HEADER_WBK_oke_oke_oke.png

  • Home
  • PROFIL PENGADILAN

    Pengantar Ketua & Visi-Misi Pengadilan

    • Pengantar Ketua Pengadilan
    • Visi Pengadilan
    • Misi Pengadilan

    Tugas Pokok dan Fungsi Pengadilan

    • Tugas Pokok Pengadilan
    • Fungsi Pengadilan

    Wilayah Yurisdiksi

    • Yurisdiksi
    • Peta Wilayah Yurisdiksi

    Struktur Organisasi & Sejarah Pengadilan

    • Struktur Organisasi
    • Sejarah Pengadilan

    Lainnya

    • Nama Para Mantan Pimpinan dan Masa Jabatannya
    • Agenda / Jadwal Kegiatan Satuan Kerja
    • Alamat dan Kontak Pengadilan
  • INFORMASI UMUM
    • Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengadilan
    • Program Kerja Tahunan
    • Laporan Tahunan
  • KEPANITERAAN

    Administrasi Perkara

    • Sistem Informasi Penelusuran Perkara
    • Panduan e-Court
    • Direktori Putusan
    • Pedoman Pengelolaan Kepaniteraan

    Prosedur Berperkara

    • Prosedur Berperkara Tingkat Pertama
    • Prosedur Berperkara Tingkat Banding
    • Prosedur Berperkara Kasasi
    • Prosedur Berperkara Peninjauan Kembali
    • Prosedur Pengambilan Produk Pengadilan
    • Prosedur Berperkara Gugatan Sederhana

    HAK-HAK PARA PIHAK

    • Hak-Hak Para Pencari Keadilan
    • Hak-hak Pokok Dalam Proses Persidangan
    • Tata Tertib Persidangan
    • Agenda /Jadwal Persidangan
    • Prosedur Mediasi
    • Daftar Nama Mediator

    BIAYA PERKARA

    • Statistik perkara
    • Daftar Panggilan Ghaib
    • Delegasi / Tabayun
    • Rincian Biaya Proses Berperkara
    • Rincian Biaya Hak-Hak Kepaniteraan
    • Rincian Radius Biaya Panggilan per Kecamatan
    • Laporan Penggunaan Biaya Perkara
    • Laporan Pengembalian Sisa Panjar Perkara

    POSBAKUM

    • Keberadaan Posbakum
    • Penerima Jasa Pos Bantuan Hukum
    • Jenis Jasa Hukum Yang dilayani
    • Syarat-syarat dan Mekanisme
    • Dasar Aturan Tentang Pos Bantuan Hukum

    BERPERKARA TANPA BIAYA (Prodeo)

    • Syarat-syarat Berperkara Prodeo
    • Prosedur Berperkara Prodeo
    • Rincian Biaya Prodeo Yang dibebankan ke Negara
  • KESEKRETARIATAN

    KEPEGAWAIAN

    • Profil Pejabat dan Pegawai
    • Profil PPNPN
    • Statistik Jumlah Pegawai
    • LHKPN
    • LHKASN

    UMUM & KEUANGAN

    • DIPA
    • Laporan Realisasi Anggaran
    • Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
    • Neraca Keuangan
    • Realisasi PNBP
    • Asset dan Inventaris
    • Pengadaan Barang dan Jasa

    PELAPORAN

    • Rencana Strategis (Renstra)
    • Penghargaan
    • Rencana Kinerja Tahunan
    • Rencana Aksi Kinerja
    • Perjanjian Kinerja
    • IKU dan Reviu IKU
    • LKjIP
    • Pedoman Pengelolaan Kesekretariatan
    • Unit Pelaksana Teknis Kesekretariatan
    • Statistik Jumlah Pengunjung Website
  • LAYANAN PUBLIK

    MAKLUMAT PELAYANAN

    • Standar & Maklumat Pelayanan
    • Jam Kerja Pelayanan
    • Fasilitas Publik
    • SOP Pelayanan Publik
    • Pelayanan Terpadu Satu Pintu
    • SIPPN MENPAN

    INFORMASI

    • Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi
    • Hak-Hak Pemohon Informasi
    • Prosedur Keberatan Atas Permintaan Informasi
    • Biaya Memperoleh Informasi
    • Formulir Permintaan Informasi
    • Laporan Akses Informasi

    PENGADUAN

    • SIWAS MA RI
    • Prosedur Pengaduan
    • Hak-Hak Pelapor dan Terlapor
    • Laporan Rekapitulasi Pengaduan

