- Details
- Category: BERITA SEPUTAR PENGADILAN
- Hits: 838
Monev kinerja Bidang Kesekretariatan PA Kota Madiun Juli 2025 |06-08-2025|
MONEV KINERJA BIDANG KESEKRETARIATAN PA KOTA MADIUN JULI 2025
Rapat Dinas Monitoring dan Evaluasi (Monev) kinerja Bidang Kesekretariatan PA Kota Madiun bulan Juli pada Rabu, (6/8/2025). Rapat dinas yang bertempat di Media Center PA Kota Madiun pukul 09.30 WIB ini dipimpin oleh Sekretaris PA Kota Madiun Onis Nur Islahi, S.Sos., M.M. dan dihadiri oleh Kasubbag Umum dan Keuangan, Kasubbag Kepegawaian Ortala, Kasubbag PTIP, Pranata Komputer, Klerek - Pengolah Data dan Informasi, PPPK Arsiparis Terampil, CPNS, PPNPN staf Kesekretariatan, satpam dan Cleaning Service.
Sekretaris PA Kota Madiun Onis Nur Islahi, S.Sos., M.M. mengawali sambutannya dalam membuka rapat mengucapkan syukur Alhamdulillah dapat melaksanakan Monev kinerja yang merupakan agenda rutin bulanan dalam keadaan sehat dan bahagia. Kemudian menyampaikan bahwa “rapat hari ini adalah rapat Monev kinerja bidang Kesekretariatan bulan Juli tahun 2025 yang bertujuan untuk untuk mengidentifikasi kendala, mencari solusi, dan memastikan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab di Bidang Kesekretariatan berjalan optimal.
Memasuki pembahasan rapat, Sekretaris PA Kota Madiun memberikan kesempatan kepada masing-masing Kasubbag untuk menyampaikan laporan tupoksi yang telah dilaksanakan selama bulan Juli 2025 yang dimulai dari Kasubbag Umum dan Keuangan Juminem, S.H., M.Hum. menyampaikan terkait efektivitas bagian umum dan keuangan diantaranya: perawatan/ pemeliharaan sarana dan prasarana, kebersihan pada setiap ruangan perlu ditingkatkan semakin lebih baik lagi untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, kedisiplinan petugas keamanaan, progres pengusulan pemusnahan Akta Cerai, pemasangan dekorasi semarak kemerdekaan HUT RI dan Mahkamah Agung RI ke-80 Tahun 2025, keuangan berjalan dengan baik baik itu hak hakim, pegawai maupun PPNPN.
Beralih pada Kasubbag Kepegawaian Ortala Erina Fatkul Fatimah, S.H., M.H. dalam laporannya mengulas dinamika pengelolaan SDM dan tata kelola organisasi yang semakin adaptif, diantaranya: Tindak Lanjut Pengisian Kelengkapan Tanggal, TMT dan Dokumen SPMT Pada Aplikasi SIKEP Mahkamah Agung RI, Pendataan Pegawai Peminat Rumah Subsidi, Kedisiplinan absensi Hakim dan pegawai PA Kota Madiun pada SIKEP Mahkamah Agung RI serta perzinan cuti pegawai.
Sementara itu, Kasubbag PTIP Anita Nurhikma, S.H., M.Hum. memaparkan perencanaan dan realisasi pengelolaan anggaran serta perkembangan dalam sistem pelaporan berbasis teknologi, diantaranya: Penginputan data Laporan Monev pelaksanaan Program Prioritas Badan Peradilan Agama, Penginputan data realisasi komponen dan rincian output pada aplikasi e- monev Bappenas, Penyusunan Rencana kerja anggaran dan pagu anggaran 2026 DIPA 01 BUA MahakaMAH Agung RI maupun DIPA 04 Badilag MA RI, Nilai IKPA per Juli 2025 untuk DIPA 01 sebesar 98,25% dan DIPA 04 sebesar 93,43%. rekap penggunaan aplikasi bulan Mei, diantaranya: Bluder, Silandep, e- Pecel, e-Dayoh (tamu pegawai 44 dan PTSP sebanyak 104), dan untuk e- Surti dengan 62 responden dan memperolah nilai IKM 3,93, Indeks Kualitas Pelayanan (IKP) 3,96 dan Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK) 3,98. Dan membahas terkait nilai Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. (LHE AKIP) Tahun 2024 yang akan dilaksanakan tindak lanjut rekomendasi hasil evaluasi. Dalam kesempatan ini, Pranata Komputer PA Kota Madiun Widi Tri Hananto, S.Kom. menambahkan terkait Monitoring Pelaksanaan Kebijakan Aplikasi Access CCTV Online (ACO) dan pemasangan Solid State Drive (SSD) PC/Laptop.
Disamping memaparkan hasil yang telah dicapai, rapat ini juga memberikan kesempatan bagi masing-masing sub bagian untuk mengungkapkan tantangan yang dihadapi serta kendala yang mungkin muncul selama pelaksanaan tugas. Semua hal tersebut didiskusikan dengan tujuan untuk mencari solusi bersama agar proses kerja di PA Kota Madiun dapat terus berjalan lancar. Selanjutnya dalam monev bulanan Bidang Kesekretariatan dibuka sharing season memberikan ruang bagi seluruh tim Kesekretariartan untuk memberikan masukan dan saran yang konstruktif, guna meningkatkan kinerja dan pelayanan di PA Kota Madiun. Melalui proses evaluasi yang transparan dan terbuka, diharapkan setiap bagian dapat saling bersinergi untuk mewujudkan tujuan bersama memberikan pelayanan yang lebih efisien, efektif, dan berkualitas. Pada sharing season juga dibahas beberapa hal diantaranya perbaharui kerjasama yang telah berakhir di tahun 2025 ini yang secepatnya akan segera ditindaklanjuti.
Diakhir, rapat ini Sekretaris PA Kota Madiun Onis Nur Islahi, S.Sos.., M.M. menekankan pentingnya menjaga konsistensi kinerja seluruh bagian dalam mendukung pelayanan publik yang optimal. Karena konsistensi menjadi kunci keberhasilan dalam mencapai target kerja yang telah direncanakan serta berperan penting dalam menciptakan lingkungan yang dapat diandalkan serta didukung dengan loyalitas untuk institusi bukan pribadi. Beliau berharap tim kesekretariatan terus menjaga kekompakan yang sudah terjaga selama ini agar semua tetap berjalan sebagaimana mestinya memberikan dedikasi kinerja terbaik dengan bersinergi bekerjasama melaksanakan tupoksi dengan maksimal yang tentunya juga menjaga komunikasi antar bidang.
“Dengan adanya monitoring dan evaluasi yang berkelanjutan, diharapkan seluruh tugas dan tanggung jawab Bidang kesekretariatan dapat dilaksanakan secara optimal dan profesional. Dan hasil rapat ini, diharapkan seluruh tim kesekretariatan dapat bekerja lebih efektif dan efisien yang tentunya menjaga integritas dalam mendukung pelayanan berkualitas kepada masyarakat pencari keadilan serta visi peradilan yang modern dan terpercaya.” Pungkas Sekretaris PA Kota Madiun.