HEADER_WBK_oke_oke_oke.png

  • Home
  • PROFIL PENGADILAN

    Pengantar Ketua & Visi-Misi Pengadilan

    • Pengantar Ketua Pengadilan
    • Visi Pengadilan
    • Misi Pengadilan

    Tugas Pokok dan Fungsi Pengadilan

    • Tugas Pokok Pengadilan
    • Fungsi Pengadilan

    Wilayah Yurisdiksi

    • Yurisdiksi
    • Peta Wilayah Yurisdiksi

    Struktur Organisasi & Sejarah Pengadilan

    • Struktur Organisasi
    • Sejarah Pengadilan

    Lainnya

    • Nama Para Mantan Pimpinan dan Masa Jabatannya
    • Agenda / Jadwal Kegiatan Satuan Kerja
    • Alamat dan Kontak Pengadilan
  • INFORMASI UMUM
    • Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengadilan
    • Program Kerja Tahunan
    • Laporan Tahunan
  • KEPANITERAAN

    Administrasi Perkara

    • Sistem Informasi Penelusuran Perkara
    • Panduan e-Court
    • Direktori Putusan
    • Pedoman Pengelolaan Kepaniteraan

    Prosedur Berperkara

    • Prosedur Berperkara Tingkat Pertama
    • Prosedur Berperkara Tingkat Banding
    • Prosedur Berperkara Kasasi
    • Prosedur Berperkara Peninjauan Kembali
    • Prosedur Pengambilan Produk Pengadilan
    • Prosedur Berperkara Gugatan Sederhana

    HAK-HAK PARA PIHAK

    • Hak-Hak Para Pencari Keadilan
    • Hak-hak Pokok Dalam Proses Persidangan
    • Tata Tertib Persidangan
    • Agenda /Jadwal Persidangan
    • Prosedur Mediasi
    • Daftar Nama Mediator

    BIAYA PERKARA

    • Statistik perkara
    • Daftar Panggilan Ghaib
    • Delegasi / Tabayun
    • Rincian Biaya Proses Berperkara
    • Rincian Biaya Hak-Hak Kepaniteraan
    • Rincian Radius Biaya Panggilan per Kecamatan
    • Laporan Penggunaan Biaya Perkara
    • Laporan Pengembalian Sisa Panjar Perkara

    POSBAKUM

    • Keberadaan Posbakum
    • Penerima Jasa Pos Bantuan Hukum
    • Jenis Jasa Hukum Yang dilayani
    • Syarat-syarat dan Mekanisme
    • Dasar Aturan Tentang Pos Bantuan Hukum

    BERPERKARA TANPA BIAYA (Prodeo)

    • Syarat-syarat Berperkara Prodeo
    • Prosedur Berperkara Prodeo
    • Rincian Biaya Prodeo Yang dibebankan ke Negara
  • KESEKRETARIATAN

    KEPEGAWAIAN

    • Profil Pejabat dan Pegawai
    • Profil PPNPN
    • Statistik Jumlah Pegawai
    • LHKPN
    • LHKASN

    UMUM & KEUANGAN

    • DIPA
    • Laporan Realisasi Anggaran
    • Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
    • Neraca Keuangan
    • Realisasi PNBP
    • Asset dan Inventaris
    • Pengadaan Barang dan Jasa

    PELAPORAN

    • Rencana Strategis (Renstra)
    • Penghargaan
    • Rencana Kinerja Tahunan
    • Rencana Aksi Kinerja
    • Perjanjian Kinerja
    • IKU dan Reviu IKU
    • LKjIP
    • Pedoman Pengelolaan Kesekretariatan
    • Unit Pelaksana Teknis Kesekretariatan
    • Statistik Jumlah Pengunjung Website
  • LAYANAN PUBLIK

    MAKLUMAT PELAYANAN

    • Standar & Maklumat Pelayanan
    • Jam Kerja Pelayanan
    • Fasilitas Publik
    • SOP Pelayanan Publik
    • Pelayanan Terpadu Satu Pintu
    • SIPPN MENPAN

    INFORMASI

    • Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi
    • Hak-Hak Pemohon Informasi
    • Prosedur Keberatan Atas Permintaan Informasi
    • Biaya Memperoleh Informasi
    • Formulir Permintaan Informasi
    • Laporan Akses Informasi

