HEADER_WBK_oke_oke_oke.png

  • Home
  • PROFIL PENGADILAN

    Pengantar Ketua & Visi-Misi Pengadilan

    • Pengantar Ketua Pengadilan
    • Visi Pengadilan
    • Misi Pengadilan

    Tugas Pokok dan Fungsi Pengadilan

    • Tugas Pokok Pengadilan
    • Fungsi Pengadilan

    Wilayah Yurisdiksi

    • Yurisdiksi
    • Peta Wilayah Yurisdiksi

    Struktur Organisasi & Sejarah Pengadilan

    • Struktur Organisasi
    • Sejarah Pengadilan

    Lainnya

    • Nama Para Mantan Pimpinan dan Masa Jabatannya
    • Agenda / Jadwal Kegiatan Satuan Kerja
    • Alamat dan Kontak Pengadilan
  • INFORMASI UMUM
    • Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengadilan
    • Program Kerja Tahunan
    • Laporan Tahunan
  • KEPANITERAAN

    Administrasi Perkara

    • Sistem Informasi Penelusuran Perkara
    • Panduan e-Court
    • Direktori Putusan
    • Pedoman Pengelolaan Kepaniteraan

    Prosedur Berperkara

    • Prosedur Berperkara Tingkat Pertama
    • Prosedur Berperkara Tingkat Banding
    • Prosedur Berperkara Kasasi
    • Prosedur Berperkara Peninjauan Kembali
    • Prosedur Pengambilan Produk Pengadilan
    • Prosedur Berperkara Gugatan Sederhana

    HAK-HAK PARA PIHAK

    • Hak-Hak Para Pencari Keadilan
    • Hak-hak Pokok Dalam Proses Persidangan
    • Tata Tertib Persidangan
    • Agenda /Jadwal Persidangan
    • Prosedur Mediasi
    • Daftar Nama Mediator

    BIAYA PERKARA

    • Statistik perkara
    • Daftar Panggilan Ghaib
    • Delegasi / Tabayun
    • Rincian Biaya Proses Berperkara
    • Rincian Biaya Hak-Hak Kepaniteraan
    • Rincian Radius Biaya Panggilan per Kecamatan
    • Laporan Penggunaan Biaya Perkara
    • Laporan Pengembalian Sisa Panjar Perkara

    POSBAKUM

    • Keberadaan Posbakum
    • Penerima Jasa Pos Bantuan Hukum
    • Jenis Jasa Hukum Yang dilayani
    • Syarat-syarat dan Mekanisme
    • Dasar Aturan Tentang Pos Bantuan Hukum

    BERPERKARA TANPA BIAYA (Prodeo)

    • Syarat-syarat Berperkara Prodeo
    • Prosedur Berperkara Prodeo
    • Rincian Biaya Prodeo Yang dibebankan ke Negara
  • KESEKRETARIATAN

    KEPEGAWAIAN

    • Profil Pejabat dan Pegawai
    • Profil PPNPN
    • Statistik Jumlah Pegawai
    • LHKPN
    • LHKASN

    UMUM & KEUANGAN

    • DIPA
    • Laporan Realisasi Anggaran
    • Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
    • Neraca Keuangan
    • Realisasi PNBP
    • Asset dan Inventaris
    • Pengadaan Barang dan Jasa

    PELAPORAN

    • Rencana Strategis (Renstra)
    • Penghargaan
    • Rencana Kinerja Tahunan
    • Rencana Aksi Kinerja
    • Perjanjian Kinerja
    • IKU dan Reviu IKU
    • LKjIP
    • Pedoman Pengelolaan Kesekretariatan
    • Unit Pelaksana Teknis Kesekretariatan
    • Statistik Jumlah Pengunjung Website
  • LAYANAN PUBLIK

    MAKLUMAT PELAYANAN

    • Standar & Maklumat Pelayanan
    • Jam Kerja Pelayanan
    • Fasilitas Publik
    • SOP Pelayanan Publik
    • Pelayanan Terpadu Satu Pintu
    • SIPPN MENPAN

