HEADER_WBK_oke_oke_oke.png

  • Home
  • PROFIL PENGADILAN

    Pengantar Ketua & Visi-Misi Pengadilan

    • Pengantar Ketua Pengadilan
    • Visi Pengadilan
    • Misi Pengadilan

    Tugas Pokok dan Fungsi Pengadilan

    • Tugas Pokok Pengadilan
    • Fungsi Pengadilan

    Wilayah Yurisdiksi

    • Yurisdiksi
    • Peta Wilayah Yurisdiksi

    Struktur Organisasi & Sejarah Pengadilan

    • Struktur Organisasi
    • Sejarah Pengadilan

    Lainnya

    • Nama Para Mantan Pimpinan dan Masa Jabatannya
    • Agenda / Jadwal Kegiatan Satuan Kerja
    • Alamat dan Kontak Pengadilan
  • INFORMASI UMUM
    • Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengadilan
    • Program Kerja Tahunan
    • Laporan Tahunan
  • KEPANITERAAN

    Administrasi Perkara

    • Sistem Informasi Penelusuran Perkara
    • Panduan e-Court
    • Direktori Putusan
    • Pedoman Pengelolaan Kepaniteraan

    Prosedur Berperkara

    • Prosedur Berperkara Tingkat Pertama
    • Prosedur Berperkara Tingkat Banding
    • Prosedur Berperkara Kasasi
    • Prosedur Berperkara Peninjauan Kembali
    • Prosedur Pengambilan Produk Pengadilan
    • Prosedur Berperkara Gugatan Sederhana

    HAK-HAK PARA PIHAK

    • Hak-Hak Para Pencari Keadilan
    • Hak-hak Pokok Dalam Proses Persidangan
    • Tata Tertib Persidangan
    • Agenda /Jadwal Persidangan
    • Prosedur Mediasi
    • Daftar Nama Mediator

    BIAYA PERKARA

    • Statistik perkara
    • Daftar Panggilan Ghaib
    • Delegasi / Tabayun
    • Rincian Biaya Proses Berperkara
    • Rincian Biaya Hak-Hak Kepaniteraan
    • Rincian Radius Biaya Panggilan per Kecamatan
    • Laporan Penggunaan Biaya Perkara
    • Laporan Pengembalian Sisa Panjar Perkara

    POSBAKUM

    • Keberadaan Posbakum
    • Penerima Jasa Pos Bantuan Hukum
    • Jenis Jasa Hukum Yang dilayani
    • Syarat-syarat dan Mekanisme
    • Dasar Aturan Tentang Pos Bantuan Hukum

    BERPERKARA TANPA BIAYA (Prodeo)

    • Syarat-syarat Berperkara Prodeo
    • Prosedur Berperkara Prodeo
    • Rincian Biaya Prodeo Yang dibebankan ke Negara
  • KESEKRETARIATAN

    KEPEGAWAIAN

    • Profil Pejabat dan Pegawai
    • Profil PPNPN
    • Statistik Jumlah Pegawai
    • LHKPN
    • LHKASN

    UMUM & KEUANGAN

    • DIPA
    • Laporan Realisasi Anggaran
    • Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
    • Neraca Keuangan
    • Realisasi PNBP
    • Asset dan Inventaris
    • Pengadaan Barang dan Jasa

    PELAPORAN

    • Rencana Strategis (Renstra)
    • Penghargaan
    • Rencana Kinerja Tahunan
    • Rencana Aksi Kinerja
    • Perjanjian Kinerja
    • IKU dan Reviu IKU
    • LKjIP
    • Pedoman Pengelolaan Kesekretariatan
    • Unit Pelaksana Teknis Kesekretariatan
    • Statistik Jumlah Pengunjung Website
  • LAYANAN PUBLIK

    MAKLUMAT PELAYANAN

    • Standar & Maklumat Pelayanan
    • Jam Kerja Pelayanan
    • Fasilitas Publik
    • SOP Pelayanan Publik
    • Pelayanan Terpadu Satu Pintu
    • SIPPN MENPAN

    INFORMASI

    • Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi
    • Hak-Hak Pemohon Informasi
    • Prosedur Keberatan Atas Permintaan Informasi
    • Biaya Memperoleh Informasi
    • Formulir Permintaan Informasi
    • Laporan Akses Informasi

    PENGADUAN

    • SIWAS MA RI
    • Prosedur Pengaduan
    • Hak-Hak Pelapor dan Terlapor
    • Laporan Rekapitulasi Pengaduan

