HEADER_WBK_oke_oke_oke.png

  • Home
  • PROFIL PENGADILAN

    Pengantar Ketua & Visi-Misi Pengadilan

    • Pengantar Ketua Pengadilan
    • Visi Pengadilan
    • Misi Pengadilan

    Tugas Pokok dan Fungsi Pengadilan

    • Tugas Pokok Pengadilan
    • Fungsi Pengadilan

    Wilayah Yurisdiksi

    • Yurisdiksi
    • Peta Wilayah Yurisdiksi

    Struktur Organisasi & Sejarah Pengadilan

    • Struktur Organisasi
    • Sejarah Pengadilan

    Lainnya

    • Nama Para Mantan Pimpinan dan Masa Jabatannya
    • Agenda / Jadwal Kegiatan Satuan Kerja
    • Alamat dan Kontak Pengadilan
  • INFORMASI UMUM
    • Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengadilan
    • Program Kerja Tahunan
    • Laporan Tahunan
  • KEPANITERAAN

    Administrasi Perkara

    • Sistem Informasi Penelusuran Perkara
    • Panduan e-Court
    • Direktori Putusan
    • Pedoman Pengelolaan Kepaniteraan

    Prosedur Berperkara

    • Prosedur Berperkara Tingkat Pertama
    • Prosedur Berperkara Tingkat Banding
    • Prosedur Berperkara Kasasi
    • Prosedur Berperkara Peninjauan Kembali
    • Prosedur Pengambilan Produk Pengadilan
    • Prosedur Berperkara Gugatan Sederhana

    HAK-HAK PARA PIHAK

    • Hak-Hak Para Pencari Keadilan
    • Hak-hak Pokok Dalam Proses Persidangan
    • Tata Tertib Persidangan
    • Agenda /Jadwal Persidangan
    • Prosedur Mediasi
    • Daftar Nama Mediator

    BIAYA PERKARA

    • Statistik perkara
    • Daftar Panggilan Ghaib
    • Delegasi / Tabayun
    • Rincian Biaya Proses Berperkara
    • Rincian Biaya Hak-Hak Kepaniteraan
    • Rincian Radius Biaya Panggilan per Kecamatan
    • Laporan Penggunaan Biaya Perkara
    • Laporan Pengembalian Sisa Panjar Perkara

    POSBAKUM

    • Keberadaan Posbakum
    • Penerima Jasa Pos Bantuan Hukum
    • Jenis Jasa Hukum Yang dilayani
    • Syarat-syarat dan Mekanisme
    • Dasar Aturan Tentang Pos Bantuan Hukum

    BERPERKARA TANPA BIAYA (Prodeo)

    • Syarat-syarat Berperkara Prodeo
    • Prosedur Berperkara Prodeo
    • Rincian Biaya Prodeo Yang dibebankan ke Negara
  • KESEKRETARIATAN

    KEPEGAWAIAN

    • Profil Pejabat dan Pegawai
    • Profil PPNPN
    • Statistik Jumlah Pegawai
    • LHKPN
    • LHKASN

    UMUM & KEUANGAN

    • DIPA
    • Laporan Realisasi Anggaran
    • Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
    • Neraca Keuangan
    • Realisasi PNBP
    • Asset dan Inventaris
    • Pengadaan Barang dan Jasa

    PELAPORAN

    • Rencana Strategis (Renstra)
    • Penghargaan
    • Rencana Kinerja Tahunan
    • Rencana Aksi Kinerja
    • Perjanjian Kinerja
    • IKU dan Reviu IKU
    • LKjIP
    • Pedoman Pengelolaan Kesekretariatan
    • Unit Pelaksana Teknis Kesekretariatan
    • Statistik Jumlah Pengunjung Website
  • LAYANAN PUBLIK

    MAKLUMAT PELAYANAN

    • Standar & Maklumat Pelayanan
    • Jam Kerja Pelayanan
    • Fasilitas Publik
    • SOP Pelayanan Publik
    • Pelayanan Terpadu Satu Pintu
    • SIPPN MENPAN

    INFORMASI

    • Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi
    • Hak-Hak Pemohon Informasi
    • Prosedur Keberatan Atas Permintaan Informasi
    • Biaya Memperoleh Informasi
    • Formulir Permintaan Informasi
    • Laporan Akses Informasi

    PENGADUAN

    • SIWAS MA RI
    • Prosedur Pengaduan
    • Hak-Hak Pelapor dan Terlapor
    • Laporan Rekapitulasi Pengaduan

