HEADER_WBK_oke_oke_oke.png

  • Home
  • PROFIL PENGADILAN

    Pengantar Ketua & Visi-Misi Pengadilan

    • Pengantar Ketua Pengadilan
    • Visi Pengadilan
    • Misi Pengadilan

    Tugas Pokok dan Fungsi Pengadilan

    • Tugas Pokok Pengadilan
    • Fungsi Pengadilan

    Wilayah Yurisdiksi

    • Yurisdiksi
    • Peta Wilayah Yurisdiksi

    Struktur Organisasi & Sejarah Pengadilan

    • Struktur Organisasi
    • Sejarah Pengadilan

    Lainnya

    • Nama Para Mantan Pimpinan dan Masa Jabatannya
    • Agenda / Jadwal Kegiatan Satuan Kerja
    • Alamat dan Kontak Pengadilan
  • INFORMASI UMUM
    • Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengadilan
    • Program Kerja Tahunan
    • Laporan Tahunan
  • KEPANITERAAN

    Administrasi Perkara

    • Sistem Informasi Penelusuran Perkara
    • Panduan e-Court
    • Direktori Putusan
    • Pedoman Pengelolaan Kepaniteraan

    Prosedur Berperkara

    • Prosedur Berperkara Tingkat Pertama
    • Prosedur Berperkara Tingkat Banding
    • Prosedur Berperkara Kasasi
    • Prosedur Berperkara Peninjauan Kembali
    • Prosedur Pengambilan Produk Pengadilan
    • Prosedur Berperkara Gugatan Sederhana

    HAK-HAK PARA PIHAK

    • Hak-Hak Para Pencari Keadilan
    • Hak-hak Pokok Dalam Proses Persidangan
    • Tata Tertib Persidangan
    • Agenda /Jadwal Persidangan
    • Prosedur Mediasi
    • Daftar Nama Mediator

    BIAYA PERKARA

    • Statistik perkara
    • Daftar Panggilan Ghaib
    • Delegasi / Tabayun
    • Rincian Biaya Proses Berperkara
    • Rincian Biaya Hak-Hak Kepaniteraan
    • Rincian Radius Biaya Panggilan per Kecamatan
    • Laporan Penggunaan Biaya Perkara
    • Laporan Pengembalian Sisa Panjar Perkara

    POSBAKUM

    • Keberadaan Posbakum
    • Penerima Jasa Pos Bantuan Hukum
    • Jenis Jasa Hukum Yang dilayani
    • Syarat-syarat dan Mekanisme
    • Dasar Aturan Tentang Pos Bantuan Hukum

    BERPERKARA TANPA BIAYA (Prodeo)

    • Syarat-syarat Berperkara Prodeo
    • Prosedur Berperkara Prodeo
    • Rincian Biaya Prodeo Yang dibebankan ke Negara
  • KESEKRETARIATAN

    KEPEGAWAIAN

    • Profil Pejabat dan Pegawai
    • Profil PPNPN
    • Statistik Jumlah Pegawai
    • LHKPN
    • LHKASN

    UMUM & KEUANGAN

    • DIPA
    • Laporan Realisasi Anggaran
    • Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
    • Neraca Keuangan
    • Realisasi PNBP
    • Asset dan Inventaris
    • Pengadaan Barang dan Jasa

    PELAPORAN

    • Rencana Strategis (Renstra)
    • Penghargaan
    • Rencana Kinerja Tahunan
    • Rencana Aksi Kinerja
    • Perjanjian Kinerja
    • IKU dan Reviu IKU
    • LKjIP
    • Pedoman Pengelolaan Kesekretariatan
    • Unit Pelaksana Teknis Kesekretariatan
    • Statistik Jumlah Pengunjung Website
  • LAYANAN PUBLIK

    MAKLUMAT PELAYANAN

    • Standar & Maklumat Pelayanan
    • Jam Kerja Pelayanan
    • Fasilitas Publik
    • SOP Pelayanan Publik
    • Pelayanan Terpadu Satu Pintu
    • SIPPN MENPAN

    INFORMASI

    • Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi
    • Hak-Hak Pemohon Informasi
    • Prosedur Keberatan Atas Permintaan Informasi
    • Biaya Memperoleh Informasi
    • Formulir Permintaan Informasi
    • Laporan Akses Informasi

    PENGADUAN

    • SIWAS MA RI
    • Prosedur Pengaduan
    • Hak-Hak Pelapor dan Terlapor
    • Laporan Rekapitulasi Pengaduan

