HEADER_WBK_oke_oke_oke.png

  • Home
  • PROFIL PENGADILAN

    Pengantar Ketua & Visi-Misi Pengadilan

    • Pengantar Ketua Pengadilan
    • Visi Pengadilan
    • Misi Pengadilan

    Tugas Pokok dan Fungsi Pengadilan

    • Tugas Pokok Pengadilan
    • Fungsi Pengadilan

    Wilayah Yurisdiksi

    • Yurisdiksi
    • Peta Wilayah Yurisdiksi

    Struktur Organisasi & Sejarah Pengadilan

    • Struktur Organisasi
    • Sejarah Pengadilan

    Lainnya

    • Nama Para Mantan Pimpinan dan Masa Jabatannya
    • Agenda / Jadwal Kegiatan Satuan Kerja
    • Alamat dan Kontak Pengadilan
  • INFORMASI UMUM
    • Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengadilan
    • Program Kerja Tahunan
    • Laporan Tahunan
  • KEPANITERAAN

    Administrasi Perkara

    • Sistem Informasi Penelusuran Perkara
    • Panduan e-Court
    • Direktori Putusan
    • Pedoman Pengelolaan Kepaniteraan

    Prosedur Berperkara

    • Prosedur Berperkara Tingkat Pertama
    • Prosedur Berperkara Tingkat Banding
    • Prosedur Berperkara Kasasi
    • Prosedur Berperkara Peninjauan Kembali
    • Prosedur Pengambilan Produk Pengadilan
    • Prosedur Berperkara Gugatan Sederhana

    HAK-HAK PARA PIHAK

    • Hak-Hak Para Pencari Keadilan
    • Hak-hak Pokok Dalam Proses Persidangan
    • Tata Tertib Persidangan
    • Agenda /Jadwal Persidangan
    • Prosedur Mediasi
    • Daftar Nama Mediator

    BIAYA PERKARA

    • Statistik perkara
    • Daftar Panggilan Ghaib
    • Delegasi / Tabayun
    • Rincian Biaya Proses Berperkara
    • Rincian Biaya Hak-Hak Kepaniteraan
    • Rincian Radius Biaya Panggilan per Kecamatan
    • Laporan Penggunaan Biaya Perkara
    • Laporan Pengembalian Sisa Panjar Perkara

    POSBAKUM

    • Keberadaan Posbakum
    • Penerima Jasa Pos Bantuan Hukum
    • Jenis Jasa Hukum Yang dilayani
    • Syarat-syarat dan Mekanisme
    • Dasar Aturan Tentang Pos Bantuan Hukum

    BERPERKARA TANPA BIAYA (Prodeo)

    • Syarat-syarat Berperkara Prodeo
    • Prosedur Berperkara Prodeo
    • Rincian Biaya Prodeo Yang dibebankan ke Negara
  • KESEKRETARIATAN

    KEPEGAWAIAN

    • Profil Pejabat dan Pegawai
    • Profil PPNPN
    • Statistik Jumlah Pegawai
    • LHKPN
    • LHKASN

    UMUM & KEUANGAN

    • DIPA
    • Laporan Realisasi Anggaran
    • Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
    • Neraca Keuangan
    • Realisasi PNBP
    • Asset dan Inventaris
    • Pengadaan Barang dan Jasa

    PELAPORAN

    • Rencana Strategis (Renstra)
    • Penghargaan
    • Rencana Kinerja Tahunan
    • Rencana Aksi Kinerja
    • Perjanjian Kinerja
    • IKU dan Reviu IKU
    • LKjIP
    • Pedoman Pengelolaan Kesekretariatan
    • Unit Pelaksana Teknis Kesekretariatan
    • Statistik Jumlah Pengunjung Website
  • LAYANAN PUBLIK

    MAKLUMAT PELAYANAN

    • Standar & Maklumat Pelayanan
    • Jam Kerja Pelayanan
    • Fasilitas Publik
    • SOP Pelayanan Publik
    • Pelayanan Terpadu Satu Pintu
    • SIPPN MENPAN

    INFORMASI

    • Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi
    • Hak-Hak Pemohon Informasi
    • Prosedur Keberatan Atas Permintaan Informasi
    • Biaya Memperoleh Informasi
    • Formulir Permintaan Informasi
    • Laporan Akses Informasi

    PENGADUAN

    • SIWAS MA RI
    • Prosedur Pengaduan
    • Hak-Hak Pelapor dan Terlapor
    • Laporan Rekapitulasi Pengaduan

    KODE ETIK & PENGAWASAN

    • Pedoman Pengawasan
    • Kode Etik Hakim
    • Daftar Nama Pejabat Pengawas
    • Hukuman Disiplin Hasil Pengawasan
    • Putusan Majelis Kehormatan Hakim
    • Prosedur Evakuasi
  • PUBLIKASI
    • Arsip Berita
    • Arsip Pengumuman
    • Arsip File-File Multimedia
    • Arsip Hasil Penelitian
    • Arsip MoU
    • Regulasi / Aturan
    • Arsip Artikel
  • INFO LAINNYA
    • Statistik Kunjungan Website
    • Tautan Terkait
    • Ucapan Selamat / Duka Cita
    • Tautan Situs Sosial Media
 
  1. PUBLIKASI
  2. Arsip Berita
  3. Ketua PA Kota Madiun Hadiri Rapat Dengar Pendapat Finalisasi Pembahasan Raperda Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan Kota Madiun Tahun 2025 |28-08-2025|
Details
Category: BERITA SEPUTAR PENGADILAN
28.Aug
28 August 2025
Hits: 1571

Ketua PA Kota Madiun Hadiri Rapat Dengar Pendapat Finalisasi Pembahasan Raperda Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan Kota Madiun Tahun 2025 |28-08-2025|

KETUA PA KOTA MADIUN HADIRI RAPAT DENGAR PENDAPAT FINALISASI PEMBAHASAN RAPERDA PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN KOTA MADIUN TAHUN 2025

pakotamaig-dfe93838-cab6-447b-812bJHHd803bd2c4b26.jpg

Ketua PA Kota Madiun Dr. H. Sofyan Zefri, S.H.I., M.S.I. menghadiri Rapat Dengar Pendapat Finalisasi Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Tahap II Tahun 2025 Kota Madiun tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan pada Kamis, (28/8/2025).

