- Details
- Category: BERITA SEPUTAR PENGADILAN
- Hits: 38
Monev Kinerja Bidang Kesekretariatan PA Kota Madiun Bulan September 2025 |02-10-2025|
MONEV KINERJA BIDANG KESEKRETARIATAN PA KOTA MADIUN BULAN SEPTEMBER 2025
Rapat Dinas Monitoring dan Evaluasi (Monev) kinerja Bidang Kesekretariatan PA Kota Madiun bulan September 2025 pada Kamis, (2/10/2025). Rapat dinas yang bertempat di Media Center PA Kota Madiun pukul 13.30 WIB ini dipimpin oleh Sekretaris PA Kota Madiun Agus Widyanto, S.H.I. dan dihadiri oleh Kasubbag Umum dan Keuangan, Kasubbag Kepegawaian Ortala, Kasubbag PTIP, Pranata Komputer, Klerek - Pengolah Data dan Informasi, PPPK, CPNS dan PPNPN.
Sekretaris PA Kota Madiun Agus Widyanto, S.H.I. mengawali sambutannya dalam membuka rapat mengucapkan syukur Alhamdulillah dapat melaksanakan Monev kinerja yang merupakan agenda rutin bulanan dalam keadaan sehat dan bahagia. Kemudian menyampaikan bahwa “rapat hari ini adalah rapat Monev kinerja bidang Kesekretariatan bulan September tahun 2025 sekaligus monev kinerja Triwulan III yang dimana monev kinerja perdana beliau sebagai Sekretaris PA Kota Madiun. Beliau menyampaikan bahwa rapat hari ini bertujuan untuk untuk mengidentifikasi kendala, mencari solusi, dan memastikan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab dari setiap Sub Bagian yang berada di Bagian Kesekretariatan berjalan optimal. Kegiatan monev ini bertujuan untuk memantau secara cermat pelaksanaan tugas.
Memasuki pembahasan rapat, Sekretaris PA Kota Madiun memberikan kesempatan kepada masing-masing Kasubbag untuk menyampaikan laporan tupoksi yang telah dilaksanakan selama bulan September 2025 yang dimulai dari Kasubbag PTIP Anita Nurhikma, S.H., M.Hum. memaparkan perencanaan dan realisasi pengelolaan anggaran serta perkembangan dalam sistem pelaporan berbasis teknologi, diantaranya: Penginputan data realisasi komponen dan rincian output pada aplikasi e- monev Bappenas, Nilai IKPA DIPA 01 dan DIPA 04 per September 2025 untuk DIPA 01, rekap penggunaan aplikasi bulan September, diantaranya: Bluder, Silandep, e- Pecel, e-Dayoh dan e- Surti (nilai IKM, Indeks Kualitas Pelayanan (IKP) dan Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK).
Beralih pada Kasubbag Kepegawaian Ortala Erina Fatkul Fatimah, S.H., M.H. dalam laporannya mengulas dinamika pengelolaan SDM dan tata kelola organisasi yang semakin adaptif, diantaranya: Tindak Lanjut updating data PPPK pada SIKEP Mahkamah Agung RI, Pendataan PPNPN Non DIPA, Kedisiplinan absensi Hakim dan pegawai PA Kota Madiun pada SIKEP Mahkamah Agung RI serta perzinan cuti pegawai.
Sementara itu, Kasubbag Umum dan Keuangan Juminem, S.H., M.Hum. menyampaikan terkait efektivitas bagian umum dan keuangan diantaranya: perawatan/ pemeliharaan sarana dan prasarana, kebersihan pada setiap ruangan perlu ditingkatkan semakin lebih baik lagi untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, kedisiplinan petugas keamanaan, progres pemusnahan Akta Cera telah dilaksanakan, SK sewa mess dan ATM telah turun selanjutnya segera ditindaklanjuti untuk pembayaran, kemudian keuangan berjalan dengan baik baik itu hak hakim, pegawai maupun PPNPN.
Tidak hanya sebatas laporan dari para Kasubag, dalam monev kinerja bulanan ini Sekretaris PA Kota Madiun Agus Widyanto, S.H.I. juga secara proaktif meminta masukan dan pendapat dari staff kesekretariatan serta PPNPN PA Kota Madiun. Pendekatan ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif dan menyeluruh mengenai dinamika pelaksanaan tugas di lapangan melalui sesi diskusi memberikan ruang bagi seluruh tim Kesekretariatan untuk memberikan masukan dan saran yang konstruktif, guna meningkatkan kinerja dan pelayanan di PA Kota Madiun. Dalam kesempatan ini, PPPK staf pengelola keuangan menyampaikan terkait belanja modal pegawai, Pranata Komputer PA Kota Madiun Widi Tri Hananto, S.Kom. menambahkan terkait migrasi hosting dan website. Setelah semua pemaparan dan masukan diberikan memberikan tanggapan dan arahan terhadap semua penjelasan serta pendapat yang telah disampaikan. Beliau juga secara langsung menawarkan solusi konkret untuk mengatasi berbagai kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas di Bagian Kesekretariatan PA Kota Madiun. Melalui proses evaluasi yang transparan dan terbuka, diharapkan setiap bagian dapat saling bersinergi untuk mewujudkan tujuan bersama memberikan pelayanan yang lebih efisien, efektif, dan berkualitas. Pada sharing season juga dibahas beberapa hal diantaranya perbaharui kerjasama yang telah berakhir di tahun 2025 ini yang secepatnya akan segera ditindaklanjuti serta optimalisasi penilaian Triwulan termasuk pengelolaan website PA Kota Madiun.
Diakhir, rapat ini Sekretaris PA Kota Madiun Agus Widyanto, S.H.I. menekankan pentingnya menjaga kekompakan yang sudah terjaga selama ini agar semua tetap berjalan sebagaimana mestinya memberikan dedikasi kinerja terbaik dengan bersinergi bekerjasama melaksanakan tupoksi dengan maksimal yang tentunya juga menjaga komunikasi antar bidang. Beliau berharap seluruh tugas dan tanggung jawab Bidang kesekretariatan dapat dilaksanakan secara optimal dan profesional. Dan hasil rapat ini, diharapkan seluruh tim kesekretariatan dapat bekerja lebih efektif dan efisien yang tentunya menjaga integritas dalam mendukung pelayanan berkualitas kepada masyarakat pencari keadilan.