    KODE ETIK & PENGAWASAN

    • Pedoman Pengawasan
    • Kode Etik Hakim
    • Daftar Nama Pejabat Pengawas
    • Hukuman Disiplin Hasil Pengawasan
    • Putusan Majelis Kehormatan Hakim
    • Prosedur Evakuasi
  • PUBLIKASI
    • Arsip Berita
    • Arsip Pengumuman
    • Arsip File-File Multimedia
    • Arsip Hasil Penelitian
    • Arsip MoU
    • Regulasi / Aturan
    • Arsip Artikel
  • INFO LAINNYA
    • Statistik Kunjungan Website
    • Tautan Terkait
    • Ucapan Selamat / Duka Cita
    • Tautan Situs Sosial Media
 
  1. PUBLIKASI
  2. Arsip Berita
  3. Monev Kinerja PA Kota Madiun Bulan Juni 2024 |03-07-2024|
Details
Category: BERITA SEPUTAR PENGADILAN
03.Jul
03 July 2024
Hits: 1997

Monev Kinerja PA Kota Madiun Bulan Juni 2024 |03-07-2024|

MONEV KINERJA PA KOTA MADIUN BULAN JUNI 2024

twibonepGTGTHTHYHa2-d9e2dYJUJUYJUYdd7-1341-4577-8d8e-4cb9GTGG15418349.jpg

PA Kota Madiun kembali menggelar rapat Dinas Monev (Monitoring dan Evaluasi) kinerja bulanan pada Rabu, (3/7/2024). Rapat dinas yang merupakan agenda rutin bulanan kali ini adalah monev kinerja bulan bulan Juni 2024. Rapat berlangsung di Aula PA Kota Madiun pukul 14.30 WIB dengan dipimpin oleh Ketua PA Kota Madiun Dr. H. Sofyan Zefri, S.H.I., M.S.I.  dan dihadiri oleh Wakil Ketua PA Kota Madiun Imam Safi’I, S.H.I., M.H., segenap Hakim, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional, seluruh ASN, PPPK , CPNS serta PPNPN PA Kota Madiun.

Rapat dibuka oleh Wakil Ketua PA Kota Madiun Imam Safi'i, S.H.I., M.H., dalam mengawali sambutannya beliau mengucapkan syukur Alhamdulillah dapat berkumpul melaksanakan rapat dinas monev bulanan dalam keadaan sehat dan terus bekerja memberikan kinerja terbaik bagi satker PA Kota Madiun. Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa rapat kali ini adalah monev kinerja bulan Juni 2024 yang dilaksanakan dalam rangka memonitoring dan mengevaluasi kinerja dalam melaksanakan tupoksi dan selama bulan Juni 2024  yang dimana ada beberapa hal perlu dipertahankan dan harus diperbaiki serta ditingkatkan kembali agar kinerja lebih efektif dan efisien. Dan untuk mengawali monev kinerja bulan Juni diberikan kesempatan kepada Panitera dan Sekretaris untuk menyampaian laporan kinerja bulan Juni 2024 dan tindak lanjut dari rapat sebelumnya pada masing-masing Bidang Kepaniteraan dan Kesekretariatan."

twiboneLIULIULpa2-b29b776e-ILILLIOLOILYOILOfa47-4318-a513-be57LLIL06520a1c.jpg

Dalam laporan Panitera PA Kota Madiun yang diwakili oleh Panmud Hukum Suryana, S.H.I. menyampaikan hasil rapat evaluasi kinerja bulan  Juni  bidang Kepaniteraan PA Kota Madiun, bahwa tupoksi dari masing-masing Panitera Muda  dari Panitera Muda Gugatan, Panitera Muda Permohonan dan Panitera Muda Hukum selama bulan Juni berjalan dengan lancar tidak ada kendala baik pendaftaran perkara secara manual maupun e- Court, perkara eksekusi, jadwal pelaksanaan eksekusi, perkara Kasasi, Peninjauan Kembali, TLHP Hawasbid PA Kota Madiun Triwulan II Tahun 2024 bidang administrasi persidangan, perkara permohonan dan perkara gugatan, laporan mediasi, laporan delegasi relaas masuk dan keluar, Jurusan berjalan dengan lancar, laporan PTSP terkait pengguna inovasi aplikasi Silandep dan Bluder, pendaftaran kuasa, pengambilan produk salinan putusan dan Akta Cerai, upaya peningkatan layanan gugatan mandiri dan perkara prodeo. Diakhir laporan menyampaikan terkait hasil pelaksanan sidang terpadu Tahap II Tahun 2024. Dalam kesempatan ini pula Panmud Gugatan Sigit Apriluberta, S.H. menambahkan terkait upload BAS, Dirput, dan temuan Hawasbid Triwulan II Tahun 2024.