    KODE ETIK & PENGAWASAN

    • Pedoman Pengawasan
    • Kode Etik Hakim
    • Daftar Nama Pejabat Pengawas
    • Hukuman Disiplin Hasil Pengawasan
    • Putusan Majelis Kehormatan Hakim
    • Prosedur Evakuasi
  • PUBLIKASI
    • Arsip Berita
    • Arsip Pengumuman
    • Arsip File-File Multimedia
    • Arsip Hasil Penelitian
    • Arsip MoU
    • Regulasi / Aturan
    • Arsip Artikel
  • INFO LAINNYA
    • Statistik Kunjungan Website
    • Tautan Terkait
    • Ucapan Selamat / Duka Cita
    • Tautan Situs Sosial Media
 
  1. PUBLIKASI
  2. Arsip Berita
  3. Amanat Apel Jum'at Sore PA Kota Madiun, Ketua : "Optimalisasi Layanan Informasi Publik Melalui Media Digital" |18-07-2025|
Details
Category: BERITA SEPUTAR PENGADILAN
18.Jul
18 July 2025
Hits: 7689

Amanat Apel Jum'at Sore PA Kota Madiun, Ketua : "Optimalisasi Layanan Informasi Publik Melalui Media Digital" |18-07-2025|

APEL JUM'AT SORE PA KOTA MADIUN, KETUA: "OPTIMALISASI LAYANAN INFORMASI PUBLIK MELALUI MEDIA DIGITAL"

100001gagbsbskppoytwe2470

PA Kota Madiun melaksanakan apel Jum'at sore pada Jum’at, (18/7/2025). Apel Jum’at sore yang bertempat di halaman kantor PA Kota Madiun Jl. Ringroad Barat No. 1 Kota Madiun pukul 15.45 WIB dan dipimpin langsung oleh Ketua PA Kota Madiun Dr. H. Sofyan Zefri, S.H.I., M.S.I. serta diikuti oleh Wakil Ketua Imam Safi'i, S.H.I., M.H., para Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional, seluruh ASN, CPNS hingga PPNPN PA Kota Madiun.

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan 8 (delapan) Nilai Utama Mahkamah Agung RI dan 10 (sepuluh) Kebanggaan PA Kota Madiun oleh petugas dan diikuti seluruh peserta apel.

10000ewqasdfvczsqwe12469

10000mkllpoiujkllmnb12471

10000124cxvbfghjryu72

Ketua PA Kota Madiun Dr. H. Sofyan, S.H.I., M.S I. dalam amanatnya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh aparatur PA Kota Madiun atas kinerja luar biasa yang ditunjukkan selama seminggu terakhir ini dalam menyelesaikan tupoksi dengan maksimal juga dalam melaksanakan beberapa kegiatan mulai dari kegiatan Pembinaan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Dr. H. Zulkarnain, S.H., M.H., kegiatan tupoksi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pencari keadilan baik termasuk proses persidangan dan  kegiatan lainnya seperti yang Rapat Koordinasi Pengadilan Agama Koordinator Wilayah Madiun yang dilaksanakan hari ini.

Pada amanatnya, beliau mengingatkan kembali terkait Pembinaan Ketua PTA Surabaya akan  pentingnya nilai-nilai 6S sebagai cerminan akhlakul karimah dalam pelayanan dan hubungan kerja, diantaranya: Senyum – Mengajak bahagia, Salam – Mendoakan bahagia, Sapa – Mengucapkan bahagia,  Sopan – Sikap ramah yang pasif, Santun – Sikap ramah yang aktif, Sedekah – Semangat memberi dan berbakti. Disamping itu, semangat gotong royong tidak akan menurunkan integritas, melainkan memperkuat rasa kebersamaan dan tanggung jawab bersama. Selain itu juga menekankan pentingnya implementasi budaya kerja unggul melalui pendekatan 5R, yakni: Ringkas – Menyingkirkan yang tidak perlu, Rapi – Menempatkan sesuatu pada tempatnya,  Resik – menjaga kebersihan dari hadas dan najis,. Rajin – Menepati waktu dan disiplin dalam tugas, Rawat – Menjaga dan melanjutkan kebiasaan dengan baik. dan Alhamdulillah dalam hal 5R ini PA Kota Madiun mendapatkan apresiasi oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Dr. H. Zulkarnain, S.H., M.H. bahwa PA Kota Madiun  telah berjalan dengan baik dan layak menjadi Role Model Pengadilan Agama se- Jawa Timur yang memiliki sarana prasarana pelayanan hingga tata ruang kerja yang sangat baik untuk mendukung pelayanan prima. 

