HEADER_WBK_oke_oke_oke.png

  • Home
  • PROFIL PENGADILAN

    Pengantar Ketua & Visi-Misi Pengadilan

    • Pengantar Ketua Pengadilan
    • Visi Pengadilan
    • Misi Pengadilan

    Tugas Pokok dan Fungsi Pengadilan

    • Tugas Pokok Pengadilan
    • Fungsi Pengadilan

    Wilayah Yurisdiksi

    • Yurisdiksi
    • Peta Wilayah Yurisdiksi

    Struktur Organisasi & Sejarah Pengadilan

    • Struktur Organisasi
    • Sejarah Pengadilan

    Lainnya

    • Nama Para Mantan Pimpinan dan Masa Jabatannya
    • Agenda / Jadwal Kegiatan Satuan Kerja
    • Alamat dan Kontak Pengadilan
  • INFORMASI UMUM
    • Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengadilan
    • Program Kerja Tahunan
    • Laporan Tahunan
  • KEPANITERAAN

    Administrasi Perkara

    • Sistem Informasi Penelusuran Perkara
    • Panduan e-Court
    • Direktori Putusan
    • Pedoman Pengelolaan Kepaniteraan

    Prosedur Berperkara

    • Prosedur Berperkara Tingkat Pertama
    • Prosedur Berperkara Tingkat Banding
    • Prosedur Berperkara Kasasi
    • Prosedur Berperkara Peninjauan Kembali
    • Prosedur Pengambilan Produk Pengadilan
    • Prosedur Berperkara Gugatan Sederhana

    HAK-HAK PARA PIHAK

    • Hak-Hak Para Pencari Keadilan
    • Hak-hak Pokok Dalam Proses Persidangan
    • Tata Tertib Persidangan
    • Agenda /Jadwal Persidangan
    • Prosedur Mediasi
    • Daftar Nama Mediator

    BIAYA PERKARA

    • Statistik perkara
    • Daftar Panggilan Ghaib
    • Delegasi / Tabayun
    • Rincian Biaya Proses Berperkara
    • Rincian Biaya Hak-Hak Kepaniteraan
    • Rincian Radius Biaya Panggilan per Kecamatan
    • Laporan Penggunaan Biaya Perkara
    • Laporan Pengembalian Sisa Panjar Perkara

    POSBAKUM

    • Keberadaan Posbakum
    • Penerima Jasa Pos Bantuan Hukum
    • Jenis Jasa Hukum Yang dilayani
    • Syarat-syarat dan Mekanisme
    • Dasar Aturan Tentang Pos Bantuan Hukum

    BERPERKARA TANPA BIAYA (Prodeo)

    • Syarat-syarat Berperkara Prodeo
    • Prosedur Berperkara Prodeo
    • Rincian Biaya Prodeo Yang dibebankan ke Negara
  • KESEKRETARIATAN

    KEPEGAWAIAN

    • Profil Pejabat dan Pegawai
    • Profil PPNPN
    • Statistik Jumlah Pegawai
    • LHKPN
    • LHKASN

    UMUM & KEUANGAN

    • DIPA
    • Laporan Realisasi Anggaran
    • Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
    • Neraca Keuangan
    • Realisasi PNBP
    • Asset dan Inventaris
    • Pengadaan Barang dan Jasa

    PELAPORAN

    • Rencana Strategis (Renstra)
    • Penghargaan
    • Rencana Kinerja Tahunan
    • Rencana Aksi Kinerja
    • Perjanjian Kinerja
    • IKU dan Reviu IKU
    • LKjIP
    • Pedoman Pengelolaan Kesekretariatan
    • Unit Pelaksana Teknis Kesekretariatan
    • Statistik Jumlah Pengunjung Website
  • LAYANAN PUBLIK

    MAKLUMAT PELAYANAN

    • Standar & Maklumat Pelayanan
    • Jam Kerja Pelayanan
    • Fasilitas Publik
    • SOP Pelayanan Publik
    • Pelayanan Terpadu Satu Pintu
    • SIPPN MENPAN

    INFORMASI

    • Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi
    • Hak-Hak Pemohon Informasi
    • Prosedur Keberatan Atas Permintaan Informasi
    • Biaya Memperoleh Informasi
    • Formulir Permintaan Informasi
    • Laporan Akses Informasi

