HEADER_WBK_oke_oke_oke.png

  • Home
  • PROFIL PENGADILAN

    Pengantar Ketua & Visi-Misi Pengadilan

    • Pengantar Ketua Pengadilan
    • Visi Pengadilan
    • Misi Pengadilan

    Tugas Pokok dan Fungsi Pengadilan

    • Tugas Pokok Pengadilan
    • Fungsi Pengadilan

    Wilayah Yurisdiksi

    • Yurisdiksi
    • Peta Wilayah Yurisdiksi

    Struktur Organisasi & Sejarah Pengadilan

    • Struktur Organisasi
    • Sejarah Pengadilan

    Lainnya

    • Nama Para Mantan Pimpinan dan Masa Jabatannya
    • Agenda / Jadwal Kegiatan Satuan Kerja
    • Alamat dan Kontak Pengadilan
  • INFORMASI UMUM
    • Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengadilan
    • Program Kerja Tahunan
    • Laporan Tahunan
  • KEPANITERAAN

    Administrasi Perkara

    • Sistem Informasi Penelusuran Perkara
    • Panduan e-Court
    • Direktori Putusan
    • Pedoman Pengelolaan Kepaniteraan

    Prosedur Berperkara

    • Prosedur Berperkara Tingkat Pertama
    • Prosedur Berperkara Tingkat Banding
    • Prosedur Berperkara Kasasi
    • Prosedur Berperkara Peninjauan Kembali
    • Prosedur Pengambilan Produk Pengadilan
    • Prosedur Berperkara Gugatan Sederhana

    HAK-HAK PARA PIHAK

    • Hak-Hak Para Pencari Keadilan
    • Hak-hak Pokok Dalam Proses Persidangan
    • Tata Tertib Persidangan
    • Agenda /Jadwal Persidangan
    • Prosedur Mediasi
    • Daftar Nama Mediator

    BIAYA PERKARA

    • Statistik perkara
    • Daftar Panggilan Ghaib
    • Delegasi / Tabayun
    • Rincian Biaya Proses Berperkara
    • Rincian Biaya Hak-Hak Kepaniteraan
    • Rincian Radius Biaya Panggilan per Kecamatan
    • Laporan Penggunaan Biaya Perkara
    • Laporan Pengembalian Sisa Panjar Perkara

    POSBAKUM

    • Keberadaan Posbakum
    • Penerima Jasa Pos Bantuan Hukum
    • Jenis Jasa Hukum Yang dilayani
    • Syarat-syarat dan Mekanisme
    • Dasar Aturan Tentang Pos Bantuan Hukum

    BERPERKARA TANPA BIAYA (Prodeo)

    • Syarat-syarat Berperkara Prodeo
    • Prosedur Berperkara Prodeo
    • Rincian Biaya Prodeo Yang dibebankan ke Negara
  • KESEKRETARIATAN

    KEPEGAWAIAN

    • Profil Pejabat dan Pegawai
    • Profil PPNPN
    • Statistik Jumlah Pegawai
    • LHKPN
    • LHKASN

    UMUM & KEUANGAN

    • DIPA
    • Laporan Realisasi Anggaran
    • Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
    • Neraca Keuangan
    • Realisasi PNBP
    • Asset dan Inventaris
    • Pengadaan Barang dan Jasa

    PELAPORAN

    • Rencana Strategis (Renstra)
    • Penghargaan
    • Rencana Kinerja Tahunan
    • Rencana Aksi Kinerja
    • Perjanjian Kinerja
    • IKU dan Reviu IKU
    • LKjIP
    • Pedoman Pengelolaan Kesekretariatan
    • Unit Pelaksana Teknis Kesekretariatan
    • Statistik Jumlah Pengunjung Website
  • LAYANAN PUBLIK

    MAKLUMAT PELAYANAN

    • Standar & Maklumat Pelayanan
    • Jam Kerja Pelayanan
    • Fasilitas Publik
    • SOP Pelayanan Publik
    • Pelayanan Terpadu Satu Pintu
    • SIPPN MENPAN

