HEADER_WBK_oke_oke_oke.png

  • Home
  • PROFIL PENGADILAN

    Pengantar Ketua & Visi-Misi Pengadilan

    • Pengantar Ketua Pengadilan
    • Visi Pengadilan
    • Misi Pengadilan

    Tugas Pokok dan Fungsi Pengadilan

    • Tugas Pokok Pengadilan
    • Fungsi Pengadilan

    Wilayah Yurisdiksi

    • Yurisdiksi
    • Peta Wilayah Yurisdiksi

    Struktur Organisasi & Sejarah Pengadilan

    • Struktur Organisasi
    • Sejarah Pengadilan

    Lainnya

    • Nama Para Mantan Pimpinan dan Masa Jabatannya
    • Agenda / Jadwal Kegiatan Satuan Kerja
    • Alamat dan Kontak Pengadilan
  • INFORMASI UMUM
    • Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengadilan
    • Program Kerja Tahunan
    • Laporan Tahunan
  • KEPANITERAAN

    Administrasi Perkara

    • Sistem Informasi Penelusuran Perkara
    • Panduan e-Court
    • Direktori Putusan
    • Pedoman Pengelolaan Kepaniteraan

    Prosedur Berperkara

    • Prosedur Berperkara Tingkat Pertama
    • Prosedur Berperkara Tingkat Banding
    • Prosedur Berperkara Kasasi
    • Prosedur Berperkara Peninjauan Kembali
    • Prosedur Pengambilan Produk Pengadilan
    • Prosedur Berperkara Gugatan Sederhana

    HAK-HAK PARA PIHAK

    • Hak-Hak Para Pencari Keadilan
    • Hak-hak Pokok Dalam Proses Persidangan
    • Tata Tertib Persidangan
    • Agenda /Jadwal Persidangan
    • Prosedur Mediasi
    • Daftar Nama Mediator

    BIAYA PERKARA

    • Statistik perkara
    • Daftar Panggilan Ghaib
    • Delegasi / Tabayun
    • Rincian Biaya Proses Berperkara
    • Rincian Biaya Hak-Hak Kepaniteraan
    • Rincian Radius Biaya Panggilan per Kecamatan
    • Laporan Penggunaan Biaya Perkara
    • Laporan Pengembalian Sisa Panjar Perkara

    POSBAKUM

    • Keberadaan Posbakum
    • Penerima Jasa Pos Bantuan Hukum
    • Jenis Jasa Hukum Yang dilayani
    • Syarat-syarat dan Mekanisme
    • Dasar Aturan Tentang Pos Bantuan Hukum

    BERPERKARA TANPA BIAYA (Prodeo)

    • Syarat-syarat Berperkara Prodeo
    • Prosedur Berperkara Prodeo
    • Rincian Biaya Prodeo Yang dibebankan ke Negara
  • KESEKRETARIATAN

    KEPEGAWAIAN

    • Profil Pejabat dan Pegawai
    • Profil PPNPN
    • Statistik Jumlah Pegawai
    • LHKPN
    • LHKASN

    UMUM & KEUANGAN

    • DIPA
    • Laporan Realisasi Anggaran
    • Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
    • Neraca Keuangan
    • Realisasi PNBP
    • Asset dan Inventaris
    • Pengadaan Barang dan Jasa

    PELAPORAN

    • Rencana Strategis (Renstra)
    • Penghargaan
    • Rencana Kinerja Tahunan
    • Rencana Aksi Kinerja
    • Perjanjian Kinerja
    • IKU dan Reviu IKU
    • LKjIP
    • Pedoman Pengelolaan Kesekretariatan
    • Unit Pelaksana Teknis Kesekretariatan
    • Statistik Jumlah Pengunjung Website
  • LAYANAN PUBLIK

    MAKLUMAT PELAYANAN

    • Standar & Maklumat Pelayanan
    • Jam Kerja Pelayanan
    • Fasilitas Publik
    • SOP Pelayanan Publik
    • Pelayanan Terpadu Satu Pintu
    • SIPPN MENPAN

    INFORMASI

    • Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi
    • Hak-Hak Pemohon Informasi
    • Prosedur Keberatan Atas Permintaan Informasi
    • Biaya Memperoleh Informasi
    • Formulir Permintaan Informasi
    • Laporan Akses Informasi

    PENGADUAN

    • SIWAS MA RI
    • Prosedur Pengaduan
    • Hak-Hak Pelapor dan Terlapor
    • Laporan Rekapitulasi Pengaduan

    KODE ETIK & PENGAWASAN

    • Pedoman Pengawasan
    • Kode Etik Hakim
    • Daftar Nama Pejabat Pengawas
    • Hukuman Disiplin Hasil Pengawasan
    • Putusan Majelis Kehormatan Hakim
    • Prosedur Evakuasi
  • PUBLIKASI
    • Arsip Berita
    • Arsip Pengumuman
    • Arsip File-File Multimedia
    • Arsip Hasil Penelitian
    • Arsip MoU
    • Regulasi / Aturan
    • Arsip Artikel
  • INFO LAINNYA
    • Statistik Kunjungan Website
    • Tautan Terkait
    • Ucapan Selamat / Duka Cita
    • Tautan Situs Sosial Media
 
  1. PUBLIKASI
  2. Arsip Berita
  3. Monev Tertib Administrasi Perkara dan Court Calendar PA Kota Madiun |20-08-2025|
Details
Category: BERITA SEPUTAR PENGADILAN
20.Aug
20 August 2025
Hits: 2749

Monev Tertib Administrasi Perkara dan Court Calendar PA Kota Madiun |20-08-2025|

MONEV TERTIB ADMINISTRASI PERKARA DAN COURT CALENDAR PA KOTA MADIUN 

10000271bsnsnsllssnsbd19

PA Kota Madiun melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Tertib administrasi perkara dan Court Calendar pada Rabu, (20/8/2025). Monev yang berlangsung di Ruang Ketua PA Kota Madiun pukul 14.00 WIB ini dipimpin oleh Ketua PA Kota Madiun Dr. H. Sofyan Zefri, S.H.I., M.S.I. dan dihadiri Wakil Ketua Imam Safi’I, S.H.I., M.H., segenap Hakim, Panitera, para Panitera Muda, Panitera Pengganti, Jurusita, Klerek- Pengelola Perkara dan petugas operator SIPP PA Kota Madiun. 