    PENGADUAN

    • SIWAS MA RI
    • Prosedur Pengaduan
    • Hak-Hak Pelapor dan Terlapor
    • Laporan Rekapitulasi Pengaduan

    KODE ETIK & PENGAWASAN

    • Pedoman Pengawasan
    • Kode Etik Hakim
    • Daftar Nama Pejabat Pengawas
    • Hukuman Disiplin Hasil Pengawasan
    • Putusan Majelis Kehormatan Hakim
    • Prosedur Evakuasi
  • PUBLIKASI
    • Arsip Berita
    • Arsip Pengumuman
    • Arsip File-File Multimedia
    • Arsip Hasil Penelitian
    • Arsip MoU
    • Regulasi / Aturan
    • Arsip Artikel
  • INFO LAINNYA
    • Statistik Kunjungan Website
    • Tautan Terkait
    • Ucapan Selamat / Duka Cita
    • Tautan Situs Sosial Media
 
  1. PUBLIKASI
  2. Arsip Berita
  3. PA Kota Madiun Hadir Secara Virtual Pembukaan Pelatihan dan Ceramah Umum / Stadium Generale “Kepemimpinan di Pengadilan” oleh Ketua Mahkamah Agung RI |19-09-2024|
Details
Category: BERITA SEPUTAR PENGADILAN
19.Sep
19 September 2024
Hits: 2307

PA Kota Madiun Hadir Secara Virtual Pembukaan Pelatihan dan Ceramah Umum / Stadium Generale “Kepemimpinan di Pengadilan” oleh Ketua Mahkamah Agung RI |19-09-2024|

PA KOTA MADIUN HADIR SECARA VIRTUAL PEMBUKAAN PELATIHAN DAN CERAMAH UMUM / STADIUM GENERALE “KEPEMIMPINAN DI PENGADILAN” OLEH KETUA MAHKAMAH AGUNG RI 

twibonepa2-d913ffd3VV-945e-4366-bVVVFV0fd-f77d885670c3.jpg

Ketua PA Kota Madiun Dr. H. Sofyan Zefri, S.H.I., M.S.I. bersama Panitera Mochamad Mu’ti, S.H., M.H. menghadiri Pembukaan sekaligus Ceramah Umum / Stadium Generale pada Pelatihan Manajemen dan Kemepimpinan bagi Pimpinan, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Mahkamah Agung Republik Indonesia   Tahun 2024 secara virtual di media center PA Kota Madiun pada Kamis, (19/9/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Strategi Kebijakan dan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI c.q. Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan. Acara pembukaan ini berlangsung secara hybrid dengan  dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung RI YM. Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. yang sekaligus menyampaikan Ceramah Umum / Stadium Generale “Kepemimpinan di Pengadilan” dan turut dihadiri oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial dan Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial.

twibonepa2-FVFV2e4b623e-efcVFV8-4abc-b622-VFVccb7c565ffea.jpg

Pada pukul 09.00 WIB, kegiatan dibuka dengan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Mahkamah Agung RI dilanjutkan dengan pembacaan do’a. Dalam laporan kegiatan oleh Kepala Badan Strategi Kebijakan dan Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI Bambang Hery Mulyono, S.H., M.H.  menyampaikan bahwa dalam  Pelatihan Manajemen dan Kemepimpinan bagi Pimpinan, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Mahkamah Agung Republik Indonesia Tahun 2024 ini diikuti oleh 120 peserta dari 4 (empat)  Lingkungan Peradilan di seluruh Indonesia yang terdiri dari  Pimpinan (Ketua) 40 (empat puluh) peserta 40 (empat puluh) peserta Pimpinan (Wakil Ketua),  40 (empat puluh) orang Panitera dan 40 (empat puluh) orang Sekretaris. Pelatihan Pelatihan Manajemen dan Kemepimpinan bagi Pimpinan, Panitera dan Sekretaris Pengadilan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi manajerial dan leadership para pimpinan peradilan.

