HEADER_WBK_oke_oke_oke.png

  • Home
  • PROFIL PENGADILAN

    Pengantar Ketua & Visi-Misi Pengadilan

    • Pengantar Ketua Pengadilan
    • Visi Pengadilan
    • Misi Pengadilan

    Tugas Pokok dan Fungsi Pengadilan

    • Tugas Pokok Pengadilan
    • Fungsi Pengadilan

    Wilayah Yurisdiksi

    • Yurisdiksi
    • Peta Wilayah Yurisdiksi

    Struktur Organisasi & Sejarah Pengadilan

    • Struktur Organisasi
    • Sejarah Pengadilan

    Lainnya

    • Nama Para Mantan Pimpinan dan Masa Jabatannya
    • Agenda / Jadwal Kegiatan Satuan Kerja
    • Alamat dan Kontak Pengadilan
  • INFORMASI UMUM
    • Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengadilan
    • Program Kerja Tahunan
    • Laporan Tahunan
  • KEPANITERAAN

    Administrasi Perkara

    • Sistem Informasi Penelusuran Perkara
    • Panduan e-Court
    • Direktori Putusan
    • Pedoman Pengelolaan Kepaniteraan

    Prosedur Berperkara

    • Prosedur Berperkara Tingkat Pertama
    • Prosedur Berperkara Tingkat Banding
    • Prosedur Berperkara Kasasi
    • Prosedur Berperkara Peninjauan Kembali
    • Prosedur Pengambilan Produk Pengadilan
    • Prosedur Berperkara Gugatan Sederhana

    HAK-HAK PARA PIHAK

    • Hak-Hak Para Pencari Keadilan
    • Hak-hak Pokok Dalam Proses Persidangan
    • Tata Tertib Persidangan
    • Agenda /Jadwal Persidangan
    • Prosedur Mediasi
    • Daftar Nama Mediator

    BIAYA PERKARA

    • Statistik perkara
    • Daftar Panggilan Ghaib
    • Delegasi / Tabayun
    • Rincian Biaya Proses Berperkara
    • Rincian Biaya Hak-Hak Kepaniteraan
    • Rincian Radius Biaya Panggilan per Kecamatan
    • Laporan Penggunaan Biaya Perkara
    • Laporan Pengembalian Sisa Panjar Perkara

    POSBAKUM

    • Keberadaan Posbakum
    • Penerima Jasa Pos Bantuan Hukum
    • Jenis Jasa Hukum Yang dilayani
    • Syarat-syarat dan Mekanisme
    • Dasar Aturan Tentang Pos Bantuan Hukum

    BERPERKARA TANPA BIAYA (Prodeo)

    • Syarat-syarat Berperkara Prodeo
    • Prosedur Berperkara Prodeo
    • Rincian Biaya Prodeo Yang dibebankan ke Negara
  • KESEKRETARIATAN

    KEPEGAWAIAN

    • Profil Pejabat dan Pegawai
    • Profil PPNPN
    • Statistik Jumlah Pegawai
    • LHKPN
    • LHKASN

    UMUM & KEUANGAN

    • DIPA
    • Laporan Realisasi Anggaran
    • Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
    • Neraca Keuangan
    • Realisasi PNBP
    • Asset dan Inventaris
    • Pengadaan Barang dan Jasa

    PELAPORAN

    • Rencana Strategis (Renstra)
    • Penghargaan
    • Rencana Kinerja Tahunan
    • Rencana Aksi Kinerja
    • Perjanjian Kinerja
    • IKU dan Reviu IKU
    • LKjIP
    • Pedoman Pengelolaan Kesekretariatan
    • Unit Pelaksana Teknis Kesekretariatan
    • Statistik Jumlah Pengunjung Website
  • LAYANAN PUBLIK

    MAKLUMAT PELAYANAN

    • Standar & Maklumat Pelayanan
    • Jam Kerja Pelayanan
    • Fasilitas Publik
    • SOP Pelayanan Publik
    • Pelayanan Terpadu Satu Pintu
    • SIPPN MENPAN

    INFORMASI

    • Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi
    • Hak-Hak Pemohon Informasi
    • Prosedur Keberatan Atas Permintaan Informasi
    • Biaya Memperoleh Informasi
    • Formulir Permintaan Informasi
    • Laporan Akses Informasi

    PENGADUAN

    • SIWAS MA RI
    • Prosedur Pengaduan
    • Hak-Hak Pelapor dan Terlapor
    • Laporan Rekapitulasi Pengaduan

