HEADER_WBK_oke_oke_oke.png

  • Home
  • PROFIL PENGADILAN

    Pengantar Ketua & Visi-Misi Pengadilan

    • Pengantar Ketua Pengadilan
    • Visi Pengadilan
    • Misi Pengadilan

    Tugas Pokok dan Fungsi Pengadilan

    • Tugas Pokok Pengadilan
    • Fungsi Pengadilan

    Wilayah Yurisdiksi

    • Yurisdiksi
    • Peta Wilayah Yurisdiksi

    Struktur Organisasi & Sejarah Pengadilan

    • Struktur Organisasi
    • Sejarah Pengadilan

    Lainnya

    • Nama Para Mantan Pimpinan dan Masa Jabatannya
    • Agenda / Jadwal Kegiatan Satuan Kerja
    • Alamat dan Kontak Pengadilan
  • INFORMASI UMUM
    • Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengadilan
    • Program Kerja Tahunan
    • Laporan Tahunan
  • KEPANITERAAN

    Administrasi Perkara

    • Sistem Informasi Penelusuran Perkara
    • Panduan e-Court
    • Direktori Putusan
    • Pedoman Pengelolaan Kepaniteraan

    Prosedur Berperkara

    • Prosedur Berperkara Tingkat Pertama
    • Prosedur Berperkara Tingkat Banding
    • Prosedur Berperkara Kasasi
    • Prosedur Berperkara Peninjauan Kembali
    • Prosedur Pengambilan Produk Pengadilan
    • Prosedur Berperkara Gugatan Sederhana

    HAK-HAK PARA PIHAK

    • Hak-Hak Para Pencari Keadilan
    • Hak-hak Pokok Dalam Proses Persidangan
    • Tata Tertib Persidangan
    • Agenda /Jadwal Persidangan
    • Prosedur Mediasi
    • Daftar Nama Mediator

    BIAYA PERKARA

    • Statistik perkara
    • Daftar Panggilan Ghaib
    • Delegasi / Tabayun
    • Rincian Biaya Proses Berperkara
    • Rincian Biaya Hak-Hak Kepaniteraan
    • Rincian Radius Biaya Panggilan per Kecamatan
    • Laporan Penggunaan Biaya Perkara
    • Laporan Pengembalian Sisa Panjar Perkara

    POSBAKUM

    • Keberadaan Posbakum
    • Penerima Jasa Pos Bantuan Hukum
    • Jenis Jasa Hukum Yang dilayani
    • Syarat-syarat dan Mekanisme
    • Dasar Aturan Tentang Pos Bantuan Hukum

    BERPERKARA TANPA BIAYA (Prodeo)

    • Syarat-syarat Berperkara Prodeo
    • Prosedur Berperkara Prodeo
    • Rincian Biaya Prodeo Yang dibebankan ke Negara
  • KESEKRETARIATAN

    KEPEGAWAIAN

    • Profil Pejabat dan Pegawai
    • Profil PPNPN
    • Statistik Jumlah Pegawai
    • LHKPN
    • LHKASN

    UMUM & KEUANGAN

    • DIPA
    • Laporan Realisasi Anggaran
    • Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
    • Neraca Keuangan
    • Realisasi PNBP
    • Asset dan Inventaris
    • Pengadaan Barang dan Jasa

    PELAPORAN

    • Rencana Strategis (Renstra)
    • Penghargaan
    • Rencana Kinerja Tahunan
    • Rencana Aksi Kinerja
    • Perjanjian Kinerja
    • IKU dan Reviu IKU
    • LKjIP
    • Pedoman Pengelolaan Kesekretariatan
    • Unit Pelaksana Teknis Kesekretariatan
    • Statistik Jumlah Pengunjung Website
  • LAYANAN PUBLIK

    MAKLUMAT PELAYANAN

    • Standar & Maklumat Pelayanan
    • Jam Kerja Pelayanan
    • Fasilitas Publik
    • SOP Pelayanan Publik
    • Pelayanan Terpadu Satu Pintu
    • SIPPN MENPAN