    INFORMASI

    • Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi
    • Hak-Hak Pemohon Informasi
    • Prosedur Keberatan Atas Permintaan Informasi
    • Biaya Memperoleh Informasi
    • Formulir Permintaan Informasi
    • Laporan Akses Informasi

    PENGADUAN

    • SIWAS MA RI
    • Prosedur Pengaduan
    • Hak-Hak Pelapor dan Terlapor
    • Laporan Rekapitulasi Pengaduan

    KODE ETIK & PENGAWASAN

    • Pedoman Pengawasan
    • Kode Etik Hakim
    • Daftar Nama Pejabat Pengawas
    • Hukuman Disiplin Hasil Pengawasan
    • Putusan Majelis Kehormatan Hakim
    • Prosedur Evakuasi
  • PUBLIKASI
    • Arsip Berita
    • Arsip Pengumuman
    • Arsip File-File Multimedia
    • Arsip Hasil Penelitian
    • Arsip MoU
    • Regulasi / Aturan
    • Arsip Artikel
  • INFO LAINNYA
    • Statistik Kunjungan Website
    • Tautan Terkait
    • Ucapan Selamat / Duka Cita
    • Tautan Situs Sosial Media
 
  1. PUBLIKASI
  2. Arsip Berita
  3. PA Kota Madiun Gelar Rapat Dinas Monev Kinerja Bulan Juli 2025 |07-08-2025|
Details
Category: BERITA SEPUTAR PENGADILAN
07.Aug
07 August 2025
Hits: 498

PA Kota Madiun Gelar Rapat Dinas Monev Kinerja Bulan Juli 2025 |07-08-2025|

PA KOTA MADIUN GELAR RAPAT DINAS MONEV KINERJA BULAN JULI 2025

pakotamaigjj-009828b6-d4c2-428f-9326-fc3d3af48398.jpg

PA Kota Madiun menggelar rapat Dinas Monev (Monitoring dan Evaluasi) kinerja bulanan pada Kamis, (7/8/2025). Agenda rutin rapat dinas bulanan kali ini merupakan monev kinerja Juli 2025 dan berlangsung di Aula PA Kota Madiun pukul 13.30 WIB. Monev ini dipimpin oleh Ketua PA Kota Madiun Dr. H. Sofyan Zefri, S.H.I., M.S.I.  didampingi oleh Wakil Ketua PA Kota Madiun Imam Safi’I, S.H.I., M.H., Panitera Lucky Aziz Hakim, S.H.I., M.H., Sekretaris Onis Nur Islahi, S.Sos., M.M. dan dihadiri segenap Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, seluruh ASN, CPNS serta PPNPN PA Kota Madiun.

pakotamaig-fb49bc5e-df4GSRGGGGb-4294-a4ae-fc665f34ad77.jpg

pakotamykukaig-6e3086a3uikkk-c548-493c-jkb151-79074d404578.jpg

Rapat dibuka oleh Wakil Ketua PA Kota Madiun Imam Safi'i, S.H.I., M.H., dalam mengawali sambutannya mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT dapat berkumpul kembali melaksanakan agenda rutin rapat dinas monev kinerja bulanan dalam keadaan sehat dan terus bekerja memberikan kinerja terbaik bagi satker tercinta  PA Kota Madiun. Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa “rapat hari ini merupakan rapat monev kinerja untuk memonitoring dan mengevaluasi kinerja dalam melaksanakan tupoksi dan selama bulan Juli 2025 yang bertujuan untuk memaksimalkan kinerja ke arah yang lebih baik lagi mensukseskan core business sebagai lembaga peradilan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam penyelesaian perkara yang juga telah di support melalui beragam inovasi aplikasi yang dimiliki PA Kota Madiun, Pada monev ini juga mengidentifikasi kendala, mencari solusi, dan memastikan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab  masing-masing aparatur berjalan optimal. Sejalan dengan hal tersebut, monev kinerja juga akan dibuka sharing season menyelesaikan kendala yang dihadapi dengan strategi terbaik demi peningkatan pelayanan lebih efektif dan efisien. Dan untuk mengawali monev kinerja bulan Juli beliau memberikan kesempatan kepada Panitera dan Sekretaris untuk menyampaian laporan kinerja bulan Juli  2025 dan tindak lanjut dari rapat sebelumnya pada masing-masing Bidang Kepaniteraan dan Kesekretariatan.