    KODE ETIK & PENGAWASAN

    • Pedoman Pengawasan
    • Kode Etik Hakim
    • Daftar Nama Pejabat Pengawas
    • Hukuman Disiplin Hasil Pengawasan
    • Putusan Majelis Kehormatan Hakim
    • Prosedur Evakuasi
  • PUBLIKASI
    • Arsip Berita
    • Arsip Pengumuman
    • Arsip File-File Multimedia
    • Arsip Hasil Penelitian
    • Arsip MoU
    • Regulasi / Aturan
    • Arsip Artikel
  • INFO LAINNYA
    • Statistik Kunjungan Website
    • Tautan Terkait
    • Ucapan Selamat / Duka Cita
    • Tautan Situs Sosial Media
 
  1. PUBLIKASI
  2. Arsip Berita
  3. Tingkatkan Kualitas SDM Aparatur, PA Kota Madiun Terima Sosialisasi PMB Program Studi Magister Hukum, Program Pascasarjana UNISMA |20-08-2025|
Details
Category: BERITA SEPUTAR PENGADILAN
20.Aug
20 August 2025
Hits: 986

Tingkatkan Kualitas SDM Aparatur, PA Kota Madiun Terima Sosialisasi PMB Program Studi Magister Hukum, Program Pascasarjana UNISMA |20-08-2025|

TINGKATKAN KUALITAS SDM APARATUR, PA KOTA MADIUN TERIMA SOSIALISASI PMB PROGRAM STUDI MAGISTER HUKUM,  PROGRAM PASCASARJANA UNISMA

pakotamaig-d32087e8-f419-4f2a-hh8731hhh-7a66dc42ede0.jpg

PA Kota Madiun menerima Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Program Studi Magister Hukum Program Pascasarjana Universitas Islam Malang (Unisma) Tahun Akademik 2025/2026 pada Rabu, (20/8/2025). Sosialisasi yang berlangsung di Aula PA Kota Madiun pukul 11.00 WIB ini diikuti oleh Hakim, Panitera, Pejabat Struktural dan Fungsioanal, ASN, CPNS dan PPNPN PA Kota Madiun. Hadir dari Universitas Islam Malang sebagai Narasumber adalah Ketua Prodi Magister Hukum Dr. Diyan Isnaeni, S.H., M.Hum. beserta Dosen Home Base Program Magister Hukum Dr. H. Moh. Muhibbin, S.H., M.Hum. dan Dr. Ahmad Syaifudin, S.H., M.H.

pakotamaig-f2394721-385d-nn4c9f-b006gngnna5e34c227eea.jpg

pakotamaig-55b016f9-9nnd20-4fb7-nnnb6nnef-7fc8bd0a7d71.jpg

Ketua PA Kota Madiun Dr. H. Sofyan Zefri, S.H.I., M.S.I. dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan mengucapkan terimakasih kepada Universitas Islam Malang dan menyambut baik serta mendukung inisiatif  Universitas Islam Malang kegiatan  sosialisasi program Pascasarjana sangat relevan untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia di lembaga peradilan agama dengan memberikan wawasan dan pemahaman terkait program Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Program Studi Magister Hukum Program Pascasarjana Universitas Islam Malang kepada aparatur  PA Kota Madiun yang tentunya ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh pada sosialisasi hari ini yang sebagai insan peradilan dituntut untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang juga sebagai investasi mencapai tujuan dan cita-cita bersama, dengan kualitas SDM yang baik akan membantu dalam implementasi program-program terutama di Peradilan Agama.

Sementara itu, Ketua Prodi Magister Hukum Dr. Diyan Isnaeni, S.H., M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan terimakasih telah menyambut baik Universitas Islam Malang untuk melaksanakan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Program Studi Magister Hukum Program Pascasarjana Universitas Islam Malang  dan memaparkan bahwa program ini membuka peluang besar bagi masyarakat, khususnya aparatur peradilan agama, untuk melanjutkan pendidikan melalui pengakuan atas kompetensi yang sudah dimiliki. Melalui program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), Unisma memberikan jalan bagi aparatur PA Kota Madiun untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan tanpa harus memulai dari awal bahwa pengalaman kerja di pengadilan agama dan profesional akan dihitung sebagai kredit pendidikan. Hal ini memberikan kemudahan bagi mereka untuk meraih gelar sarjana atau magister khususnya Ilmu Hukum.