    PENGADUAN

    • SIWAS MA RI
    • Prosedur Pengaduan
    • Hak-Hak Pelapor dan Terlapor
    • Laporan Rekapitulasi Pengaduan

    KODE ETIK & PENGAWASAN

    • Pedoman Pengawasan
    • Kode Etik Hakim
    • Daftar Nama Pejabat Pengawas
    • Hukuman Disiplin Hasil Pengawasan
    • Putusan Majelis Kehormatan Hakim
    • Prosedur Evakuasi
  • PUBLIKASI
    • Arsip Berita
    • Arsip Pengumuman
    • Arsip File-File Multimedia
    • Arsip Hasil Penelitian
    • Arsip MoU
    • Regulasi / Aturan
    • Arsip Artikel
  • INFO LAINNYA
    • Statistik Kunjungan Website
    • Tautan Terkait
    • Ucapan Selamat / Duka Cita
    • Tautan Situs Sosial Media
 
  1. PUBLIKASI
  2. Arsip Berita
  3. Tingkatkan Kualitas Tata Kelola Keuangan, PA Kota Madiun Hadiri Pembukaan Konsolidasi Laporan Keuangan Mahkamah Agung Triwulan III Tahun 2024 dan Pelaksanaan PIPK Tahun 2024 |08-10-2024|
Details
Category: BERITA SEPUTAR PENGADILAN
08.Oct
08 October 2024
Hits: 3062

Tingkatkan Kualitas Tata Kelola Keuangan, PA Kota Madiun Hadiri Pembukaan Konsolidasi Laporan Keuangan Mahkamah Agung Triwulan III Tahun 2024 dan Pelaksanaan PIPK Tahun 2024 |08-10-2024|

TINGKATKAN KUALITAS TATA KELOLA KEUANGAN, PA KOTA MADIUN HADIRI KONSOLIDASI LAPORAN KEUANGAN MAHKAMAH AGUNG TRIWULAN III TAHUN 2024 DAN PELAKSANAAN PIPK TAHUN 2024

pakotamaig-14286876-5801-4HNHGNb24KK-aa4c-c7a74ff9990a.jpg

Sekretaris PA Kota Madiun Onis Nur Islahi, S.Sos., M.M. bersama Kasubbag Umum dan Keuangan Juminem, S.H., M.Hum., Pranata Komputer Widi Tri Hananto, S.Kom. selaku Bendahara Pengeluaran PA Kota Madiun dan Operator, Irkhamni menghadiri kegiatan Pembukaan Kegiatan Konsolidasi Laporan Keuangan Mahkamah Agung Triwulan III Tahun 2024 dan Pelaksanaan Pengendalian Intern atas Pelaporan Keuangan (PIPK) Tahun 2024 secara daring di Media Center PA Kota Madiun pada Selasa, (8/10/2024).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Biro Keuangan Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI secara daring melalui aplikasi zoom meeting ini diikuti oleh Para Sekretaris Unit Eselon I Mahkamah Agung RI dan para Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi BUA Mahkamah Agung RI, Sekretaris Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama, para Kepala Bagian Unit Eselon I Mahkamah Agung RI dan BUA Mahkamah Agung RI, para pejabat Fungsional BUA Mahkamah Agung RI, para Kabag Umum dan Keuangan serta Kabag PTIP Pengadilan Tingkat Banding, Para Kasubbag Umum dan Keuangan serta Kasubbag PTIP Pengadilan Tingkat Pertama serta para Bendahara Pengeluaran dan operator Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan di seluruh Indonesia sesuai dalam lampiran surat Biro Perlengkapan Badan Urusan Administrasi (BUA) Mahkamah Agung RI Nomor: 530/BUA.3/KU2.2/X/2024, tanggal 2 Oktober 2024, Perihal undangan Pembukaan Kegiatan Konsolidasi Laporan Keuangan Mahkamah Agung Triwulan III Tahun 2024 dan Pelaksanaan PIPK 2024.

