HEADER_WBK_oke_oke_oke.png

  • Home
  • PROFIL PENGADILAN

    Pengantar Ketua & Visi-Misi Pengadilan

    • Pengantar Ketua Pengadilan
    • Visi Pengadilan
    • Misi Pengadilan

    Tugas Pokok dan Fungsi Pengadilan

    • Tugas Pokok Pengadilan
    • Fungsi Pengadilan

    Wilayah Yurisdiksi

    • Yurisdiksi
    • Peta Wilayah Yurisdiksi

    Struktur Organisasi & Sejarah Pengadilan

    • Struktur Organisasi
    • Sejarah Pengadilan

    Lainnya

    • Nama Para Mantan Pimpinan dan Masa Jabatannya
    • Agenda / Jadwal Kegiatan Satuan Kerja
    • Alamat dan Kontak Pengadilan
  • INFORMASI UMUM
    • Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengadilan
    • Program Kerja Tahunan
    • Laporan Tahunan
  • KEPANITERAAN

    Administrasi Perkara

    • Sistem Informasi Penelusuran Perkara
    • Panduan e-Court
    • Direktori Putusan
    • Pedoman Pengelolaan Kepaniteraan

    Prosedur Berperkara

    • Prosedur Berperkara Tingkat Pertama
    • Prosedur Berperkara Tingkat Banding
    • Prosedur Berperkara Kasasi
    • Prosedur Berperkara Peninjauan Kembali
    • Prosedur Pengambilan Produk Pengadilan
    • Prosedur Berperkara Gugatan Sederhana

    HAK-HAK PARA PIHAK

    • Hak-Hak Para Pencari Keadilan
    • Hak-hak Pokok Dalam Proses Persidangan
    • Tata Tertib Persidangan
    • Agenda /Jadwal Persidangan
    • Prosedur Mediasi
    • Daftar Nama Mediator

    BIAYA PERKARA

    • Statistik perkara
    • Daftar Panggilan Ghaib
    • Delegasi / Tabayun
    • Rincian Biaya Proses Berperkara
    • Rincian Biaya Hak-Hak Kepaniteraan
    • Rincian Radius Biaya Panggilan per Kecamatan
    • Laporan Penggunaan Biaya Perkara
    • Laporan Pengembalian Sisa Panjar Perkara

    POSBAKUM

    • Keberadaan Posbakum
    • Penerima Jasa Pos Bantuan Hukum
    • Jenis Jasa Hukum Yang dilayani
    • Syarat-syarat dan Mekanisme
    • Dasar Aturan Tentang Pos Bantuan Hukum

    BERPERKARA TANPA BIAYA (Prodeo)

    • Syarat-syarat Berperkara Prodeo
    • Prosedur Berperkara Prodeo
    • Rincian Biaya Prodeo Yang dibebankan ke Negara
  • KESEKRETARIATAN

    KEPEGAWAIAN

    • Profil Pejabat dan Pegawai
    • Profil PPNPN
    • Statistik Jumlah Pegawai
    • LHKPN
    • LHKASN

    UMUM & KEUANGAN

    • DIPA
    • Laporan Realisasi Anggaran
    • Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
    • Neraca Keuangan
    • Realisasi PNBP
    • Asset dan Inventaris
    • Pengadaan Barang dan Jasa

    PELAPORAN

    • Rencana Strategis (Renstra)
    • Penghargaan
    • Rencana Kinerja Tahunan
    • Rencana Aksi Kinerja
    • Perjanjian Kinerja
    • IKU dan Reviu IKU
    • LKjIP
    • Pedoman Pengelolaan Kesekretariatan
    • Unit Pelaksana Teknis Kesekretariatan
    • Statistik Jumlah Pengunjung Website
  • LAYANAN PUBLIK

    MAKLUMAT PELAYANAN

    • Standar & Maklumat Pelayanan
    • Jam Kerja Pelayanan
    • Fasilitas Publik
    • SOP Pelayanan Publik
    • Pelayanan Terpadu Satu Pintu
    • SIPPN MENPAN

    INFORMASI

    • Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi
    • Hak-Hak Pemohon Informasi
    • Prosedur Keberatan Atas Permintaan Informasi
    • Biaya Memperoleh Informasi
    • Formulir Permintaan Informasi
    • Laporan Akses Informasi

