HEADER_WBK_oke_oke_oke.png

  • Home
  • PROFIL PENGADILAN

    Pengantar Ketua & Visi-Misi Pengadilan

    • Pengantar Ketua Pengadilan
    • Visi Pengadilan
    • Misi Pengadilan

    Tugas Pokok dan Fungsi Pengadilan

    • Tugas Pokok Pengadilan
    • Fungsi Pengadilan

    Wilayah Yurisdiksi

    • Yurisdiksi
    • Peta Wilayah Yurisdiksi

    Struktur Organisasi & Sejarah Pengadilan

    • Struktur Organisasi
    • Sejarah Pengadilan

    Lainnya

    • Nama Para Mantan Pimpinan dan Masa Jabatannya
    • Agenda / Jadwal Kegiatan Satuan Kerja
    • Alamat dan Kontak Pengadilan
  • INFORMASI UMUM
    • Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengadilan
    • Program Kerja Tahunan
    • Laporan Tahunan
  • KEPANITERAAN

    Administrasi Perkara

    • Sistem Informasi Penelusuran Perkara
    • Panduan e-Court
    • Direktori Putusan
    • Pedoman Pengelolaan Kepaniteraan

    Prosedur Berperkara

    • Prosedur Berperkara Tingkat Pertama
    • Prosedur Berperkara Tingkat Banding
    • Prosedur Berperkara Kasasi
    • Prosedur Berperkara Peninjauan Kembali
    • Prosedur Pengambilan Produk Pengadilan
    • Prosedur Berperkara Gugatan Sederhana

    HAK-HAK PARA PIHAK

    • Hak-Hak Para Pencari Keadilan
    • Hak-hak Pokok Dalam Proses Persidangan
    • Tata Tertib Persidangan
    • Agenda /Jadwal Persidangan
    • Prosedur Mediasi
    • Daftar Nama Mediator

    BIAYA PERKARA

    • Statistik perkara
    • Daftar Panggilan Ghaib
    • Delegasi / Tabayun
    • Rincian Biaya Proses Berperkara
    • Rincian Biaya Hak-Hak Kepaniteraan
    • Rincian Radius Biaya Panggilan per Kecamatan
    • Laporan Penggunaan Biaya Perkara
    • Laporan Pengembalian Sisa Panjar Perkara

    POSBAKUM

    • Keberadaan Posbakum
    • Penerima Jasa Pos Bantuan Hukum
    • Jenis Jasa Hukum Yang dilayani
    • Syarat-syarat dan Mekanisme
    • Dasar Aturan Tentang Pos Bantuan Hukum

    BERPERKARA TANPA BIAYA (Prodeo)

    • Syarat-syarat Berperkara Prodeo
    • Prosedur Berperkara Prodeo
    • Rincian Biaya Prodeo Yang dibebankan ke Negara
  • KESEKRETARIATAN

    KEPEGAWAIAN

    • Profil Pejabat dan Pegawai
    • Profil PPNPN
    • Statistik Jumlah Pegawai
    • LHKPN
    • LHKASN

    UMUM & KEUANGAN

    • DIPA
    • Laporan Realisasi Anggaran
    • Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
    • Neraca Keuangan
    • Realisasi PNBP
    • Asset dan Inventaris
    • Pengadaan Barang dan Jasa

    PELAPORAN

    • Rencana Strategis (Renstra)
    • Penghargaan
    • Rencana Kinerja Tahunan
    • Rencana Aksi Kinerja
    • Perjanjian Kinerja
    • IKU dan Reviu IKU
    • LKjIP
    • Pedoman Pengelolaan Kesekretariatan
    • Unit Pelaksana Teknis Kesekretariatan
    • Statistik Jumlah Pengunjung Website
  • LAYANAN PUBLIK

    MAKLUMAT PELAYANAN

    • Standar & Maklumat Pelayanan
    • Jam Kerja Pelayanan
    • Fasilitas Publik
    • SOP Pelayanan Publik
    • Pelayanan Terpadu Satu Pintu
    • SIPPN MENPAN