    KODE ETIK & PENGAWASAN

    • Pedoman Pengawasan
    • Kode Etik Hakim
    • Daftar Nama Pejabat Pengawas
    • Hukuman Disiplin Hasil Pengawasan
    • Putusan Majelis Kehormatan Hakim
    • Prosedur Evakuasi
  • PUBLIKASI
    • Arsip Berita
    • Arsip Pengumuman
    • Arsip File-File Multimedia
    • Arsip Hasil Penelitian
    • Arsip MoU
    • Regulasi / Aturan
    • Arsip Artikel
  • INFO LAINNYA
    • Statistik Kunjungan Website
    • Tautan Terkait
    • Ucapan Selamat / Duka Cita
    • Tautan Situs Sosial Media
 
  1. PUBLIKASI
  2. Arsip Berita
  3. PA Kota Madiun Mengikuti Sosialisasi Pengajuan Upaya Hukum Kasasi / Peninjauan Kembali secara Elektronik dan Kebijakan Modernisasi Manajemen Perkara pada Mahkamah Agung |11-06-2024|
Details
Category: BERITA SEPUTAR PENGADILAN
11.Jun
11 June 2024
Hits: 3801

PA Kota Madiun Mengikuti Sosialisasi Pengajuan Upaya Hukum Kasasi / Peninjauan Kembali secara Elektronik dan Kebijakan Modernisasi Manajemen Perkara pada Mahkamah Agung |11-06-2024|

 PA KOTA MADIUN MENGIKUTI SOSIALISASI PENGAJUAN UPAYA HUKUM KASASI / PENINJAUAN KEMBALI SECARA ELEKTRONIK DAN KEBIJAKAN MODERNISASI MANAJEMEN PERKARA PADA MAHKAMAH AGUNG

twibonepa2-f2b2ab44-cb00-458WTDSVFNJLKOIRFREF3-8096-6e8a39acce8d.jpg

Panitera PA Kota Madiun Mochammad Mu’ti, S.H., M.H. bersama Analis Perkara Peradilan Herdiyan Nurahma Purnamawati, S.H., M.H. selaku Operator SIPP pengajuan Kasasi dan Peninjauan Kembali mengikuti Sosialisasi Pengajuan Upaya Hukum Kasasi / Peninjauan Kembali secara elektronik dan Modernisasi Kebijakan Manajemen Perkara pada Mahkamah Agung pada Selasa, (11/6/2024). Sementara itu aparatur  PA Kota Madiun hadir secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

twibonepa2-e9f338fe-db31-4f49-DFFGERGDSQWXCSGDF6YIK98P8OILIU9599-1ab5113086da.jpg

twibonepa2-03fb88dd-939a-4f9dFGVSDGEQWFQWRYOPJHBMB-9bb9-353d36fe7f2b.jpg

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kepaniteraan Mahkamah Agung RI secara hybrid  tersebut bertempat di Movenpick Hotel Surabaya City Jl. Ahmad Yani No.71 Margorejo Kec. Wonocolo, Surabaya. Kegiatan dihadiri secara langsung oleh Ketua PTA Surabaya Dr. Hj. Rokhanah, S.H., M.H., Panitera Rusli, S.H., M.H., Sekretaris Naffi, S.Ag., M.H. serta Pengadilan Agama se- Jawa Timur.

Sosialisasi ini merupakan upaya penyelarasan dan harmonisasi kelengkapan berkas perkara yang dikirimkan Pengadilan Tingkat Pertama ke Mahkamah Agung sebagai tindak lanjut atas Peraturan Mahkamah Agung Nomor 6 Tahun 2022 tentang Administrasi Pengajuan Upaya Hukum dan Persidangan Kasasi dan Peninjauan Kembali di Mahkamah Agung serta Surat Panitera Nomor: 2120/PAN/OT.01.3/10/2021 tanggal 5 Oktober 2021 tentang Penyempurnaan Prosedur Pengiriman Berkas Upaya Hukum ke Mahkamah Agung.

twibonepa2-bc243e70DCDSFEWFGRTHUK98OL6TEH45Y-c4f5-4028-b0d3-ff864b51a7d6.jpg

Pada pukul 08.00 WIB kegiatan dibuka diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung, dilanjutkan dengan pembacaan do’a kemudian Laporan Kegiatan oleh Sekretaris Kepaniteraan Mahkamah Agung Dr. H. Iyus Suryana, S.H., M.H. yang menyampaikan pesan dari Ketua Mahkamah Agung RI bahwa "pelaksanaan upaya hukum Kasasi dan Peninjauan Kembali secara elektronik harus siap dilaksanakan tahun ini". Dalam laporannya beliau juga menyampaikan Motto Kepaniteraan Mahkamah Agung RI, yaitu: MONAS yang artinya Modern dan Berintegritas. Beliau pun menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini sudah dilaksanakan di 11 Provinsi dan kali ini yang ke- 12 dilaksanakan di Provinsi Surabaya. selanjutnya sambutan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI).