    KODE ETIK & PENGAWASAN

    • Pedoman Pengawasan
    • Kode Etik Hakim
    • Daftar Nama Pejabat Pengawas
    • Hukuman Disiplin Hasil Pengawasan
    • Putusan Majelis Kehormatan Hakim
    • Prosedur Evakuasi
  • PUBLIKASI
    • Arsip Berita
    • Arsip Pengumuman
    • Arsip File-File Multimedia
    • Arsip Hasil Penelitian
    • Arsip MoU
    • Regulasi / Aturan
    • Arsip Artikel
  • INFO LAINNYA
    • Statistik Kunjungan Website
    • Tautan Terkait
    • Ucapan Selamat / Duka Cita
    • Tautan Situs Sosial Media
 
  1. PUBLIKASI
  2. Arsip Berita
  3. Perkuat Akuntabilitas Keuangan Negara, Bendahara Penerimaan dan Kasir PA Kota Madiun Mengikuti Bimtek Pengelolaan PNBP di Lingkungan PTA Surabaya Tahun 2025 |23-09-2025|
Details
Category: BERITA SEPUTAR PENGADILAN
23.Sep
23 September 2025
Hits: 8

Perkuat Akuntabilitas Keuangan Negara, Bendahara Penerimaan dan Kasir PA Kota Madiun Mengikuti Bimtek Pengelolaan PNBP di Lingkungan PTA Surabaya Tahun 2025 |23-09-2025|

PERKUAT AKUNTABILITAS KEUANGAN NEGARA,  BENDAHARA PENERIMAAN DAN KASIR PA KOTA MADIUN MENGIKUTI BIMTEK PENGELOLAAN PNBP DI LINGKUNGAN PTA SURABAYA TAHUN 2025

pakotamaig-12d0ad7hfhfhf-03d0-fh473a-9hghgjhj0c5-16fbcdf62eb3.jpg

Panitera Pengganti PA Kota Madiun Herdiyan Nurahma Purnamawati, S.H., M.H. selaku Bendahara Penerimaan bersama Klerek- Pengelola Perkara Titi Meirissa Anugrah, A.Md. selaku Kasir PA Kota Madiun mengikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Surabaya Tahun 2025 pada Selasa, (23/9/2025).

Kehadiran Panitera Pengganti dan Klerek- Pengelola Perkara PA Kota Madiun dalam agenda Bimbingan Teknis tersebut berdasarkan surat PTA Surabaya Nomor: 4729/KPTA.W13-A/DL1.10/IX/2025 tentang Pemanggilan Peserta Bimbingan Teknis.

Bimbingan Teknis berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai 22 s.d 24 September 2025 tersebut bertempat di Kusuma Agrowisata Resort & Convention Hotel, Kota Batu, Jawa Timur dengan dipimpin oleh Ketua PTA Surabaya Dr. H. Zulkarnain, S.H., M.H. dan dihadiri oleh Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris PTA Surabaya serta diikuti oleh Bendahara Penerimaaan, Kasir Pembantu dan Kasir Pengadilan Agama se-Jawa Timur.

pakotamaig-dgfuioipope4ae38pop4-ed7b-4b2a-8f67-046e56c187cf.jpg

Kegiatan ini dibuka pada Senin, 22 September 2025 pukul 16.00 WIB dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung dilanjutkan dengan pembacaan do’a.  Selanjutnya laporan kegiatan oleh oleh Sekretaris PTA Surabaya Dr. Naffi, S.Ag., M.H. selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa bimtek tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan aparatur pengadilan agama dalam tata kelola PNBP agar lebih tertib, transparan, dan akuntabel. Bimtek Pengelolaan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Surabaya Tahun 2025  menghadirkan narasumber dari Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, Biro Keuangan Mahkamah Agung, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) serta PT Pos Indonesia.  Dengan kolaborasi berbagai pihak ini, peserta diharapkan memperoleh wawasan yang lebih komprehensif terkait mekanisme pengelolaan dan penatausahaan PNBP.

pakotamaig-57f97693-6887-4fca-b55dbvbvnnbnmbnmnm-adfc5e3e7450.jpg

Ketua PTA Surabaya Dr. H. Zulkarnain, S.H., M.H. dalam sambutannya sekaligus membuka acara secara resmi menekankan bahwa peran kasir dan bendahara penerimaan sangat penting dalam memastikan tertib administrasi serta akuntabilitas keuangan negara. Menurutnya, pengelolaan PNBP yang baik akan mendukung peningkatan kualitas pelayanan di pengadilan agama. Sejalan dengan hal tersebut, beliau juga mengingatkan kepada seluruh aparatur pengadilan senantiasa disiplin dalam pencatatan keuangan dan mematuhi aturan yang berlaku. Hal ini penting untuk mencegah kesalahan maupun potensi penyimpangan dalam pengelolaan penerimaan negara. Beliau pun berharap melalui kegiatan ini agar aparatur pengadilan agama di Jawa Timur semakin profesional, berintegritas, dan mampu meningkatkan kualitas pengelolaan PNBP. Ke depan, pelaksanaan Bimtek diharapkan terus berkesinambungan sebagai upaya memperkuat layanan peradilan agama di Indonesia.