Kemudian terkait penguatan layanan informasi publik dan optimalisasi media digital diharapkan seluruh aparatur PA Kota Madiun dapat berperan aktif  menjadi bagian dari agen diseminasi informasi hukum yang edukatif dan konstruktif dengan mensosialisasikan layanan informasi salah satunya melalui media sosial untuk membantu masyarakat yang memerlukan informasi.  Dalam hal ini dihimbau kepada seluruh aparatur PA Kota Madiun untuk senantiasa bersedekah media dengan like, coment, share dan subscribe akun media sosial PA Kota Madiun demi mendukung layanan teknologi informasi dalam peningkatan pelayanan  kepada masyarakat. Selanjutnya Quality control terhadap data dan informasi PA Kota Madiun yang dimana informasi yang disajikan kepada publik, baik di website maupun media sosial, adalah cerminan integritas lembaga. Oleh karena itu, proses updating, verifikasi, validasi, hingga konsistensi data harus benar-benar dijaga. Dengan managemen sebuah media dan pemanfaatan media yang baik, akan dapat mempermudah masyarakat mengakses informasi yang berhubungan produk pelayanan pengadilan agama dalam memfasilitasi kepentingan masyarakat pencari keadilan melalui platform digital yang lebih luas pada Website dan Media Sosial (Youtube, Instagram, Facebook dan TikTok) termasuk dalam hal pengemasan konten yang menarik tetap sesuai dengan etika dan norma bermedia sosial yang baik. 

"Diharapkan seluruh aparatur PA Kota Madiun dapat terus meningkatkan kinerja demi mencapai tujuan pelayanan yang optimal bagi masyarakat dengan sistem kerja yang telah terbangun dengan baik serta berpegang teguh pada integritas yang sejalan dengan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) yang telah diraih PA Kota Madiun. Karena integritas merupakan suatu mutu, sifat, yang menjadi satu kesatuan utuh dalam suatu pelayanan publik sehingga memiliki potensi dan kemampuan memancarkan kewibawaan dan kejujuran. Dengan Integritas yang kuat maka seluruh aparatur PA Kota Madiun mampu bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang telah diamanahkan terhadapnya, mengerjakannya dengan penuh profesionalitas dan menjauhkannya dari kepentingan pribadi, gratifikasi anti korupsi. Karena dengan integritas yang kokoh maka akan lebih produktif dan selalu termotivasi saat bekerja. Tetap semangat, jaga kekompakan kerjasama berikan pelayanan super prima dan tingkatkan prestasi kinerja.", tutur Ketua PA Kota Madiun.

Apel Jum'at Sore ditutup dengan pembacaan do'a.

Hubungi Kami

 

0851-2960-5370

Kode POS (63125)

Email Perkara :

 kepaniteraan@pa-kotamadiun.go.id

Email Umum :

 kesekretariatan@pa-kotamadiun.go.id

location.png  Lokasi Kantor 

Ikuti Kami di

         

Tautan Web

 

Mahkamah Agung RI 

Kepaniteraan MA RI 

Badan Pengawasan MA RI

Ditjen Badilag 

Direktori Putusan MA-RI 

JDIH Mahkamah Agung

PTA Surabaya

JDIH Mahkamah Agung

SIPPN Menpan

Kerjasama

    

 

Statistik Pengunjung

Jam Pelayanan

Pendaftaran Perkara Offline

Senin-Jumat : 08.00 - 12.00 WIB

Pelayanan PTSP

Senin-Kamis : 08.00 - 15.00 WIB

Jumat : 07.30 - 15.00

Istirahat : 12.00 - 13.00

Persidangan

Senin-Kamis : 09.00 - Selesai

 

.

Untuk Bulan Ramadhan

Senin - Kamis

Jam Kerja : 08.00 - 15.00 WIB

Jam Istirahat :12.00 -12.30 WIB

Jum'at

Jam Kerja : 08.00 - 15.30 WIB

Jam Istirahat :11.30 -12.30 WIB

SABTU DAN MINGGU LIBUR

 

Copy Right © 2024. Pengadilan Agama Kota Madiun V.0.4

cctv gif

Duta layanan