HEADER_WBK_oke_oke_oke.png

  • Home
  • PROFIL PENGADILAN

    Pengantar Ketua & Visi-Misi Pengadilan

    • Pengantar Ketua Pengadilan
    • Visi Pengadilan
    • Misi Pengadilan

    Tugas Pokok dan Fungsi Pengadilan

    • Tugas Pokok Pengadilan
    • Fungsi Pengadilan

    Wilayah Yurisdiksi

    • Yurisdiksi
    • Peta Wilayah Yurisdiksi

    Struktur Organisasi & Sejarah Pengadilan

    • Struktur Organisasi
    • Sejarah Pengadilan

    Lainnya

    • Nama Para Mantan Pimpinan dan Masa Jabatannya
    • Agenda / Jadwal Kegiatan Satuan Kerja
    • Alamat dan Kontak Pengadilan
  • INFORMASI UMUM
    • Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengadilan
    • Program Kerja Tahunan
    • Laporan Tahunan
  • KEPANITERAAN

    Administrasi Perkara

    • Sistem Informasi Penelusuran Perkara
    • Panduan e-Court
    • Direktori Putusan
    • Pedoman Pengelolaan Kepaniteraan

    Prosedur Berperkara

    • Prosedur Berperkara Tingkat Pertama
    • Prosedur Berperkara Tingkat Banding
    • Prosedur Berperkara Kasasi
    • Prosedur Berperkara Peninjauan Kembali
    • Prosedur Pengambilan Produk Pengadilan
    • Prosedur Berperkara Gugatan Sederhana

    HAK-HAK PARA PIHAK

    • Hak-Hak Para Pencari Keadilan
    • Hak-hak Pokok Dalam Proses Persidangan
    • Tata Tertib Persidangan
    • Agenda /Jadwal Persidangan
    • Prosedur Mediasi
    • Daftar Nama Mediator

    BIAYA PERKARA

    • Statistik perkara
    • Daftar Panggilan Ghaib
    • Delegasi / Tabayun
    • Rincian Biaya Proses Berperkara
    • Rincian Biaya Hak-Hak Kepaniteraan
    • Rincian Radius Biaya Panggilan per Kecamatan
    • Laporan Penggunaan Biaya Perkara
    • Laporan Pengembalian Sisa Panjar Perkara

    POSBAKUM

    • Keberadaan Posbakum
    • Penerima Jasa Pos Bantuan Hukum
    • Jenis Jasa Hukum Yang dilayani
    • Syarat-syarat dan Mekanisme
    • Dasar Aturan Tentang Pos Bantuan Hukum

    BERPERKARA TANPA BIAYA (Prodeo)

    • Syarat-syarat Berperkara Prodeo
    • Prosedur Berperkara Prodeo
    • Rincian Biaya Prodeo Yang dibebankan ke Negara
  • KESEKRETARIATAN

    KEPEGAWAIAN

    • Profil Pejabat dan Pegawai
    • Profil PPNPN
    • Statistik Jumlah Pegawai
    • LHKPN
    • LHKASN

    UMUM & KEUANGAN

    • DIPA
    • Laporan Realisasi Anggaran
    • Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
    • Neraca Keuangan
    • Realisasi PNBP
    • Asset dan Inventaris
    • Pengadaan Barang dan Jasa

    PELAPORAN

    • Rencana Strategis (Renstra)
    • Penghargaan
    • Rencana Kinerja Tahunan
    • Rencana Aksi Kinerja
    • Perjanjian Kinerja
    • IKU dan Reviu IKU
    • LKjIP
    • Pedoman Pengelolaan Kesekretariatan
    • Unit Pelaksana Teknis Kesekretariatan
    • Statistik Jumlah Pengunjung Website
  • LAYANAN PUBLIK

    MAKLUMAT PELAYANAN

    • Standar & Maklumat Pelayanan
    • Jam Kerja Pelayanan
    • Fasilitas Publik
    • SOP Pelayanan Publik
    • Pelayanan Terpadu Satu Pintu
    • SIPPN MENPAN