Selanjutnya Wakil Ketua Imam Safi'i, S.H.I., M.H. menanggapi terkait BAS untuk segera melakukan perbaikan dan untuk TLHP Hawasbid Triwulan II Tahun 2024 segera diselesaikan dengan Koordinasi dan komunikasi sebaik mungkin. Disamping itu juga menekankan untuk percepatan penyelesaikan perkara diharapkan tidak terdapat sisa perkara di tahun ini.

twibonepa2-cc896b6IIOILI8-a09IIa-409e-8IOIOIOIIOcb6-86446eL90cf5c.jpg

Beralih ke laporan Sekretaris PA Kota Madiun yang diwakili oleh Kasubbag Umum dan Keuangan Juminem, S.H., M.Hum. menyampaikan hasil monev bidang Kesekretariatan bulan Juni, meliputi: hasil Ujian Dinas Elektronik (e-Exam) pada Mahkamah Agung RI tahun 2024, yaitu: Analis Perkara Peradilan PA Kota Madiun Herdiyan Nurahma Purnamawati, S.H., M.H. dinyatakan lulus, pengajuan kenaikan pangkat per 1 Agustus 2024, Untuk Kasubbag Umum dan Keuangan PA Kota Madiun Juminem, S.H., M.Hum. telah mengikuti Pelatihan SPIP Integratif Gelombang II Tahun 2024 dan Hakim Nova Sri Wahyuning Tyas, S.H.I., M.H. juga telah mengikuti diklat dan akan segera dilaksanakan sosialisasi hasil masing-masing diklat tersebut. Kemudian  salah satu satpam telah selesai melaksanakan diklat Gada Pratama jadi total satpamPA Kota Madiun  yang telah memiliki sertifikat Gada Pratama sebanyak 3 (tiga) orang, validasi data kepegawaian CPNS melalui SIMTEPA sudah 100% dan monev data SIKEP telah dilaksanakan dengan baik serta perizinan cuti berjalan dengan lancar. Disampaikan pula Nilai IKPA DIPA 01 BUA MA RI 100 % dan DIPA 04 Badilag 92,02 % beserta penyerapan anggarannya, proses penyusunan pagu DIPA Indikatif 2025 sesuai matrik yang telah ditentukan, inovasi aplikasi e-Taman dan e-Dayoh PA Kota Madiun, notifikasi jadwal sidang, Inovasi aplikasi Manco PA Kota Madiun serta membahas TLHP Hawasbid PA Kota Madiun Triwulan II Tahun 2024. Untuk hasil kegiatan asistensi penyusunan laporan keuangan dan Laporan BMN Semester I Tahun 2024 Koordinator wilayah Jawa Timur di Pengadilan Tinggi Surabaya 25 s.d 27 Juni 2024 bahwa secara umum PA Kota Madiun tidak ada temuan dan diharapkan kedepannya tetap konsisten. Yang terkahir terkait kebersihan, pemeliharaan sarana dan prasarana, kerapian penataan ruang pelayanan publik maupun ruang kerja serta jadwal kerja satpam.

Sekretaris PA Kota Madiun Onis Nur Islahi, S.Sos., M.M. menambahkan  menekankan kembali penguatan fungsi dan tugas pokok petugas cleaning service PA Kota Madiun agar lebih ditingkatkan lagi dalam kebersihan dan merawat sarpras demi memberikan kenyamanan  masyarakat pencari keadilan di PA Kota Madiun. Selanjutnya untuk menjaga kebersihan dan kerapian merupakan tanggung jawab semua aparatur PA Kota Madiun.

Wakil Ketua PA Kota Madiun Imam Safi'i, S.H.I., M.H. dalam menanggapi laporan Bidang Kesekretariatan dan menghimbau kepada seluruh aparatur PA Kota Madiun untuk senantiasa menjaga kedisiplinan kerja dan mengimplementasikan 5R ( Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin) kemudian meningkatkan tugas pokok dan fungsi cleaning service dan menjaga koordinasi serta komunikasi dengan baik untuk meningkatkan keberhasilan kantor demi kepentingan kantor PA Kota Madiun tercinta.

twibonepa2L.L.L.-18081a03c5-40c3-9dbd-d028bc350.jpg

 