    INFORMASI

    • Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi
    • Hak-Hak Pemohon Informasi
    • Prosedur Keberatan Atas Permintaan Informasi
    • Biaya Memperoleh Informasi
    • Formulir Permintaan Informasi
    • Laporan Akses Informasi

    PENGADUAN

    • SIWAS MA RI
    • Prosedur Pengaduan
    • Hak-Hak Pelapor dan Terlapor
    • Laporan Rekapitulasi Pengaduan

    KODE ETIK & PENGAWASAN

    • Pedoman Pengawasan
    • Kode Etik Hakim
    • Daftar Nama Pejabat Pengawas
    • Hukuman Disiplin Hasil Pengawasan
    • Putusan Majelis Kehormatan Hakim
    • Prosedur Evakuasi
  • PUBLIKASI
    • Arsip Berita
    • Arsip Pengumuman
    • Arsip File-File Multimedia
    • Arsip Hasil Penelitian
    • Arsip MoU
    • Regulasi / Aturan
    • Arsip Artikel
  • INFO LAINNYA
    • Statistik Kunjungan Website
    • Tautan Terkait
    • Ucapan Selamat / Duka Cita
    • Tautan Situs Sosial Media
 
  1. PUBLIKASI
  2. Arsip Berita
  3. Ikuti Sosialisasi Penerbitan Salinan Putusan dan Akta Cerai Elektronik, PA Kota Madiun Dukung Digitalisasi Layanan Peradilan |01-07-2025|
Details
Category: BERITA SEPUTAR PENGADILAN
01.Jul
01 July 2025
Hits: 2830

Ikuti Sosialisasi Penerbitan Salinan Putusan dan Akta Cerai Elektronik, PA Kota Madiun Dukung Digitalisasi Layanan Peradilan |01-07-2025|

IKUTI SOSIALISASI PENERBITAN SALINAN PUTUSAN DAN AKTA CERAI ELEKTRONIK, PA KOTA MADIUN DUKUNG DIGITALISASI LAYANAN PERADILAN

pakotamaig-db0107b8-b819-448bnhgjgdhhh-8a60-c25b49c8f48d.jpg

Wakil Ketua PA Kota Madiun Imam Safi’I, S.H.I., M.H. bersama Panitera Muda Gugatan Sigit Apriluberta, S.H., Klerek- Analis Perkara Peradilan Feri Ayu Andriati, S.H. dan petugas PTSP serta Admin IT PA Kota Madiun mengikuti secara daring  melalui zoom meeting Sosialisasi Penerbitan Salinan Putusan dan Akta Cerai di Lingkungan Peradilan Agama secara Elektronik pada Selasa, (1/7/2025).

pakotamaig-8bbmme967c-ce3hhgm5-4b8dmm-9bce-7ae1e9d64f82.jpg

Sosialisasi yang diselenggarakan oleh Ditjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI secara daring pukul 09.30 WIB diikuti oleh Pengadilan Agama Tingkat Banding dan Pengadilan Agama Tingkat Pertama diseluruh Indonesia melalui aplikasi zoom meeting di Commad Center/ Media Center satuan kerja masing-masing. Kegiatan diawali  dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung RI dilanjutkan dengan pembacaan do’a.