    INFORMASI

    • Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi
    • Hak-Hak Pemohon Informasi
    • Prosedur Keberatan Atas Permintaan Informasi
    • Biaya Memperoleh Informasi
    • Formulir Permintaan Informasi
    • Laporan Akses Informasi

    PENGADUAN

    • SIWAS MA RI
    • Prosedur Pengaduan
    • Hak-Hak Pelapor dan Terlapor
    • Laporan Rekapitulasi Pengaduan

    KODE ETIK & PENGAWASAN

    • Pedoman Pengawasan
    • Kode Etik Hakim
    • Daftar Nama Pejabat Pengawas
    • Hukuman Disiplin Hasil Pengawasan
    • Putusan Majelis Kehormatan Hakim
    • Prosedur Evakuasi
  • PUBLIKASI
    • Arsip Berita
    • Arsip Pengumuman
    • Arsip File-File Multimedia
    • Arsip Hasil Penelitian
    • Arsip MoU
    • Regulasi / Aturan
    • Arsip Artikel
  • INFO LAINNYA
    • Statistik Kunjungan Website
    • Tautan Terkait
    • Ucapan Selamat / Duka Cita
    • Tautan Situs Sosial Media
 
  1. PUBLIKASI
  2. Arsip Berita
  3. Ciptakan Lingkungan Peradilan Responsif, PA Kota Madiuin Evaluasi Performa Petugas Keamanan |03-12-2025|
Details
Category: BERITA SEPUTAR PENGADILAN
03.Dec
03 December 2025
Hits: 73

Ciptakan Lingkungan Peradilan Responsif, PA Kota Madiuin Evaluasi Performa Petugas Keamanan |03-12-2025|

CIPTAKAN LINGKUNGAN PERADILAN RESPONSIF, PA KOTA MADIUIN EVALUASI PERFORMA PETUGAS KEAMANAN

pakotamaig-bef0HGFGNHGJHKJKLILILL25ac-9d26-458f-992-c0dac06f1527.jpg

Pengadilan Agama (PA) Kota Madiun melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) terhadap kinerja petugas keamanan (satpam) pada Rabu, (3/12/2025). Kegiatan yang berlangsung di Media Center PA Kota Madiun pada pukul 07.45 WIB tersebut dipimpin oleh Kasubbag Umum dan Keuangan, Juminem, S.H., M.Hum., serta dihadiri oleh seluruh petugas keamanan, termasuk satpam PTSP dan penjaga sidang. Pelaksanaan Monev ini merupakan langkah strategis untuk memastikan bahwa aspek keamanan, ketertiban, dan kualitas layanan di lingkungan PA Kota Madiun berjalan optimal dan sesuai dengan standar operasional yang berlaku. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi momentum untuk memperkuat komitmen petugas keamanan sebagai garda terdepan pelayanan publik di pengadilan.

Pelaksanaan Monev ini merupakan langkah strategis dalam rangka memastikan bahwa pelaksanaan tugas pengamanan, ketertiban, dan pelayanan publik di lingkungan PA Kota Madiun berjalan efektif, profesional, dan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan. Keberadaan petugas keamanan yang sigap, disiplin dan berintegritas menjadi faktor fundamental bagi terwujudnya suasana kerja yang kondusif serta kenyamanan masyarakat pencari keadilan.

pakotamaig-8bab43f2-6448-41cf-a270-ee4bHHYUYUYUUf69e1e10.jpg

pakotamaig-d39bd8c0-ea93-K4b53-8LLbf0-dba27bc190fa.jpg

Dalam arahannya, Kasubbag Umum dan Keuangan menegaskan kembali pentingnya penerapan budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) dalam memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat pencari keadilan. Beliau menekankan bahwa sikap dan profesionalisme satpam menjadi kesan pertama bagi setiap pengunjung sehingga harus dijaga dengan baik dan konsisten.