Pada pukul 08.30 WIB dilakukan pembukaan kegiatan yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung RI yang kemudian dilakukan pembacaan do’a. Dalam sambutan Kepala Biro Keuangan Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI Edy Yuniadi, S.sos., M.M., CPSAK menyampaikan bahwa kegiatan hari ini dilaksanakan sehubungan akan dilaksanakannya Kegiatan Konsolidasi Penyusunan Laporan Keuangan Mahkamah Agung Triwulan III Tahun 2024, serta koordinasi pelaksanaan Kegiatan Penerapan dan Penilaian Pengendalian Intern atas Pelaporan Keuangan (PIPK) Tahun 2024. Dalam pengarahannya beliau menghimbau kepada seluruh satuan kerja agar dalam pengelolaan keuangan dapat dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku baik peraturan internal Mahkamah Agung RI maupun peraturan eksternal. Untuk mensukseskan penyelenggaraan tata kelola keuangan negara yang baik, transparan, akuntabel dan dengan kaidah tertib hukum, tertib pengelolaan serta tertib administrasi.

Dalam kegiatan ini selain bersama narasumber dan Biro Keuangan BUA Mahkamah Agung RI juga menghadirkan Narasumber Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) dan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan RI. Memasuki pemaparan Narasumber yang pertama dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI menyampaikan materi  terkait Konsolisasi Laporan Keuangan Tingkat Kementerian/Lembaga beserta langkah-langkah yang harus ditempuh untuk memperbaiki laporan keuangan agar sesuai standar akuntansi pemerintah.

pakotamaig-61d20551-98nnc0-4feb-b8e6d-nnn3975c52afb34.jpg

pakotamaig-dcf707c0-f82nnv7-4nnnnvb6e-9510-5b71nn7121873d.jpg

Beralih pada Narasumber Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan RI, yaitu Auditor Ahli Muda Inspektorat II Astri Kurniawati, S.E., M.M., CCP. menyampaikan Materi Pengendalian Intern atas Pelaporan Keuangan (PIPK) Tahun 2024 yang meliputi tata cara pelaksanaan PIPK untuk memastikan pengendalian internal yang memadai  mada masing-masing lingkungan satuan kerja. Dalam pemaparannya dijelaskan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 17/PMK.09/2019 tentang pedoman Penerapan, penilaian dan Reviu Pengendalian Intern atas Pelaporan Keuangan (PIPK) Pemerintah Pusat. Selanjutnya pemaparan terkait Teknis Pengisian Kertas Kerja  PIPK Tabel A, B, C, D dan E, serta Laporan Hasil Penilaian PIPK oleh Narasumber Bagian Akuntansi Biro Keuangan Nugroho Urip Widodo dan Kasubbag Pendataan Biro Biro Keungan BUA Mahkamah Agung RI Muhammad Sam Umar Wiraharja, S.Kom.

Dengan mengikuti kegiatan ini, diharapkan PA Kota Madiun dapat terus meningkatkan kualitas laporan keuangan dan pengendalian Internal melalui pelaksanaan tata kelola keuangan negara yang baik, transparan, akuntabel dan dengan kaidah tertib hukum, tertib pengelolaan serta tertib administrasi sehingga  dapat berkontribusi dalam predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di Lingkungan Mahkamah Agung RI.

Hubungi Kami

 

0851-2960-5370

Kode POS (63125)

Email Perkara :

 kepaniteraan@pa-kotamadiun.go.id

Email Umum :

 kesekretariatan@pa-kotamadiun.go.id

location.png  Lokasi Kantor 

Ikuti Kami di

         

Tautan Web

 

Mahkamah Agung RI 

Kepaniteraan MA RI 

Badan Pengawasan MA RI

Ditjen Badilag 

Direktori Putusan MA-RI 

JDIH Mahkamah Agung

PTA Surabaya

JDIH Mahkamah Agung

SIPPN Menpan

Kerjasama

    

 

Statistik Pengunjung

Jam Pelayanan

Pendaftaran Perkara Offline

Senin-Jumat : 08.00 - 12.00 WIB

Pelayanan PTSP

Senin-Kamis : 08.00 - 15.00 WIB

Jumat : 07.30 - 15.00

Istirahat : 12.00 - 13.00

Persidangan

Senin-Kamis : 09.00 - Selesai

 

.

Untuk Bulan Ramadhan

Senin - Kamis

Jam Kerja : 08.00 - 15.00 WIB

Jam Istirahat :12.00 -12.30 WIB

Jum'at

Jam Kerja : 08.00 - 15.30 WIB

Jam Istirahat :11.30 -12.30 WIB

SABTU DAN MINGGU LIBUR

 

Copy Right © 2024. Pengadilan Agama Kota Madiun V.0.4

cctv gif

Duta layanan