Setelah diberikan arahan oleh Sekretaris dan Wakil Ketua PA Kota Madiun, dilanjutkan dengan pembinaan oleh Ketua PA Kota Madiun Dr. H. Sofyan Zefri, S.H.I., M.S.I. bahwa seluruh aparatur PA Kota Madiun harus melaksanakan instruksi-instruksi yang telah disampaikan terkait kedisiplinan kerja dan menjaga kenyamanan kantor PA Kota Madiun demi melayani masyarakat pencari keadilan. Dari apa yang telah disampaikan, maka rasa kepemilikan kantor itu sangat penting. Jika telah mempunyai rasa kepemilikan sehingga kita pun bekerja dengan passion kita dan akan menghasilkan pekerjaan yang maksimal. Maka prinsip 5R sudah masuk dalam rangkaian kinerja kita. Dan seluruh aparatur PA Kota Madiun diharapkan selalu berupaya bersama membuat lingkungan kerja yang nyaman, denan kebersihan yang melekat dengan kenyamanan para pencari keadilan dengan mengimplementasikan 5R dala bekerja sehari-hari.

Selanjutnya beliau mengingatkan kembali kepada seluruh aparatur PA Kota Madiun untuk menjaga kinerja, wibawa dan etika kerja dengan baik yang berhubungan dengan melaksanakan Perma No. 7,8 dan 9 tahun 2016 tentang penegakan disiplin kinerja Hakim, Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung, Pedoman penangan pengaduan whistleblowing system Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Dibawahnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan melaksanakan tupoksi masing-masing baik dari Hakim dalam melaksanakan persidangan, Panitera, Sekretaris, ASN dan dan seterusnya masing-masing aparatur dengan berkomitmen yang tinggi menjaga moralitas dan integritas serta meningkatkan performa kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan di PA Kota Madiun.  Termasuk senantiasa membuat lingkungan kerja yang kondusif dan nyaman yang tidak terlupakan. Dan segenap pimpinan PA Kota Madiun selalu berupaya untuk menjadi Role Model terbaik bagi seluruh aparatur PA Kota Madiun dimana Ketua sebagai Role Model Motivator, Inovator dan Kreativitas yang Visioner dan Inspiratif, Wakil Ketua sebagai Role Model Peningkatan Pengetahuan dan Keahlian Teknologi Informasi yang Visioner dan Inspiratif, Panitera sebagai Role Model Peningkatan Akurasi dan Percepatan Penyelesaian Tugas yang Visioner dan Inspiratif, dan Sekretaris sebagai Role Model Peningkatan Profesionalisme, Akuntabilitas dan Transparansi yang Visioner dan Inspiratif.

“Sebagai lembaga peradilan di Bawah Mahkamah Agung RI kita harus melaksanakan tupoksi sesuai dengan Analis Jabatan yang terukur sehingga semua berjalan dengan sistem kerja yang terukur dan  sehingga ada monev bulanan ini bertujuan meningkatkan sistem kerja yang baik dan syukur Alhamdulillah rapat dinas yang merupakan kegiatan rutin setiap bulan untuk memonitoring dan mengevaluasi menjadi proses menuju kearah yang lebih baik dan menemukan ide-ide inovasi serta menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan tupoksi sehari-hari  dalam rangka peningkatan kinerja.” tutur Dr. H. Sofyan Zefri, S.H.I., M.S.I.

Dalam kesempatan ini Ketua PA Kota Madiun mengungkapkan syukur Alhamdulillah rapat dinas yang merupakan kegiatan rutin setiap bulan ini ada beberapa hal evaluasi bulan sebelumnya telah ditindaklanjuti dengan baik. Monev ini pun menjadi suatu proses menuju kearah yang lebih baik dan menemukan ide-ide inovasi serta menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan tupoksi sehari-hari untuk peningkatan kinerja. kemudian beliau menanggapi laporan dari masing-masing Bidang Kepaniteraan dan Kesekretariatan, diantaranya: TLHP Hawasbid Triwulan II PA Kota Madiun, Inovasi salah satunya siaran radio yang menjadi wadah meningkatkan potensi dimiliki melalui siaran radio kedepannya akan dilaksanakan 2 kali dalam satu bulan. Untuk evaluasi masing-masing inovasi aplikasi akan dilaksanakan khusus, jadwal jum’at diakhir bulan dan laporan-laporan yang trouble untuk segera ditindak lanjuti serta hasil Hawasbid Triwulan II Tahun 2024 PA Kota Madiun segera dikoordinasikan dan diselesaikan sebaik mungkin.

