209-9bfb7280f24d0f0.jpg

pakotamaig-b27b315dfbb-2a6e-445a-99abgbb-1d034e285e09.jpg

Bimbingan Teknis yang akan berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai 16 s.d 18 Oktober 2024 tersebut bertempat di Baobab Safari Resort Gn. Princi, Jatiarjo, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur dengan dipimpin oleh Ketua PTA Surabaya Dr. Hj. Rokhanah, S.H., M.H., dan dihadiri oleh Wakil Ketua Drs. H. Rusman Mallapi, S.H., M.H. beserta Hakim Tinggi, Panitera dan Sekretaris PTA Surabaya serta diikuti oleh Panitera dan Sekretaris bersama Bendahara Penerimaan Pengadilan Agama se-Jawa Timur.

pakotamaig-f9llll1566b6-6ea3-a4-91c9-7850264f9c18.jpg

pakotamaig-0fd1b66f-b5fa-4512-vvfbghmjhmjhmgh8135-ba15a5e3b428.jpg

Pada pukul 16.00 WIB dilakukan pembukaan acara dengan diawali pembacaan do’a dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung. Selanjutnya Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Surabaya, Dr. Naffi, S.Ag., M.H., menyampaikan laporan kegiatan bahwa bimbingan teknis yang diselenggarakan oleh PTA Surabaya  ini penting untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan PNBP di Pengadilan Agama se- Jawa Timu. Diharapkan selama berlangsungnya kegiatan ini seluruh peserta  berpartisipasi aktif agar materi yang disampaikan dapat diterapkan dengan baik.

pakotamaig-01802331-fgbgbbbe74-42c1-abgb146-c03eaeda9d75.jpg

Ketua PTA Surabaya Dr. Hj. Rokhanah, S.H., M.H., dalam sambutannya sekaligus membuka acara secara resmi menyampaikan bahwa bimtek ini dilaksanakan agar pengelolaan PNBP semakin baik dan transparan. Karena PNBP yang dikelola dengan baik akan berkontribusi pada peningkatan kualitas layanan publik. Beliau juga menegaskan pentingnya pemahaman menyeluruh terhadap pengelolaan keuangan agar setiap pengadilan mampu menjalankan fungsinya secara optimal. Disamping itu diingatkan pula kepada seluruh peserta untuk menyimak materi yang akan disampaikan oleh pemateri eksternal dan internal dengan seksama. Hal ini penting demi peningkatan kapasitas dan kompetensi masing-masing satuan kerja Pengadilan Agama di Lingkungan PTA Surabaya sekaligus dalam rangka peningkatan pelayanan prima bagi masyarakat pencari keadilan.

pakotamaig-5bf1bdde-595hmmhm9mm-4b28-9fc2-471039fmjm6f935.jpg

Dilanjutkan dengan pemapaan materi dari berbagai Narasumber yang ahli di bidang pengelolaan PNBP diantanya: Juknis PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) di Lingkungan Peradilan Agama. Kemudian Teknis Pengelolaan PNBP Lingkup Mahkamah Agung dengan Narasumber Kepala Sub Bagian PNBP Peradilan Biro Keuangan  Badan Urusan Administrasi (BUA) Mahkamah Agung RI Galuh Admiati, S.E., M.M.

Hari Kedua kegiatan Bimtek, peserta mendapatkan materi terkait Langkah-langkah menghadapi akhir tahun anggaran 2024 (Pedirjen Perbendaharaan Nomor: PER-13/PB2024), meliputi: Sitematika Pengaturan, Penyelesaian Retur, Ketentuan lain-lain, Perencanaan Kas, Kontrak, penyampaian SPM, Pembayaran dengan Kartu Kredit, Pembayaran Uang Makan dan Uang Lembur dan Penyelesaian Uang Persediaan, Dispensasi, Mekanisme Pelaksanaan Anggaran pada Akhir Tahun Anggaran dan Retensi/Biaya Pemeliharaan, Pengesahan BLU, Administrasi Hibah Langsung, Akuntansi dan Pelaporan.

Selanjutnya akan dilakukan pemaparan beberapa materi lainnya hingga Jum’at, 18 Oktober 2024.. Dalam kegiatan ini juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk berdiskusi dan bertukar pikiran. Disamping itu, juga menjadi sarana penyampaian informasi, sebagai forum membangun jejaring dan memperkuat kerjasama antar pengadilan agama se- Jawa Timur. Dengan demikian, semua pihak dapat saling mendukung dalam meningkatkan kinerja dan melalui pengetahuan yang diperoleh peserta,  diharapkan dapat langsung diterapkan dalam praktik di satuan kerja Pengadilan Agama masing-masing serta menciptakan keseragaman dalam pengelolaan PNBP di Pengadilan Agama se- jawa Timur.

Hubungi Kami

 

0851-2960-5370

Kode POS (63125)

Email Perkara :

 kepaniteraan@pa-kotamadiun.go.id

Email Umum :

 kesekretariatan@pa-kotamadiun.go.id

location.png  Lokasi Kantor 

Ikuti Kami di

         

Tautan Web

 

Mahkamah Agung RI 

Kepaniteraan MA RI 

Badan Pengawasan MA RI

Ditjen Badilag 

Direktori Putusan MA-RI 

JDIH Mahkamah Agung

PTA Surabaya

JDIH Mahkamah Agung

SIPPN Menpan

Kerjasama

    

 

Statistik Pengunjung

Jam Pelayanan

Pendaftaran Perkara Offline

Senin-Jumat : 08.00 - 12.00 WIB

Pelayanan PTSP

Senin-Kamis : 08.00 - 15.00 WIB

Jumat : 07.30 - 15.00

Istirahat : 12.00 - 13.00

Persidangan

Senin-Kamis : 09.00 - Selesai

 

.

Untuk Bulan Ramadhan

Senin - Kamis

Jam Kerja : 08.00 - 15.00 WIB

Jam Istirahat :12.00 -12.30 WIB

Jum'at

Jam Kerja : 08.00 - 15.30 WIB

Jam Istirahat :11.30 -12.30 WIB

SABTU DAN MINGGU LIBUR

 

Copy Right © 2024. Pengadilan Agama Kota Madiun V.0.4

cctv gif

Duta layanan