pakotabfgngnmaig-4nhn9284a35-9459-4392-9cac-84cllitf319f440e.jpg

Pada kesempatan yang diberikan Panitera PA Kota Madiun Lucky Aziz Hakim, S.H.I., M.H. memaparkan capaian kerja bidang Kepaniteraan yang menunjukkan tren positif, berbagai pencapaian dan tantangan yang dihadapi selama bulan Juli dengan data yang informatif dan terstruktur. Penjelasan tersebut menggambarkan komitmen tim Kepaniteraan dalam mendukung kelancaran proses peradilan, bahwa Secara Persentase perkara e-Court per bulan Juli sebesar 97,55%; Persentase penyelesaian perkara 81,82%. meningkat dari bulan Juni dan untuk upload dokumen persidangan, penataan arsip berjalan dengan baik. Kemudian membahas terkait administrasi pendaftaran perkara, pengguna aplikasi pelayanan (Bluder dan Silandep) serta melaporkan perkara eksekusi.

Beralih pada laporan Sekretaris PA Kota Madiun Onis Nur Islahi, S.Sos., M.M. hasil monev bidang Kesekretariatan bulan Juli mulai dari realisasi anggaran dan efektivitas pengelolaan dana operasional, perkembangan dalam sistem pelaporan berbasis teknologi, pengelolaan SDM dan tata kelola organisasi yang semakin adaptif. Tupoksi masing-masing Kasubbag berjalan dengan lancar mencerminkan sinergi yang terjalin antar bidang. untuk Nilai IKPA per Juli 2025 untuk DIPA 01 sebesar 98,25% dan DIPA 04 sebesar 93,43%. rekap penggunaan aplikasi bulan Juli , diantaranya: Bluder, Silandep, e- Pecel, e-Dayoh (tamu pegawai 44 dan PTSP sebanyak 104), dan untuk e- Surti dengan 62 responden dan memperolah nilai IKM 3,93, Indeks Kualitas Pelayanan (IKP) 3,96 dan Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK) 3,98. Dan membahas terkait CCTV online, pendataan peminat rumah dinas subsidi program pemerintah, progres pemusnahan blangko Akta Cerai, nilai Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. (LHE AKIP) Tahun 2024 yang akan dilaksanakan tindak lanjut rekomendasi hasil evaluasi. Dalam kesempatan ini pula memberikan pengarahan terkait persiapan perlengkapan beserta jadwal kegiatan internal dan gabungan 5 (lima) Peradilan di Wilayah Kabupaten dan Kota Madiun semarak HUT RI dan Mahkamah Agung RI ke- 80 Tahun. Diakhir laporan menekankan kembali kedisiplinan dan sikap sempurna satpam dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan sesuai Standar Operasional Prosedur  (SOP) pelayanan.

pakotamaig-9c5a8809jjj-f61b-47d7-bb04-8ejkkjkkfb896e2ea7.jpg

Wakil Ketua PA Kota Madiun Imam Safi'i, S.H.I., M.H. mengawali pembinaan mengingatkan kembali kepada seluruh aparatur PA Kota Madiun untuk menjaga kinerja, kedisiplinan,  wibawa dan etika kerja dengan baik yang berhubungan dengan melaksanakan Perma No. 7,8 dan 9 tahun 2016 tentang penegakan disiplin kinerja Hakim, Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung, Pedoman penangan pengaduan whistleblowing system Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Dibawahnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan melaksanakan tupoksi masing-masing baik dari Hakim dalam melaksanakan persidangan, Panitera, Sekretaris, ASN dan dan seterusnya masing-masing aparatur dengan berkomitmen yang tinggi menjaga moralitas dan integritas serta meningkatkan performa kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan di PA Kota Madiun. Termasuk senantiasa membuat lingkungan kerja yang kondusif dan nyaman  serta berupaya menjaga eksistensi PA Kota Madiun. 