Ketua PA Kota Madiun Dr. H. Sofyan Zefri, S.H.I., M.S.I. dalam sambutannya sekaligus membuka rapat menyampaikan bahwa rapat hari ini bertujuan untuk memastikan kelancaran dan ketertiban administrasi perkara, termasuk kepatuhan terhadap regulasi, efisiensi dan kualitas layanan serta implementasi penggunaan aplikasi e-Court berjalan optimal sesuai target dan standar pelayanan yang telah ditetapkan. Komitmen PA Kota Madiun dalam meningkatkan pelayanan berbasis digital terus diwujudkan demi kemudahan akses bagi masyarakat pencari keadilan.

10000vanslspsmndd27120

10000bsnskslsmdnd27118

Memasuki pembahasan rapat membahas hasil penilaian rapor kinerja SIPP PA Kota Madiun Triwulan II Tahun 2025 salah satunya ketertiban administrasi perkara dan court calendar mencakup evaluasi ketersediaan ruang sidang, alokasi waktu yang tepat untuk setiap perkara dan upaya untuk mengatasi potensi kendala yang mungkin muncul. Dalam rapat ini dibahas penjadwalan persidangan, menekankan pentingnya mengoptimalkan penggunaan waktu dan sumber daya agar proses hukum dapat berjalan dengan lancar. Jadwal persidangan atau yang biasa disebut Court Calendar adalah suatu penerapan dalam SEMA No. 2 Tahun 2014 yang berisi tentang Penyelesaian Perkara dalam Tingkat Pertama dan Tingkat Banding pada 4 Lingkungan Peradilan dan hal tersebut merupakan pengimplementasian dari asas peradilan sederhana, cepat, dan biaya ringan dalam perkara perdata. Dengan kepemimpinan yang efektif, rapat court calendar PA Kota Madiun bukan hanya menjadi sarana perencanaan praktis, melainkan juga mencerminkan komitmen pengadilan untuk memberikan pelayanan hukum yang adil dan efisien. Kesinambungan rapat seperti ini mendukung terwujudnya sistem pengadilan yang terorganisir dengan baik, menjadikan PA Kota Madiun sebagai lembaga peradilan agama yang dapat diandalkan oleh masyarakat. Court calendar merupakan wujud keaktifan Majelis Hakim dalam mengatur jalannya persidangan. Court calendar termuat dalam suatu Berita Acara Persidangan dan lampiran jadwal sidang yang termuat dalam berkas suatu perkara perdata agar proses persidangan dapat berjalan secara efektif sebagaimana pengamalan dan pengimplementasian dari asas peradilan secara sederhana, cepat, dan biaya ringan. 

Dalam diskusi yang dipimpin oleh Ketua PA Kota Madiun ini, seluruh peserta rapat secara bersama-sama berkontribusi untuk menyusun jadwal yang dapat memenuhi kebutuhan pengadilan, sekaligus memastikan bahwa Hakim dan seluruh tenaga teknis kepaniteraan saling berperan aktif memberikan pelayanan hukum yang berkualitas kepada masyarakat pencari keadilan.

Dengan adanya monev ini, Ketua PA Kota Madiun Dr. H. Sofyan Zefri, S.H.I., M.S.I. berharap Surat Keputusan (SK) yang akan diterbitkan terkait dengan e-Court dan administrasi persidangan, nantinya dapat menjadi pedoman guna tertib administrasi perkara dami kelancaran proses persidangan di PA Kota Madiun asas peradilan sederhana, cepat, biaya ringan dan berkualitas dapat terwujud. Sejalan dengan hal ini PA Kota Madiun terus berkomitmen menguatkan profesionalisme dan integritas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan.

Hubungi Kami

 

0851-2960-5370

Kode POS (63125)

Email Perkara :

 kepaniteraan@pa-kotamadiun.go.id

Email Umum :

 kesekretariatan@pa-kotamadiun.go.id

location.png  Lokasi Kantor 

Ikuti Kami di

         

Tautan Web

 

Mahkamah Agung RI 

Kepaniteraan MA RI 

Badan Pengawasan MA RI

Ditjen Badilag 

Direktori Putusan MA-RI 

JDIH Mahkamah Agung

PTA Surabaya

JDIH Mahkamah Agung

SIPPN Menpan

Kerjasama

    

 

Statistik Pengunjung

Jam Pelayanan

Pendaftaran Perkara Offline

Senin-Jumat : 08.00 - 12.00 WIB

Pelayanan PTSP

Senin-Kamis : 08.00 - 15.00 WIB

Jumat : 07.30 - 15.00

Istirahat : 12.00 - 13.00

Persidangan

Senin-Kamis : 09.00 - Selesai

 

.

Untuk Bulan Ramadhan

Senin - Kamis

Jam Kerja : 08.00 - 15.00 WIB

Jam Istirahat :12.00 -12.30 WIB

Jum'at

Jam Kerja : 08.00 - 15.30 WIB

Jam Istirahat :11.30 -12.30 WIB

SABTU DAN MINGGU LIBUR

 

Copy Right © 2024. Pengadilan Agama Kota Madiun V.0.4

cctv gif

Duta layanan