Rapat yang berlangsung di Gedung Paripurna DPRD Kota Madiun Jl. Taman Praja No. 97 Kota Madiun dan dihadiri oleh dipimpin oleh Ketua Pansus II DPRD Kota Madiun dan dihadiri Pimpinan DPRD, Anggota Pansus II DPRD Kota Madiun dan Tim Harmonisasi serta OPD diantaranya: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil; Dinas Komunikasi dan Informatika; Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana; Dinas Pendidikan; Bagian Pemerintahan Kota Madiun, Pengadilan Negeri Kota Madiun dan Pengadilan Agama Kota Madiun.

pakotamaig-48c40Lb97-9afe-LHGMMMdf5-8587-d109f93f956.jpg

pakotamaig-5265aa1a-5ca3-4b48-a1JJd6-6a54236ac338.jpg

Rapat Dengar Pendapat yang digelar hari ini merupakan finalisasi pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik, terutama dalam hal administrasi kependudukan di Kota Madiun sejalan dengan tuntutan pelayanan administrasi kependudukan yang profesional, memenuhi standard teknologi informasi, dinamis, tertib dan tidak diskriminatif.

Melalui Rapat Dengar Pendapat sebelumnya, pemangku kepentingan yang dihadirkan telah memberikan berbagai  masukan dan saran dari berbagai pihak telah ditampung dan dipertimbangkan guna memastikan bahwa berbagai sudut pandang dan kepentingan terwakili dalam pembahasan Raperda yang bertujuan untuk mendapatkan masukan dan pertimbangan dari berbagai pihak terkait sebagai bagaian dari penyempurnaan regulasi sebelum Raperda tersebut disahkan sehingga lebih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kekinian serta permasalahan yang dihadapi oleh Pemerintah dan masyarakat Kota Madiun. Termasuk Ketua  PA Kota Madiun Dr. H. Sofyan Zefri, S.H.I., M.S.I. yang menyampaikan terkait naskah akademik Raperda Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Kependudukan yang harus bersifat spesifik, seharusnya menjadi jelas dimana peran masing-masing lembaga dalam regulasi pada Perda Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Kependudukan  yang akan di sahkan. Salah satunya mempertegas tentang peran lembaga Pengadilan Agama terkait dengan administrasi kependudukan, sebab Pengadilan Agama juga memberikan wewenang terhadap dengan perubahan adminsitrasi kependudukan seseorang khususnya yang berhubungan dengan asal-usul anak serta pengesahan perkawinan.

Dan dalam Rapat Dengar Pendapat Finalisasi Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Tahap II Tahun 2025 Kota Madiun tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan membahas dan menyepakati substansi akhir Rencana Peraturan Daerah (Raperda) yang mengatur penyelenggaraan administrasi kependudukan sebelum ditetapkan menjadi Perda untuk memastikan Perda yang dihasilkan akurat, efektif dalam pelayanan publik sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Melalui forum terbuka  ini memungkinkan publik untuk mengetahui proses penyusunan Raperda. Hal ini dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam proses hingga finalisasi pembuatan kebijakan. Melalui forum ini pula memperoleh masukan, pendapat, dan saran dari berbagai pemangku kepentingan, baik masyarakat maupun instansi terkait.

Rapat kerja berjalan lancar dan menjadi bagian penting dalam rangka penyempurnaan substansi regulasi Perda tersebut secara komprehensif, sesuai kebutuhan, dan dapat diterapkan secara efektif dalam memberikan kepastian hukum serta meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kota Madiun.

Dengan demikian, Rapat Dengar Pendapat tentang Raperda Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan merupakan langkah penting dalam memastikan bahwa peraturan daerah yang dihasilkan berkualitas, sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Hubungi Kami

 

0851-2960-5370

Kode POS (63125)

Email Perkara :

 kepaniteraan@pa-kotamadiun.go.id

Email Umum :

 kesekretariatan@pa-kotamadiun.go.id

location.png  Lokasi Kantor 

Ikuti Kami di

         

Tautan Web

 

Mahkamah Agung RI 

Kepaniteraan MA RI 

Badan Pengawasan MA RI

Ditjen Badilag 

Direktori Putusan MA-RI 

JDIH Mahkamah Agung

PTA Surabaya

JDIH Mahkamah Agung

SIPPN Menpan

Kerjasama

    

 

Statistik Pengunjung

Jam Pelayanan

Pendaftaran Perkara Offline

Senin-Jumat : 08.00 - 12.00 WIB

Pelayanan PTSP

Senin-Kamis : 08.00 - 15.00 WIB

Jumat : 07.30 - 15.00

Istirahat : 12.00 - 13.00

Persidangan

Senin-Kamis : 09.00 - Selesai

 

.

Untuk Bulan Ramadhan

Senin - Kamis

Jam Kerja : 08.00 - 15.00 WIB

Jam Istirahat :12.00 -12.30 WIB

Jum'at

Jam Kerja : 08.00 - 15.30 WIB

Jam Istirahat :11.30 -12.30 WIB

SABTU DAN MINGGU LIBUR

 

Copy Right © 2024. Pengadilan Agama Kota Madiun V.0.4

cctv gif

Duta layanan