Selain penekanan pada budaya pelayanan, Monev juga membahas sejumlah aspek penting lainnya, antara lain kedisiplinan kerja, prosedur keamanan, serta peningkatan kemampuan dalam menangani situasi darurat. Hal ini dilakukan guna memastikan setiap petugas keamanan mampu bekerja secara sinergis dan responsif dalam memberikan rasa aman, nyaman, serta pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Dalam forum tersebut, para petugas keamanan diberikan kesempatan untuk menyampaikan berbagai kendala dalam pelaksanaan tugas, termasuk terkait pembagian jadwal piket maupun tantangan yang dihadapi ketika berinteraksi dengan pengunjung. Seluruh masukan ditampung dan dibahas bersama untuk ditemukan solusi yang tepat, sebagai komitmen PA Kota Madiun dalam memperkuat tata kelola keamanan dan menciptakan lingkungan pengadilan yang tertib dan kondusif. Selain itu, turut dibahas mengenai kondisi sarana dan prasarana keamanan, terutama terkait pemeliharaan fasilitas di musim hujan yang memerlukan perhatian lebih agar tidak mengganggu kelancaran pelayanan. Kasubbag Umum dan Keuangan memberikan arahan agar pemeliharaan dilakukan secara berkala dan berkoordinasi apabila ditemukan hal-hal yang perlu segera ditindaklanjuti.

Melalui kegiatan Monitoring dan Evaluasi ini, PA Kota Madiun semakin memperkuat sinergi dan komitmen bersama dalam meningkatkan profesionalisme, integritas, dan kualitas pelayanan publik. Langkah ini sejalan dengan upaya lembaga dalam menciptakan lingkungan peradilan yang aman, ramah, dan terpercaya mendukung kelancaran tugas dan fungsi PA Kota Madiun dalam menciptakan keamanan, kenyamanan dan pelayanan hukum yang berkualitas. Dengan dukungan kinerja petugas keamanan yang optimal, diharapkan seluruh proses pelayanan dapat berjalan lancar serta memberikan pengalaman yang positif bagi masyarakat pencari keadilan.

PA Kota Madiun terus berupaya melakukan pembinaan, evaluasi, dan peningkatan kapasitas aparatur sebagai wujud komitmen untuk memberikan pelayanan hukum yang berkualitas, akuntabel, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat.

Hubungi Kami

 

0851-2960-5370

Kode POS (63125)

Email Perkara :

 kepaniteraan@pa-kotamadiun.go.id

Email Umum :

 kesekretariatan@pa-kotamadiun.go.id

location.png  Lokasi Kantor 

Ikuti Kami di

         

Tautan Web

 

Mahkamah Agung RI 

Kepaniteraan MA RI 

Badan Pengawasan MA RI

Ditjen Badilag 

Direktori Putusan MA-RI 

JDIH Mahkamah Agung

PTA Surabaya

JDIH Mahkamah Agung

SIPPN Menpan

Kerjasama

    

 

Statistik Pengunjung

Jam Pelayanan

Pendaftaran Perkara Offline

Senin-Jumat : 08.00 - 12.00 WIB

Pelayanan PTSP

Senin-Kamis : 08.00 - 15.00 WIB

Jumat : 07.30 - 15.00

Istirahat : 12.00 - 13.00

Persidangan

Senin-Kamis : 09.00 - Selesai

 

.

Untuk Bulan Ramadhan

Senin - Kamis

Jam Kerja : 08.00 - 15.00 WIB

Jam Istirahat :12.00 -12.30 WIB

Jum'at

Jam Kerja : 08.00 - 15.30 WIB

Jam Istirahat :11.30 -12.30 WIB

SABTU DAN MINGGU LIBUR

 

Copy Right © 2024. Pengadilan Agama Kota Madiun V.0.4

cctv gif

Duta layanan