“Kemudian dalam pembukaan kegiatan pelatihan hari ini juga mengusung peluncuran aplikasi inovasi SCLS (Smart Collaborative Learning System) dan LMS (Learning Management System) dengan sebutan Menpim Optima.  Adapun tujuan peluncuran aplikasi ini untuk mengakomodir sistem pembelajaran berbasis teknologi dan AI (Artificial Intelligence) secara interaktif dan kolaboratif antara widyaswara, peserta, dan tim konten creator.”, ungkap Bambang Hery Mulyono, S.H., M.H. 

twibonepa2-abhjjcb439c-a2fd-41cjj5-8f55-77cjhj1f1d4e7fd.jpg
twibonepa2-f4f8a710HH-5186-4HHH9ea-b1dd-29HH82aeabd1a7.jpg

Dalam Ceramah Umum / Stadium Generale Ketua Mahkamah Agung RI YM. Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. sekaligus membuka kegiatan pelatihan secara resmi menyampaikan bahwa  kegiatan pelatihan majemen dan kepemimpinan diharapkan pimpinan mampu menjadi seorang leader dan manager kepada seluruh bawahannya untuk merealisaskkan Visi dan Misi program kerja.  3 (tiga) unsur Pimpinan di Peradilan memegang tanggung jawab berdasarkan ruang kewenangan masing-masing. Panitera bertugas mengelola tata kelola perkara dan persidangan sedangkan Sekretaris bertugas mengelola manajemen non perkara dan persidangan.

“Pengadilan sebagai institusi peradilan harus terus beradaptasi dengan dinamika zaman, khususnya dalam penggunaan teknologi dan penerapan Zona Integritas guna mewujudkan pengadilan yang bersih dan bebas korupsi. Kemudian  semakin tinggi tuntutan masyarakat dan perkembangan teknologi yang ada, memerlukan keterbukaan akses informasi yang lebih luas bagi pengguna layanan. Maka dengan peran kepemimpinan yang solid setiap level manajemen sangat penting untuk memastikan implementasi kebijakan berjalan dengan baik dan berdampak positif bagi masyarakat pencari keadilan. Kegiatan pelatihan manajemen dan kepemimpinan ini untuk memastikan para pimpinan memiliki kompetensi manajerial yang memadai melalui pendekatan manajemen yang baik.  Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat peran pimpinan, Panitera dan Sekretaris dalam menjalankan tugas sehari - hari di satker masing-masing dan memacu terciptanya inovasi di Lingkungan Peradilan guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan.”, tutur Ketua Mahkamah Agung RI.

twibonepa2-7fd322de-1b89-417f-a9e6HN-61bdNHNHNHNc1b7efd4.jpg

Selanjutnya Ketua Mahkamah Agung RI YM. Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H.  melaunching aplikasi inovasi SCLS (Smart Collaborative Learning System) dan LMS (Learning Management System) Menpim Optima dan berharap dapat menjngkatkan kualitas pelatihan menuju kepemimpinan yang mampu membawa lembaga peradilan menuju standar dunia. Acara ini diakhiri dengan penyematan tanda peserta pelatihan secara simbolis yang sekaligus dilakukan penyampaian beberapa materi oleh Ketua Mahkamah Agung RI YM. Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. 

Hubungi Kami

 

0851-2960-5370

Kode POS (63125)

Email Perkara :

 kepaniteraan@pa-kotamadiun.go.id

Email Umum :

 kesekretariatan@pa-kotamadiun.go.id

location.png  Lokasi Kantor 

Ikuti Kami di

         

Tautan Web

 

Mahkamah Agung RI 

Kepaniteraan MA RI 

Badan Pengawasan MA RI

Ditjen Badilag 

Direktori Putusan MA-RI 

JDIH Mahkamah Agung

PTA Surabaya

JDIH Mahkamah Agung

SIPPN Menpan

Kerjasama

    

 

Statistik Pengunjung

Jam Pelayanan

Pendaftaran Perkara Offline

Senin-Jumat : 08.00 - 12.00 WIB

Pelayanan PTSP

Senin-Kamis : 08.00 - 15.00 WIB

Jumat : 07.30 - 15.00

Istirahat : 12.00 - 13.00

Persidangan

Senin-Kamis : 09.00 - Selesai

 

.

Untuk Bulan Ramadhan

Senin - Kamis

Jam Kerja : 08.00 - 15.00 WIB

Jam Istirahat :12.00 -12.30 WIB

Jum'at

Jam Kerja : 08.00 - 15.30 WIB

Jam Istirahat :11.30 -12.30 WIB

SABTU DAN MINGGU LIBUR

 

Copy Right © 2024. Pengadilan Agama Kota Madiun V.0.4

cctv gif

Duta layanan