- Details
- Category: BERITA SEPUTAR PENGADILAN
- Hits: 2844
Monev Kinerja Bidang Kesekretariatan PA Kota Madiun Bulan Juni 2025 |04-07-2025|
MONEV KINERJA BIDANG KESEKRETARIATAN PA KOTA MADIUN BULAN JUNI 2025
Bidang Kesekretariatan PA Kota Madiun melaksanakan Rapat Dinas Monitoring dan Evaluasi (Monev) kinerja bulan Juni pada Jum’at, (4/7/2025). Rapat dinas yang berlangsung pukul 13.30 WIB ini dipimpin oleh Sekretaris PA Kota Madiun Onis Nur Islahi, S.Sos., M.M. dan dihadiri oleh Kasubbag Umum dan Keuangan, Kasubbag Kepegawaian Ortala, Kasubbag PTIP, Pranata Komputer, Klerek - Pengolah Data dan Informasi, PPPK Arsiparis Terampil, CPNS, PPNPN staf Kesekretariatan, satpam dan Cleaning Service.
Sekretaris PA Kota Madiun Onis Nur Islahi, S.Sos., M.M. mengawali sambutannya dalam membuka rapat mengucapkan syukur Alhamdulillah dapat melaksanakan Monev kinerja yang merupakan agenda rutin bulanan dalam keadaan sehat dan bahagia serta menyampaikan bahwa “rapat hari ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya pengawasan dan evaluasi terhadap kinerja kesekretariatan yang telah berjalan selama bulan Juni tahun 2025. Dalam rapat akan dibahas secara komprehensif mengenai pencapaian yang telah dilakukan oleh tiap Sub Bagian, dan untuk mengawali pembahasan rapat diberikan kesempatan kepada masing-masing Kasubbag untuk menyampaikan laporan tupoksi yang telah dilaksanakan.
Dimulai dari Kasubbag Kepegawaian Ortala Erina Fatkul Fatimah, S.H., M.H. dalam laporannya menyampaikan terkait tupoksi selama bulan Juni berjalan dengan lancar tidak ada kendala diantaranya: 1 Pegawai Klerek - Pengolah Data dan Informasi PA Kota Madiun telah melaksanakan diklat bendahara pengeluaran, Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEP) MARI Periode Triwulan II tahun 2025 telah dilaksanakan 100%, Penerapan Electronic Track Record (ETR) Bagi Seluruh Tenaga Teknis dan Tenaga Non Teknis Peradilan Agama, Laporan Penegakan Disiplin Kerja Hakim yang dilaporkan kepada PTA Surabaya setiap bulan paling lambat tanggal 5 berikutnya telah dilaporkan, kedisiplinan absensi Hakim dan pegawai PA Kota Madiun pada SIKEP Mahkamah Agung RI serta perzinan cuti pegawai. Beralih pada Kasubbag Umum dan Keuangan Juminem, S.H., M.Hum. menyampaikan bahwa menyampaikan bahwa keuangan berjalan dengan baik baik itu hak hakim, pegawai maupun PPNPN; jadwal petugas keamanan berjalan dengan lancar dan persiapan keamanan pada akhir pekan, kerapian serta beberapa hal yang harus ditindaklanjuti termasuk perawatan/ pemeliharaan sarpras dan kendaraan dinas. Kemudian membahas Pelaksanaan, Penyusunan dan Penyampaian Laporan Pengawasan dan Pengendalian Barang Milik Negara Semester I Tahun 2025 dan persiapan penghapusan BMN.
Sementara itu, Kasubbag PTIP yang diwakili oleh Pranata Komputer Widi Tri Hananto, S.Kom. menyampaikan terkait pemasangan Solid State Drive (SSD) PC/Laptop, rekap penggunaan aplikasi bulan Juni diantaranya: Bluder, Silandep, e- Pecel, e-Dayoh (tamu pegawai dan PTSP), dan untuk e- Surti dengan 91 responden dan memperolah nilai Indeks Kepuasan Masyarakat Satker 3,94, Indeks Persepsi Kualitas Pelayanan (IPKP) 3,98 dan Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK) 3,99. Dalam kesempatan ini staf Kesekretariatan menambahkan terkait Realisasi Anggaran sampai bulan Juni 2025, untuk Nilai IKPA DIPA 01 BUA MA RI 97 73% dan DIPA 04 Badilag 100%. Juga membahas terkait RPD Triwulan III serta tim penghapusan BMN PA Kota Madiun.
Tujuan utama dari rapat monev ini adalah untuk mengetahui perkembangan yang sudah dicapai, mengidentifikasi bagian yang masih perlu perbaikan, memastikan setiap Sub Bagian di Kesekretariatan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, efisien, dan sesuai dengan rencana yang telah disusun sebelumnya.
Disamping memaparkan hasil yang telah dicapai, rapat ini juga memberikan kesempatan bagi masing-masing sub bagian untuk mengungkapkan tantangan yang dihadapi serta kendala yang mungkin muncul selama pelaksanaan tugas. Semua hal tersebut didiskusikan dengan tujuan untuk mencari solusi bersama agar proses kerja di PA Kota Madiun dapat terus berjalan lancar. Selanjutnya dalam monev bulanan Bidang Kesekretariatan dibuka sharing season memberikan ruang bagi seluruh tim Kesekretariartan untuk memberikan masukan dan saran yang konstruktif, guna meningkatkan kinerja dan pelayanan di PA Kota Madiun. Melalui proses evaluasi yang transparan dan terbuka, diharapkan setiap bagian dapat saling bersinergi untuk mewujudkan tujuan bersama memberikan pelayanan yang lebih efisien, efektif, dan berkualitas.
Diakhir monev kinerja bidang Kesekretariatan PA Kota Madiun bulan Juni ini Sekretaris PA Kota Madiun Onis Nur Islahi, S.Sos., M.M. memberikan apresiasi atas kolaborasi memberikan dedikasi terbaik dan menekankan agar tim Kesekretariatan terus berkoordinasi mempertahankan kinerja yang telah baik, meningkatkan yang perlu ditingkatkan serta tetap konsisten satu komando bersama Sekretaris PA Kota Madiun selaku pimpinan Bidang Kesekretariatan demi memberikan dedikasi kinerja terbaik dengan bersinergi bekerjasama melaksanakan tupoksi dengan maksimal yang tentunya juga menjaga komunikasi antar bidang. Diharapkan dengan adanya rapat monitoring dan evaluasi kinerja kesekretariatan setiap bulan ini dapat menjadi acuan bagi pengembangan kualitas kerja Keseretariatan di bulan berikutnya, serta memberikan dampak positif bagi kemajuan institusi dan pelayanan publik di PA Kota Madiun.