    INFORMASI

    • Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi
    • Hak-Hak Pemohon Informasi
    • Prosedur Keberatan Atas Permintaan Informasi
    • Biaya Memperoleh Informasi
    • Formulir Permintaan Informasi
    • Laporan Akses Informasi

    PENGADUAN

    • SIWAS MA RI
    • Prosedur Pengaduan
    • Hak-Hak Pelapor dan Terlapor
    • Laporan Rekapitulasi Pengaduan

    KODE ETIK & PENGAWASAN

    • Pedoman Pengawasan
    • Kode Etik Hakim
    • Daftar Nama Pejabat Pengawas
    • Hukuman Disiplin Hasil Pengawasan
    • Putusan Majelis Kehormatan Hakim
    • Prosedur Evakuasi
  • PUBLIKASI
    • Arsip Berita
    • Arsip Pengumuman
    • Arsip File-File Multimedia
    • Arsip Hasil Penelitian
    • Arsip MoU
    • Regulasi / Aturan
    • Arsip Artikel
  • INFO LAINNYA
    • Statistik Kunjungan Website
    • Tautan Terkait
    • Ucapan Selamat / Duka Cita
    • Tautan Situs Sosial Media
 
  1. PUBLIKASI
  2. Arsip Berita
  3. Apel Senin Pagi, Wakil Ketua PA Kota Madiun: Penguatan SPI Berlandaskan Spiritualitas |24-11-2025|
Details
Category: BERITA SEPUTAR PENGADILAN
24.Nov
24 November 2025
Hits: 112

Apel Senin Pagi, Wakil Ketua PA Kota Madiun: Penguatan SPI Berlandaskan Spiritualitas |24-11-2025|

APEL SENIN PAGI, WAKIL KETUA PA KOTA MADIUN: PENGUATAN SPI BERLANDASKAN SPIRITUALITAS

pakotamaig-72c5f99f-amk567-41af-af0a-lilld9ed8ellllecbe26.jpg

Pengadilan Agama (PA) Kota Madiun melaksanakan apel Senin pagi pada Senin, (24/11/2025). Bertempat di halaman kantor PA Kota Madiun, Jl. Ringroad Barat No. 1 Kota Madiun. Kegiatan ini diikuti oleh Hakim, Panitera dan Sekretaris, para Pejabat Struktural dan Fungsional, PNS, PPPK, CPNS, serta PPNPN PA Kota Madiun. Hadir pula mahasiswa magang dari Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Bertindak sebagai pembina apel adalah Wakil Ketua PA Kota Madiun, Imam Safi’I, S.H.I., M.H.

pakotamaigk-05fe7belilllb-e68f-4a4l0-929b-18f7f90173e6.jpg

Apel dimulai pada pukul 07.30 WIB, diawali dengan pembacaan 8 Nilai Utama Mahkamah Agung RI dan 10 Kebanggaan PA Kota Madiun oleh petugas dan diikuti seluruh peserta apel. Pembacaan ini menjadi sarana penguatan nilai dasar yang menjadi pedoman aparatur dalam bekerja dengan integritas, disiplin, dan profesionalisme.

pakotamaig-3ebd2jgjjjj9e1-2cfb-4d95-be14-96he23f758f7f.jpg

pakotamaigyk-57baykk1e93-57c3-49ab-823e-d5b9kk126d8d02.jpg

Dalam amanatnya, Wakil Ketua PA Kota Madiun Imam Safi’I, S.H.I., M.H. menyampaikan rasa syukur karena apel rutin dapat kembali dilaksanakan sebagai bentuk konsistensi penegakan disiplin aparatur. Beliau menegaskan pentingnya melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dengan penuh tanggung jawab, integritas, serta landasan spiritual yang kuat.

Pada kesempatan ini, Beliau menekankan bahwa setiap tugas tidak hanya memerlukan kerja fisik dan kecerdasan intelektual, tetapi juga harus dijiwai dengan spiritualitas sebagai fondasi moral dalam bekerja. Dalam konteks ini, spiritualitas dipahami sebagai dasar dari Sistem Pengendalian Intern (SPI) yang merupakan sebuah sistem yang memastikan akuntabilitas, transparansi, dan integritas dalam seluruh proses pelayanan.