Selanjutnya beliau, menanggapi laporan-laporan dari masing-masing Bidang Kepaniteraan dan Kesekretariatan, diantaranya: hasil penilaian Badan Peradilan Agama Triwulan II  pada setiap indikator penilaian kinerja yang kedepannya akan dilakukan evaluasi pada beberapa aspek penilaian, diantaranya: Point Admin dan Teknis Peradilan dan Manajemen Peradilan, (SIPP, E Court, Banding, Kasasi/PK, Mediasi dan Eksaminasi),  Point Penilaian Manajemen Peradilan (penilaian ABS, SIKEP, SKP, DIPA 01, DIPA 04, PTSP, APM, Website, Inovasi, Juara dan Zona Integritas),  Pada Point Integritas/Moralitas yang terdiri atas adanya Laporan Pengawasan, dan LHKPN / LHKASN. Dalam kesempatan ini pula beliau menekankan kedisiplinan dan profesionalisme seluruh aparatur peradilan dalam meningkatkan kinerja, termasuk satpam yang diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan, memastikan tugas dilaksanakan tepat waktu dan sesuai  Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan yang berlaku. Disamping itu menghimbau agar seluruh aparatur PA Kota Madiun semangat untuk berpartisipasi aktif dalam semarak Hari Ulang Tahun (HUT) ke 80 Kemerdekaan RI dan Mahkamah Agung baik pada kegiatan internal maupun kegiatan gabungan 5 (lima) Pengadilan di wilayah Kabupaten/Kota Madiun, dalam hal ini diharapkan pula mengikutsertakan Ibu Dharmayukti Karini dalam setiap kegiatan yang bertujuan untuk penguatan integritas yang  salah satunya pada kegiatan Public Campaign Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dalam semarak HUT Kemerdekaan RI dan Mahkamah Agung ke- 80 Tahun yang akan dikemas dalam serangkaian kegiatan jalan sehat pada pekan depan.  

pakotamaig-a0ccjjj451e-a4adhtj-4a50-yjyj85ff-230cf474b6ce.jpg

Ketua PA Kota Madiun Dr. H. Sofyan Zefri, S.H.I., M.S.I. mengawali pembinaannya rasa syukur rapat dinas yang merupakan agenda penting sebagai forum sharing sebagai upaya memonitoring dan evaluasi dalam memantau target kinerja tercapai dengan efektif dan efisien dengan beberapa hal evaluasi bulan sebelumnya telah ditindaklanjuti dengan baik sesuai target yang telah ditentukan. Rapat dinas bulanan ini juga merupakan upaya Quality Control dengan melihat dan menilai konsistensi pelaksanaan tugas dan tanggung jawab masing-masing aparatur PA Kota Madiun berjalan dengan baik dengan selalu menjaga kualitas kinerja memberikan dedikasi terbaik dan peningkatan kinerja yang professional.  Selanjutnya beliau mengapresiasi secara umum kinerja Bidang Kepaniteraan dan Kesekretariatan yang telah berjalan dengan baik serta menanggapi laporan-laporan dari masing-masing bidang diantaranya: proses administrasi perkara pada aplikasi SIPP, kesesuaian arsip, laporan hasil penilaian bimtek online Badan Peradilan Agama pada aplikasi SIPINTAR, mediasi, kedisiplinan dan  profesionalisme satpam sebagai garda terdepan dan awal layanan PA Kota Madiun diharapkan senantiasa melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai  Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan yang berlaku dengan menerapkan budaya 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) dalam melayani siapapun yang datang ke PA Kota Madiun baik itu tamu  dinas dan terutama masyarakat pencari keadilan.