    PENGADUAN

    • SIWAS MA RI
    • Prosedur Pengaduan
    • Hak-Hak Pelapor dan Terlapor
    • Laporan Rekapitulasi Pengaduan

    KODE ETIK & PENGAWASAN

    • Pedoman Pengawasan
    • Kode Etik Hakim
    • Daftar Nama Pejabat Pengawas
    • Hukuman Disiplin Hasil Pengawasan
    • Putusan Majelis Kehormatan Hakim
    • Prosedur Evakuasi
  • PUBLIKASI
    • Arsip Berita
    • Arsip Pengumuman
    • Arsip File-File Multimedia
    • Arsip Hasil Penelitian
    • Arsip MoU
    • Regulasi / Aturan
    • Arsip Artikel
  • INFO LAINNYA
    • Statistik Kunjungan Website
    • Tautan Terkait
    • Ucapan Selamat / Duka Cita
    • Tautan Situs Sosial Media
 
  1. PUBLIKASI
  2. Arsip Berita
  3. Monev Kinerja Kepaniteraan November 2025, “Evaluasi Kinerja dan Penguatan Layanan Peradilan” |02-12-2025|
Details
Category: BERITA SEPUTAR PENGADILAN
02.Dec
02 December 2025
Hits: 71

Monev Kinerja Kepaniteraan November 2025, “Evaluasi Kinerja dan Penguatan Layanan Peradilan” |02-12-2025|

MONEV KINERJA KEPANITERAAN NOVEMBER 2025, “EVALUASI KINERJA DAN PENGUATAN  LAYANAN PERADILAN”
pakotamaig-2b714O1a-3c14OHGGJ-4e7e-93dc-33f664aeabcd.jpg

Pengadilan Agama (PA) Kota Madiun melaksanakan Rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kinerja Bidang Kepaniteraan bulan November 2025 pada Selasa, (2/12/2025). Rapat yang dipimpin oleh Panitera PA Kota Madiun, Lucky Aziz Hakim, S.H.I., M.H., tersebut digelar di ruang kerja Kepaniteraan PA Kota Madiun pada pukul 08.30 WIB, serta dihadiri oleh para Panitera Muda, Panitera Pengganti, Jurusita, Pengelola Perkara, Klerek–Analis Perkara Peradilan, PPPK, CPNS, dan petugas PTSL PA Kota Madiun.

Dalam sambutannya, Panitera PA Kota Madiun menyampaikan rasa syukur karena rapat dapat terlaksana dengan baik. Beliau menjelaskan bahwa monev bulanan ini merupakan agenda rutin untuk meninjau pelaksanaan kinerja Kepaniteraan selama bulan November 2025, sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan. Sebelum memasuki agenda utama, beliau memberi kesempatan kepada para Panitera Muda untuk menyampaikan laporan kinerja masing-masing bidang.

pakotamaig-ce53NGNHJHYJJ22ec-8a89-475f-8911-a2e418a0be0a.jpg

Panitera Muda Gugatan  Sigit Apriliberta, S.H. pada kesempatan yang diberikan Melaporkan terkait perkara eksekusi, perkara kasasi, gugatan mandiri, serta perkara gugatan masuk selama bulan November yang seluruhnya mencapai persentase 100% melalui layanan e-Court. Panitera Muda Permohonan Wiwin Sukristiana, S.H., M.H. melaporkan bahwa seluruh tupoksi berjalan lancar dan pendaftaran perkara permohonan bulan November 2025 tercatat 100% melalui e-Court. Sementara itu, Panitera Muda Hukum  Suryana, S.H.I. melaporkan bahwa seluruh perkara, baik gugatan maupun permohonan, telah terdaftar 100% secara e-Court. Produk Akta Cerai dan permintaan salinan putusan berjalan lancar. Laporan Mediasi bulan Desember, termasuk perkara berhasil sebagian, dicabut, maupun tidak berhasil, tercatat dengan baik. Selain itu, delegasi masuk dan keluar, relaas lokal, serta panggilan perkara seluruhnya berjalan sesuai prosedur.