pakotamaig-d0150649-3356-4b99-91hthvvfvfvfde-d2cf2c6bb41a.jpg

pakotamaig-69beecaf-5e1a-41d4-b4f0-31c515d1jjjtrrtrtttrtbe87.jpg

Dilanjutkan langsung dengan materi  pertama terkait Kebijakan Pelaksanaan PNBP di Lingkungan PTA Surabaya dengan Narasumber Ketua dan Wakil Ketua PTA Surabaya. Setelah itu para peserta bimtek menerima materi kedua tentang Penatausahaan PNBP Fungsional dan Pengelolaan Rekening Lainnya/RPL Pada Satuan Kerja bersama Nrasumber dari Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI.

Pada Hari ke-dua Bimtek dimulai pukul 08.00 WIB bersama Narasumber Biro Keuangan Mahkamah Agung RI yang memaparkan tentang Kebijakan Pengelolaan PNBP pada Lingkungan Mahkamah Agung RI dilanjutkan penyampaian materi oleh PT. Pos Insonesia Cabang Malang. Kemudian pemaparan materi oleh KPPN Malang tentang Penataausahaan PNBP pada Aplikasi SAKTI. Pada hari kedua ini materi akan berlanjut hingga pukul 21.00 WIB tentang Pengelolaan Keuangan perkara pada Aplikasi APS E-Keuangan oleh Narasumber Kepaniteraan PTA Surabaya dan Pengelolaan dan Penatausahaan Panjar Perkara serta PNBP oleh Panitera PTA Surabaya Dr. Ma'sum Umar, S.H., M.H.

Setelah pemaparan materi-materi tersebut juga dilakukan diskusi tanya jawab menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh masing-masing satker Pengadilan Agama di Lingkungan PTA Surabaya. Selanjutnya bimtek akan dilanjutkan pada Rabu, 24 September 2025 yang merupakan hari terakhir bimtek dengan materi Tugas dan Fungsi Bendahara Penerima dan Kasir dalam Penatausahaan PNBPdan akan ditutup dengan evaluasi kegiatan oleh Sekretaris PTA Surabaya Dr. Naffi, S.Ag., M.H. dan akan ditutup dengan evaluasi kegiatan.

pakotamaig-8e23c0e1-0092-4d72-b6cmmka-5bkjkjhkk7316daac4.jpg

pakotamaig-8fe44cba-6dc8hhr-4490-8dbhthtutuytu8-6b3f46cb54cc.jpg

Kehadiran PA Kota Madiun dalam kegiatan ini mencerminkan komitmen lembaga dalam mendukung peningkatan kualitas pengelolaan PNBP. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi sarana penting untuk memperdalam pengetahuan teknis terkait administrasi dan pelaporan keuangan. Dengan mengikuti Bimtek, diharapkan Bendahara Penerimaan dan Kasir PA Kota Madiun mampu mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dalam melaksanakan tugas sehari-hari demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pencari keadilan.

Hubungi Kami

 

0851-2960-5370

Kode POS (63125)

Email Perkara :

 kepaniteraan@pa-kotamadiun.go.id

Email Umum :

 kesekretariatan@pa-kotamadiun.go.id

location.png  Lokasi Kantor 

Ikuti Kami di

         

Tautan Web

 

Mahkamah Agung RI 

Kepaniteraan MA RI 

Badan Pengawasan MA RI

Ditjen Badilag 

Direktori Putusan MA-RI 

JDIH Mahkamah Agung

PTA Surabaya

JDIH Mahkamah Agung

SIPPN Menpan

Kerjasama

    

 

Statistik Pengunjung

Jam Pelayanan

Pendaftaran Perkara Offline

Senin-Jumat : 08.00 - 12.00 WIB

Pelayanan PTSP

Senin-Kamis : 08.00 - 15.00 WIB

Jumat : 07.30 - 15.00

Istirahat : 12.00 - 13.00

Persidangan

Senin-Kamis : 09.00 - Selesai

 

.

Untuk Bulan Ramadhan

Senin - Kamis

Jam Kerja : 08.00 - 15.00 WIB

Jam Istirahat :12.00 -12.30 WIB

Jum'at

Jam Kerja : 08.00 - 15.30 WIB

Jam Istirahat :11.30 -12.30 WIB

SABTU DAN MINGGU LIBUR

 

Copy Right © 2024. Pengadilan Agama Kota Madiun V.0.4

cctv gif

Duta layanan