Dalam kesempatan ini pula beliau memberikan apresiasi kepada segenap aparatur PA Kota Madiun atas kolaborasi mensukseskan serangkaian kegiatan Intimate Night PA Kota Madiun ”Merangkai Kebersamaan menuju Kemajuan” serta berharap sinergitas dan kebersamaan yang telah terjalin begitu indah dan etik selalu terjaga. Karena dengan sinergitas  dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan, Pengadilan Agama Kota Madiun dapat meraih ragam prestasi salah satunya Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) yang merupakan kebanggaan bersama yang dalam hal tersebut selain team work yang handal juga  didukung dengan sarana dan prasarana pelayanan serta fasilitas penunjang kinerja. Dengan suksesnya kegiatan tersebut, semoga seluruh aparatur PA Kota Madiun semakin kompak berkomitmen pada kemajuan untuk selalu berupaya melangkah memberikan yang terbaik dan berupaya sekuat tenaga memberikan kinerja terbaik. Diharapkan dapat meningkatkan pencapaian target kinerja semakin lebih baik dengan penerapan strategi yang tepat  bagaimana cara mewujudkannya.

Diakhir pembinaan, Ketua PA Kota Madiun Dr. H. Sofyan Zefri, S.H.I., M.S.I. beliau menekankan pentingnya menjaga integritas, kedisiplinan, dan komitmen terhadap tugas sebagai aparatur peradilan. Yang dimana suasana menjadi lebih hidup saat beliau menyampaikan pesan-pesan inspiratif yang menggugah semangat seluruh aparatur PA Kota Madiun saat Ketua PA Kota Madiun mengajak untuk menanamkan dalam diri bahwa setiap pekerjaan yang dilakukan adalah bentuk ibadah. Maka dari itu, diharapkan mengerjakan tugas dan tanggung jawab dengan hati dan semangat melayani.

Pembinaan ini tidak hanya memuat evaluasi kinerja, tetapi juga motivasi untuk terus berinovasi dalam pelayanan. Beliau berpesan agar senantiasa mempertahankan konsistensi dalam memberikan pelayanan dan meningkatkan kinerja yang professiona serta tidak hentinya untuk mengingatkan agar selalu semangat dan profesional dalam bekerja dengan menekankan bahwa sesuai dengan pesan dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya, selain ada 8 Nilai Utama Mahkamah Agung, juga terdapat 8 prinsip kerja profesional yang harus dipegang teguh. Prinsip-prinsip tersebut adalah kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, kerja pantas, kerja tangkas, kerja lekas, kerja sinergitas, dan kerja tuntas, bahwasanya prinsip-prinsip ini bukan hanya semboyan, tetapi harus diterapkan dalam setiap aspek pekerjaan sehari-hari untuk mencapai hasil yang maksimal dan profesional.

“Dan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pencari keadilan, PA Kota  Madiun berupaya menjadi Peradilan Tangguh Peradilan Tangguh adalah peradilan yang antisipatif dan aman dari ancaman, tantangan, hambatan dan resiko (toksit) dengan memitigasi resiko insan peradilan dari kegiatan yang menurunkan, melemahkan dan menegasikan wibawa peradilan, memantapkan monev dan pengawasan serta quality control, sehingga tercipta ketahanan dan pertahanan serta kekuatan insan dan institusi peradilan. Selalu berkinerja baik serta senantiasa melaksanakan monitoring san evaluasi terhadap pelaksanaan tugas sehingga akan mencapai target kinerja dengan maksimal. “Dengan adanya monev kinerja yang mengedepankan dialog terbuka ini diharapkan semakin menguatkan komitmen terhadap integritas dan profesionalisme aparatur PA Kota Madiun dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan. Bekerja dengan integritas Adalah kebanggan, Melayani dengan Prima adalah Kehormatan. Mari kita hadirkan setiap kita berkarya memberikan kinerja terbaik untuk Pengadilan Agama Kota Madiun, jauhi segala hal negatif yang menciderai integritas.”, tutur Ketua PA Kota Madiun.