pakotamaig-c75cf8b0-8b98-436aVGGFHBG-aaccJJ-1d0601f66c9d.jpg

pakotamaig-cad10610-LLccf8-484e-8d66-bbe2036022b7.jpg

Laporan dari Jurusita, menyampaikan bahwa seluruh tugas pokok berjalan baik. Petugas PTSL juga menyampaikan bahwa penggunaan inovasi aplikasi pelayanan Bluder dan Silandep PA Kota Madiun berjalan lancar. Sementara itu, Kasir PA Kota Madiun melaporkan bahwa penggunaan PSP Online bulan ini mencapai 100%.  Selanjutnya dalam sesi diskusi, seluruh tim Kepaniteraan diberikan kesempatan untuk menyampaikan kendala yang dihadapi pada masing-masing bagian. Rapat ini menjadi sarana bersama untuk meninjau pelaksanaan tugas, mengidentifikasi hambatan, serta merumuskan langkah strategis guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan di PA Kota Madiun. Selain membahas capaian kinerja bulan November, Panitera PA Kota Madiun menekankan bahwa monev bulanan merupakan forum strategis untuk: Meninjau capaian kinerja secara objektif, Mengevaluasi kendala teknis maupun administratif,  Menyusun strategi perbaikan berkelanjutan, Menguatkan koordinasi dan komunikasi internal.

Evaluasi bulanan ini juga menjadi forum komunikasi internal agar koordinasi antar pegawai lebih solid dan terarah. Dalam kesempatan ini pula, memberikan apresiasi kinerja tim Kepaniteraan untuk presentase e-Court bulan ini sekaligus memberikan pembinaan sejumlah arahan strategis yang harus segera ditindaklanjuti.  Salah satu poin penting yang dibahas adalah peningkatan kinerja di kepaniteraan seiring dengan adanya penambahan Sumber Daya Manusia (SDM). Dengan bertambahnya personel, diharapkan proses pelayanan perkara dapat berjalan lebih optimal, cepat, dan akurat. Tim Kepaniteraan diharapkan menjaga kedisiplinan sesuai peraturan absensi SIKEP Mahkamah Agung, memahami kembali pembagian tugas masing-masing, serta melaksanakan tugas sesuai ketentuan Jobdesk.  Selanjutnya Ketertiban Administrasi Penyelesaian Perkara,  Pengawasan lebih diperketat terhadap: Laporan penyelesaian perkara pada SIPP internal, e-Court, dan e-Monitoring. Ketepatan Pengisian Posita dan Sinkronisasi Data serta memastikan sinkronisasi data antara SIPP dan ABT. Peningkatkan transparansi dan akuntabel pembayaran PNBP EAC dan salinan putusan. Kepatuhan Panitera Muda dan Panitera Pengganti untuk mengunggah Berita Acara Sidang (BAS) pada hari yang sama dengan tanggal persidangan atau putusan.

Melalui Monev ini, Panitera PA Kota Madiun berharap seluruh aparatur Kepaniteraan dapat meningkatkan profesionalisme, ketertiban administrasi, serta kualitas layanan kepada masyarakat pencari keadilan. Dengan kerja sama yang solid dan komitmen yang kuat, PA Kota Madiun diharapkan mampu memberikan pelayanan yang semakin efektif, efisien, dan berintegritas.

Hubungi Kami

 

0851-2960-5370

Kode POS (63125)

Email Perkara :

 kepaniteraan@pa-kotamadiun.go.id

Email Umum :

 kesekretariatan@pa-kotamadiun.go.id

location.png  Lokasi Kantor 

Ikuti Kami di

         

Tautan Web

 

Mahkamah Agung RI 

Kepaniteraan MA RI 

Badan Pengawasan MA RI

Ditjen Badilag 

Direktori Putusan MA-RI 

JDIH Mahkamah Agung

PTA Surabaya

JDIH Mahkamah Agung

SIPPN Menpan

Kerjasama

    

 

Statistik Pengunjung

Jam Pelayanan

Pendaftaran Perkara Offline

Senin-Jumat : 08.00 - 12.00 WIB

Pelayanan PTSP

Senin-Kamis : 08.00 - 15.00 WIB

Jumat : 07.30 - 15.00

Istirahat : 12.00 - 13.00

Persidangan

Senin-Kamis : 09.00 - Selesai

 

.

Untuk Bulan Ramadhan

Senin - Kamis

Jam Kerja : 08.00 - 15.00 WIB

Jam Istirahat :12.00 -12.30 WIB

Jum'at

Jam Kerja : 08.00 - 15.30 WIB

Jam Istirahat :11.30 -12.30 WIB

SABTU DAN MINGGU LIBUR

 

Copy Right © 2024. Pengadilan Agama Kota Madiun V.0.4

cctv gif

Duta layanan