Lebih lanjut, menjelaskan bahwa spiritualitas aparatur tercermin dari kepatuhan terhadap prosedur, kejujuran dalam pelaporan, hingga ketegasan dalam menolak gratifikasi. Semua ini merupakan pilar SPI yang berfungsi menjaga marwah lembaga peradilan. Seluruh aparatur, mulai dari hakim dalam membuat putusan, panitera dalam pengelolaan berkas, hingga staf kesekretariatan, harus tunduk pada kontrol internal demi menjaga profesionalitas.

Selaras dengan hal tersebut, Wakil Ketua PA Kota Madiun Imam Safi’I, S.H.I., M.H.  juga menegaskan pentingnya menghadirkan "Ruh" dalam menjalankan tupoksi. “Ruh” disebut sebagai motivasi terdalam yang mengubah pekerjaan rutin menjadi bentuk pengabdian bernilai. Adapun aspek “Ruh” yang dimaksud meliputi:

  • Pelayanan Tanpa Pamrih (Ikhlas): bekerja demi kemuliaan pelayanan bagi masyarakat pencari keadilan.
  • Kualitas dan Akurasi: menyelesaikan tugas tepat waktu serta memastikan putusan dan layanan diberikan secara benar, adil, dan berkualitas.
  • Rasa Kepemilikan: memiliki tanggung jawab dan inisiatif untuk menuntaskan tugas secara sempurna.

Diakhir amanat, Wakil Ketua PA Kota Madiun kelahiran Jember tersebut mengajak seluruh aparatur agar tidak bekerja hanya seperti robot yang bergerak secara fisik. Aparatur harus bekerja dengan kecerdasan, kejernihan berpikir, dan spiritualitas yang kuat. Ketika fisik, intelektual, dan integritas spiritual berjalan seiring, maka pelaksanaan tupoksi bukan hanya selesai, tetapi juga menghadirkan keadilan hakiki bagi masyarakat.

pakotamaig-e0a1jj1e8-4e70-4eeb-a91kuklle-41f16ba4ce50.jpg

Apel ditutup dengan pembacaan doa sebagai wujud rasa syukur sekaligus permohonan agar seluruh kegiatan di minggu tersebut diberi kelancaran dan keberkahan. Apel Senin pagi menjadi momentum penting dalam membangun karakter aparatur yang profesional, berintegritas, dan berjiwa spiritual sebagai abdi negara dan pelayan peradilan. Dengan amanat yang disampaikan dalam apel pagi ini, diharapkan seluruh aparatur PA Kota Madiun semakin termotivasi untuk: memperkuat integritas, meningkatkan kualitas kinerja, menjaga disiplin, menegakkan profesionalisme, dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pencari keadilan.

Hubungi Kami

 

0851-2960-5370

Kode POS (63125)

Email Perkara :

 kepaniteraan@pa-kotamadiun.go.id

Email Umum :

 kesekretariatan@pa-kotamadiun.go.id

location.png  Lokasi Kantor 

Ikuti Kami di

         

Tautan Web

 

Mahkamah Agung RI 

Kepaniteraan MA RI 

Badan Pengawasan MA RI

Ditjen Badilag 

Direktori Putusan MA-RI 

JDIH Mahkamah Agung

PTA Surabaya

JDIH Mahkamah Agung

SIPPN Menpan

Kerjasama

    

 

Statistik Pengunjung

Jam Pelayanan

Pendaftaran Perkara Offline

Senin-Jumat : 08.00 - 12.00 WIB

Pelayanan PTSP

Senin-Kamis : 08.00 - 15.00 WIB

Jumat : 07.30 - 15.00

Istirahat : 12.00 - 13.00

Persidangan

Senin-Kamis : 09.00 - Selesai

 

.

Untuk Bulan Ramadhan

Senin - Kamis

Jam Kerja : 08.00 - 15.00 WIB

Jam Istirahat :12.00 -12.30 WIB

Jum'at

Jam Kerja : 08.00 - 15.30 WIB

Jam Istirahat :11.30 -12.30 WIB

SABTU DAN MINGGU LIBUR

 

Copy Right © 2024. Pengadilan Agama Kota Madiun V.0.4

cctv gif

Duta layanan