pakotamakkkhkig-c1d65a7e-2a66-4d83-9bdkmjk4-6kkcfabf95b177.jpg

Diakhir rapat dibuka sesi dialog dengar pendapat  kepada seluruh aparatur PA Kota Madiun untuk menyampaikan saran dan kendala permasalahan yang dihadapi dengan solusi yang dapat berkontribusi pada peningkatan kinerja sebagai upaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih efektif dan efisien dengan melibatkan semua aparatur dalam proses perbaikan.

Alhamdulillah rapat monev kinerja bulan Juli 2025 berjalan dengan lancar, dan ditutup oleh Wakil Ketua PA Kota Madiun Imam Safi'i, S.H.I., M.H.  dengan berdo’a bersama dan berharap agar seluruh aparatur PA Kota Madiun tetap semangat meningkatkan loyalitas kerja, menjaga kekompakan dan koordinasi dalam memberikan kinerja terbaik dengan selalu memberikan pelayanan super prima yang berkualitas kepada masyarakat pencari keadilan di PA Kota Madiun. Dan berpesan yang tak kalah penting, agar seluruh aparatur PA Kota Madiun senantiasa menguatkan kerja sama menjaga relasi sesama aparatur  dalam memberikan kinerja terbaik dengan saling melengkapi antara aparatur  dalam penyelesaian tupoksi dengan sebaik-baiknya demi meningkatkan pelayanan  prima yang profesional, akuntabel, dan transparan  kepada masyarakat pencari keadilan. Terus berusaha menjadi yang terbaik dari yang terbaik.

Kegiatan monitoring dan evaluasi ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan, seluruh aparatur PA Kota Madiun saling berperan aktif mempertahankan yang telah berjalan dengan baik dan  berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan berkelanjutan. Selanjutnya, dengan tindak lanjut yang jelas dan terukur dapat menyelesaikan seluruh tugas dan tanggung jawab dapat dilaksanakan secara optimal dan professional sehingga dapat meningkatkan kualitas  dan berintegritas pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan semakin lebih baik.

Hubungi Kami

 

0851-2960-5370

Kode POS (63125)

Email Perkara :

 kepaniteraan@pa-kotamadiun.go.id

Email Umum :

 kesekretariatan@pa-kotamadiun.go.id

location.png  Lokasi Kantor 

Ikuti Kami di

         

Tautan Web

 

Mahkamah Agung RI 

Kepaniteraan MA RI 

Badan Pengawasan MA RI

Ditjen Badilag 

Direktori Putusan MA-RI 

JDIH Mahkamah Agung

PTA Surabaya

JDIH Mahkamah Agung

SIPPN Menpan

Kerjasama

    

 

Statistik Pengunjung

Jam Pelayanan

Pendaftaran Perkara Offline

Senin-Jumat : 08.00 - 12.00 WIB

Pelayanan PTSP

Senin-Kamis : 08.00 - 15.00 WIB

Jumat : 07.30 - 15.00

Istirahat : 12.00 - 13.00

Persidangan

Senin-Kamis : 09.00 - Selesai

 

.

Untuk Bulan Ramadhan

Senin - Kamis

Jam Kerja : 08.00 - 15.00 WIB

Jam Istirahat :12.00 -12.30 WIB

Jum'at

Jam Kerja : 08.00 - 15.30 WIB

Jam Istirahat :11.30 -12.30 WIB

SABTU DAN MINGGU LIBUR

 

Copy Right © 2024. Pengadilan Agama Kota Madiun V.0.4

cctv gif

Duta layanan