Diakhir pembinaannya, Ketua PA Kota Madiun berpesan kepada seluruh aparatur PA Kota Madiun untuk meningkatkan kemampuan potensi yang telah dimiliki untuk berbagai ilmu dan berperan aktif memberikan kinerja terbaik kepada satker PA Kota Madiun tercinta dan menyelesaikan target-target sesuai yang telah ditentukan pada 5 Juli 2024.

twibon-c03fa8a-50tgrgerhytjuyjy.4c9e-8bd6-91e1569.IO.e30b.jpg

 

 

Sementara itu, diakhir rapat Wakil Ketua PA Kota Madiun Imam Safi'i, S.H.I., M.H. memberikan pembinaan dengan menekankan kembali penguatan Pembangunan Zona Integitas tahun 2024 seluruh aparatur PA Kota Madiun agar saling bahu-membahu dalam mensukseskan Pembangunan ZI menuju WBK karena dalam Surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor: 1018/DJA/OT1/V/2024 tanggal 15 Mei 2024 perihal usul Calon Unit Kerja Berpredikat Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di Lingkungan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama,  PA Kota Madiun termasuk dalam salah satu satker Peradilan Agama yang diusulkan memperoleh predikat WBK tahun 2024. Maka terkait pengusulan pembangunan Zona Integritas tersebut, pada setiap tahapannya merupakan tanggung jawab bersama seluruh aparatur PA Kota Madiun untuk memperjuangkan tercapainya predikat WBK. Dan diharapkan menjaga kekompakan yang telah terjalin untuk mensukseskan Pembangunan Zona Integritas tahun 2024 karena ini merupakan tanggung jawab semua warga PA Kota Madiun tanpa terkecuali yang juga sebagai wujud upaya kinerja terbaik seluruh aparatur PA Kota Madiun dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Selanjutnya beliau membahas terkait pendampingan Pembangunan Zona Integritas satker yang diusulkan WBK (Wilayah Bebas Korupsi) Tahun 2024 di Lingkungan Peradilan Agama secara daring pada Senin, 24 Juni 2024, yang dimana satuan kerja yang diusulkan untuk memperoleh predikat menuju WBK sesuai Surat Sekretaris Mahkamah Agung Nomor:3012/SEK/OT1/V/2024 tanggal 30 Mei 2024 Hal Pengajuan Usulan Calon Unit Kerja Berpredikat Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) untuk Evaluasi Mandiri, diminta agar segera melakukan penginputan LKE Manual dan Data Dukung melalui tautan bit.ly/PenyampaianDokumenWBK2024 paling lambat tanggal 5 Juli 2024. Adapun format LKE Manual (dalam format file excel) dan Data Dukung (dalam format  pdf.) dapat diunduh pada tautan bit.ly/FormatDokumenWBK2024.

Alhamdulillah rapat monev kinerja bulan Juni 2024 berjalan dengan lancar, dan ditutup oleh Ketua PA Kota Madiun Dr. H. Sofyan Zefri, S.H.I., M.S.I. dengan berdo’a bersama dan berharap agar seluruh aparatur PA Kota Madiun tetap semangat meningkatkan loyalitas kerja, menjaga kekompakan dan koordinasi dalam memberikan kinerja terbaik dengan selalu memberikan pelayanan super prima yang berkualitas kepada masyarakat pencari keadilan di PA Kota Madiun serta mewujudkan tercapainya predikat WBK PA Kota Madiun Tahun 2024. Semoga segala yang telah kita laksanakan mendapatkan Ridho Allah SWT. Aamiin Yaa Rabbal Alaamiin.

Hubungi Kami

 

0851-2960-5370

Kode POS (63125)

Email Perkara :

 kepaniteraan@pa-kotamadiun.go.id

Email Umum :

 kesekretariatan@pa-kotamadiun.go.id

location.png  Lokasi Kantor 

Ikuti Kami di

         

Tautan Web

 

Mahkamah Agung RI 

Kepaniteraan MA RI 

Badan Pengawasan MA RI

Ditjen Badilag 

Direktori Putusan MA-RI 

JDIH Mahkamah Agung

PTA Surabaya

JDIH Mahkamah Agung

SIPPN Menpan

Kerjasama

    

 

Statistik Pengunjung

Jam Pelayanan

Pendaftaran Perkara Offline

Senin-Jumat : 08.00 - 12.00 WIB

Pelayanan PTSP

Senin-Kamis : 08.00 - 15.00 WIB

Jumat : 07.30 - 15.00

Istirahat : 12.00 - 13.00

Persidangan

Senin-Kamis : 09.00 - Selesai

 

.

Untuk Bulan Ramadhan

Senin - Kamis

Jam Kerja : 08.00 - 15.00 WIB

Jam Istirahat :12.00 -12.30 WIB

Jum'at

Jam Kerja : 08.00 - 15.30 WIB

Jam Istirahat :11.30 -12.30 WIB

SABTU DAN MINGGU LIBUR

 

Copy Right © 2024. Pengadilan Agama Kota Madiun V.0.4

cctv gif

Duta layanan