Dosen Home Base Program Magister Hukum Dr. H. Moh. Muhibbin, S.H., M.Hum. menambahkan Program Perkuliahan RPL Sarjana dan Magister Hukum. RPL atau Rekognisi Pembelajaran Lampau adalah program pengakuan atas capaian pembelajaran yang diperoleh dari pendidikan formal, informal, hingga pengalaman kerja sebagai dasar melanjutkan/menyetarakan pendidikan dengan kualifikasi tertentu. Program RPL menargetkan calon pendaftar dengan latar belakang pernah mengenyam pendidikan formal, informal, dan angkatan yang telah bekerja lebih dari dua tahun.

"Pengalaman ini nantinya ditukarkan sesuai dengan konversi yang diputuskan oleh asesor. Sebagai catatan, tidak semua pengalaman dapat dikonversikan, pendaftar dapat menyelesaikan kebutuhan pembelajaran sesuai yang dibutuhkan. Artinya, adanya konversi Sistem Satuan Kredit (SKS) ini dapat meringankan beban pendidikan para angkatan.  Program Sarjana maupun Magister Hukum telah membuka program RPL ini yang diperuntukan untuk ASN maupun paralegal sesuai dengan pengalaman kerja dengan program perkuliahan singkat dan biaya perkuliahan semester sesuai yang telah ditentukan.”, pungkas Dr. H. Moh. Muhibbin, S.H., M.Hum.

pakotamaignn-2d0cb13a-8bcb-49nn3c-anne5e-f31d7ba9ff1d.jpg

pakotamaig-d501158nn3-cb2f-45a4-bnvnnnf19-97e608571deb.jpg

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi yang jelas kepada calon peserta tentang program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), termasuk manfaatnya seperti pengakuan pengalaman kerja untuk mempersingkat waktu kuliah dan meningkatkan kompetensi, serta menjelaskan proses dan prosedur pendaftaran agar lebih banyak individu dapat melanjutkan pendidikan formal dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM)  khususnya aparatur PA Kota Madiun. Melalui pengakuan pengalaman kerja dan kompetensi, mempercepat peningkatan jenjang pendidikan tanpa mengganggu tugas, dan menyediakan jalur pendidikan yang fleksibel serta inklusif untuk mendukung pengembangan karier dan pelayanan publik yang lebih baik. Dalam kesempatan ini pula dibuka dialog interaktif yang penuh antusiasme  aparatur PA Kota Madiun dan langsung ditanggapi oleh Narasumber.

Ketua PA Kota Madiun Dr. H. Sofyan Zefri, S.H.I., M.S.I. dalam menutup kegiatan ini mengucapkan terimakasih kepada Universitas Islam Malang dan berharap sosialisasi ini,  aparatur PA Kota Madiun semakin meningkatkan kualitas SDM melalui pemanfaatan program RPL untuk mengembangkan potensi diri, meningkatkan karier, dan berkontribusi terhadap lembaga peradilan demi meningkatkan kualitas pelayanan.

Hubungi Kami

 

0851-2960-5370

Kode POS (63125)

Email Perkara :

 kepaniteraan@pa-kotamadiun.go.id

Email Umum :

 kesekretariatan@pa-kotamadiun.go.id

location.png  Lokasi Kantor 

Ikuti Kami di

         

Tautan Web

 

Mahkamah Agung RI 

Kepaniteraan MA RI 

Badan Pengawasan MA RI

Ditjen Badilag 

Direktori Putusan MA-RI 

JDIH Mahkamah Agung

PTA Surabaya

JDIH Mahkamah Agung

SIPPN Menpan

Kerjasama

    

 

Statistik Pengunjung

Jam Pelayanan

Pendaftaran Perkara Offline

Senin-Jumat : 08.00 - 12.00 WIB

Pelayanan PTSP

Senin-Kamis : 08.00 - 15.00 WIB

Jumat : 07.30 - 15.00

Istirahat : 12.00 - 13.00

Persidangan

Senin-Kamis : 09.00 - Selesai

 

.

Untuk Bulan Ramadhan

Senin - Kamis

Jam Kerja : 08.00 - 15.00 WIB

Jam Istirahat :12.00 -12.30 WIB

Jum'at

Jam Kerja : 08.00 - 15.30 WIB

Jam Istirahat :11.30 -12.30 WIB

SABTU DAN MINGGU LIBUR

 

Copy Right © 2024. Pengadilan Agama Kota Madiun V.0.4

cctv gif

Duta layanan