Dalam sambutan Panitera Mahkamah Agung RI Dr. Heru Pramono, S.H., M.Hum. sekaligus membuka secara resmi Sosialisasi dan Monitoring Penyelesaian Perkara Elektronik menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan kepada seluruh Pengadilan pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan terhadap kebijakan-kebijakan Mahkamah Agung RI terhadap modernisasi Tatakelola/Administrasi perkara di Mahkamah Agung RI. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk memperbarui pengetahuan dan keterampilan dalam menangani perkara. Beliau juga menegaskan bahwa kebijakan implementasi Kasasi/PK secara elektronik merupakan langkah yang sangan revelusioner dalam sejarah penanganan perkara di Mahkamah Agung. Dengan adanya kebijakan ini, Mahkamah Agung tidak lagi menerima berkas perkara berbasis dokumen cetak, Berkas Bundel A dan Bundel B yang dikirim oleh pengadilan pengajuan seluruhnya berbentuk dokumen elektronik. Kasasi/PK secara elektronik tersebut. setidaknya ada tiga tujuan utama dari diimplementasikannya sistem pengajuan dan persidangan Kasasi/PK secara elektronik tersebut. Ada tujuan dari implementasi Kasasi/PK secara elektronik, yakni: pertama, mewujudkan modernisasi manajemen perkara, kedua, menumbuhkan integritas aparatur peradilan, dan ketiga, mewujudkan peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan. Semoga dengan adanya sistem pengajuan upaya hukum Kasasi / Peninjauan Kembali secara elektronik ini dapat memberikan pelayanan yang lebih efektif dan efisien kepada para pencari keadilan.

Memasuki Pelaksanaan Sosialisasi dan Monitoring Penyelesaian Perkara Elektronik yang pertama dengan Topik “Petunjuk pelaksanaan pengelolaan berkas perkara elektronik” bersama Pemateri 1: Dr. Heru Pramono, S.H., M.Hum. dan Pemateri 2 : Asep Nursobah, S.Ag., M.H. dengan Moderator: Ahmad Zainul Anam, S.H.I., M.S.I.

Selanjutnya beralih ke Topik “Pengunaan aplikasi SIPP untuk pengajuan Kasasi / Peninjauan Kembali” dengan Pemateri Tim Humas Mahkamah Agung, Moderator: Angel Firstia Kresna, S.H.M.KN.

Hubungi Kami

 

0851-2960-5370

Kode POS (63125)

Email Perkara :

 kepaniteraan@pa-kotamadiun.go.id

Email Umum :

 kesekretariatan@pa-kotamadiun.go.id

location.png  Lokasi Kantor 

Ikuti Kami di

         

Tautan Web

 

Mahkamah Agung RI 

Kepaniteraan MA RI 

Badan Pengawasan MA RI

Ditjen Badilag 

Direktori Putusan MA-RI 

JDIH Mahkamah Agung

PTA Surabaya

JDIH Mahkamah Agung

SIPPN Menpan

Kerjasama

    

 

Statistik Pengunjung

Jam Pelayanan

Pendaftaran Perkara Offline

Senin-Jumat : 08.00 - 12.00 WIB

Pelayanan PTSP

Senin-Kamis : 08.00 - 15.00 WIB

Jumat : 07.30 - 15.00

Istirahat : 12.00 - 13.00

Persidangan

Senin-Kamis : 09.00 - Selesai

 

.

Untuk Bulan Ramadhan

Senin - Kamis

Jam Kerja : 08.00 - 15.00 WIB

Jam Istirahat :12.00 -12.30 WIB

Jum'at

Jam Kerja : 08.00 - 15.30 WIB

Jam Istirahat :11.30 -12.30 WIB

SABTU DAN MINGGU LIBUR

 

Copy Right © 2024. Pengadilan Agama Kota Madiun V.0.4

cctv gif

Duta layanan