pakotamaig-bb76b0d6-d261-mm4e32-ammmmhm7f6-93fe6a80ce60.jpg

Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Sutarno, S.I.P., M.M. yang juga sebagai Ketua Panitia dalam sambutannya melaporkan kegiatan ini yang dimana dilatarbelakangi oleh proses penerbitan salput dan Akta Cerai oleh Pengadilan Agama dilaksanakan secara manual dan proses penerbitannya berupa blangko yang seringkali terkendala saat habisnya blangko. Disamping itu disaat tidak adanya pejabat yang berwenang untuk menandatangani dokumen tersebut dan sering adanya pihak kehilangan dokumen serta pemalsuan dokumen menjadi salah satu penyebab perumusan kebijakan penerbitan Akta Cerai dan Salinan Putusan secara elektronik.  Sejalan dengan adanya kendala-kendala tersebut dan dengan dipayungi oleh Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2024 Draft Keputusan Dirrektur Jenderal badan Peradilan Agama tentang penerbitan Akta Cerai dan Salinan Putusan sudah siap diberlakukan di seluruh Peradilan Agama. Kemudian Pengembang Aplikasi EAC (E-Akta Cerai) telah terintegrasi sebagai aplikasi Pendukung SIPP (APS) Versi 3.0. dengan seluruh peradilan di Mahkamah Agung dan telah dilakukan proses uji pengamanan oleh Tim IT terhadap aplikasi tersebut serta telah disosialisasikan dan diuji coba oleh seluruh Pengadilan Agama dan siap digunakan di seluruh Pengadilan Agama. Dalam kesempatan ini juga dilakukan pemutaran video petunjuk langkah-langkah penggunaan aplikasi EAC (E-Akta Cerai).

pakotamaig-a605_dd73_n_n_-4092-4aee-9n_b35-e70cae35d46c.jpg

Sementara itu, dalam sambutan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Drs. H. Muchlis, S.H., M.H. menekankan pentingnya konsultasi mendalam guna memastikan kematangan dan kemanfaatannya penggunaan aplikasi EAC (E-Akta Cerai) serta memastikan aplikasi tersebut telah berfungsi sepenuhnya sehingga dapat diberlakukan secara resmi mulai hari ini 1 Juli 2025. Selanjutnya dengan mengucapkan basmallah pada hari ini, Selasa 1 juli 2025 tentang petunjuk penggunaan aplikasi EAC (E-Akta Cerai)   ditandatangani secara resmi oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Drs. H. Muchlis, S.H., M.H.

Langkah ini merupakan bagian dari transformasi digital yang sedang digencarkan di lingkungan peradilan agama dan PA Kota Madiun mendukung urgensi dari digitalisasi layanan peradilan termasuk penerbitan Akta Cerai  dan Salinan  Putusan secara elektronik tersebut. Harapannya dapat mengimplementasikan dengan baik, mewujudkan proses administrasi menjadi lebih cepat, akurat dan efisien demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan.

Hubungi Kami

 

0851-2960-5370

Kode POS (63125)

Email Perkara :

 kepaniteraan@pa-kotamadiun.go.id

Email Umum :

 kesekretariatan@pa-kotamadiun.go.id

location.png  Lokasi Kantor 

Ikuti Kami di

         

Tautan Web

 

Mahkamah Agung RI 

Kepaniteraan MA RI 

Badan Pengawasan MA RI

Ditjen Badilag 

Direktori Putusan MA-RI 

JDIH Mahkamah Agung

PTA Surabaya

JDIH Mahkamah Agung

SIPPN Menpan

Kerjasama

    

 

Statistik Pengunjung

Jam Pelayanan

Pendaftaran Perkara Offline

Senin-Jumat : 08.00 - 12.00 WIB

Pelayanan PTSP

Senin-Kamis : 08.00 - 15.00 WIB

Jumat : 07.30 - 15.00

Istirahat : 12.00 - 13.00

Persidangan

Senin-Kamis : 09.00 - Selesai

 

.

Untuk Bulan Ramadhan

Senin - Kamis

Jam Kerja : 08.00 - 15.00 WIB

Jam Istirahat :12.00 -12.30 WIB

Jum'at

Jam Kerja : 08.00 - 15.30 WIB

Jam Istirahat :11.30 -12.30 WIB

SABTU DAN MINGGU LIBUR

 

Copy Right © 2024. Pengadilan Agama Kota Madiun V.0.4

cctv gif

Duta layanan