    INFORMASI

    • Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi
    • Hak-Hak Pemohon Informasi
    • Prosedur Keberatan Atas Permintaan Informasi
    • Biaya Memperoleh Informasi
    • Formulir Permintaan Informasi
    • Laporan Akses Informasi

    PENGADUAN

    • SIWAS MA RI
    • Prosedur Pengaduan
    • Hak-Hak Pelapor dan Terlapor
    • Laporan Rekapitulasi Pengaduan

    KODE ETIK & PENGAWASAN

    • Pedoman Pengawasan
    • Kode Etik Hakim
    • Daftar Nama Pejabat Pengawas
    • Hukuman Disiplin Hasil Pengawasan
    • Putusan Majelis Kehormatan Hakim
    • Prosedur Evakuasi
  • PUBLIKASI
    • Arsip Berita
    • Arsip Pengumuman
    • Arsip File-File Multimedia
    • Arsip Hasil Penelitian
    • Arsip MoU
    • Regulasi / Aturan
    • Arsip Artikel
  • INFO LAINNYA
    • Statistik Kunjungan Website
    • Tautan Terkait
    • Ucapan Selamat / Duka Cita
    • Tautan Situs Sosial Media
 
  1. PUBLIKASI
  2. Arsip Berita
  3. Apel Jum'at Sore, Ketua PA Kota Madiun Tekankan Peningkatan Kinerja dan Soft Skills di Era Digital |07-11-2025|
Details
Category: BERITA SEPUTAR PENGADILAN
07.Nov
07 November 2025
Hits: 135

Apel Jum'at Sore, Ketua PA Kota Madiun Tekankan Peningkatan Kinerja dan Soft Skills di Era Digital |07-11-2025|

APEL JUM'AT SORE, KETUA PA KOTA MADIUN TEKANKAN PENINGKATAN KINERJA DAN SOFT SKILLS DI ERA DIGITAL 

pakotamaig a9b72f19nlkd ndnd  43a1 462e 8921 270d5732038a

Pengadilan Agama (PA) Kota Madiun melaksanakan kegiatan apel sore pada Jumat, (7/11/2025) bertempat di halaman kantor PA Kota Madiun. Apel sore rutin ini dipimpin langsung oleh Ketua PA Kota Madiun, Dr. H. Sofyan Zefri, S.H.I., M.S.I., yang bertindak sebagai pembina apel serta diikuti oleh seluruh aparatur PA Kota Madiun, mulai dari Wakil Ketua PA Kota Madiun Imam Safi'i, S.H.I., M.H., Hakim, Panitera dan Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional, PNS, PPPK, CPNS, PPNPN hingga mahasiswa magang dari Sekolah Advokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta dan Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Syekh Wasil Kediri.

Apel sore yang dilaksanakan pukul 15.45 WIB diawali dengan pembacaan 8 (delapan) Nilai Mahkamah Agung dan 10 (sepuluh) Kebanggaan PA Kota Madiun oleh petugas dan diikuti seluruh peserta apel.

pakotamaig 50b630bbdndkdmd dldl3 61a8 4cb0 9bdb d92ed2b4f109

pakotamaig 3f16ndmmddmmx65b8 8702 4bea b2a0 cc35ebd75eb7

pakotamaig 6a745c9bsmskmsmdd ac7c 4217 8999 25c2b399d1e7

Dalam amanat Ketua PA Kota Madiun menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas dedikasi, loyalitas, dan kerja keras seluruh aparatur dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya selama ini. Beliau menegaskan bahwa capaian kinerja PA Kota Madiun merupakan hasil dari kerja seluruh aparatur yang berkomitmen dengan semangat pengabdian tinggi untuk berperan aktif dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pencari keadilan.

Lebih lanjut, Dr. H. Sofyan Zefri, S.H.I., M.S.I. mengingatkan pentingnya meningkatkan kinerja seiring dengan perkembangan zaman dan penerapan digitalisasi di lingkungan peradilan. Menurut beliau, aparatur peradilan dituntut untuk adaptif terhadap transformasi digital yang sedang gencar diterapkan Mahkamah Agung RI dalam upaya mewujudkan pelayanan peradilan yang cepat, transparan, dan akuntabel. Transformasi menuju peradilan modern berbasis teknologi informasi, seperti e-Court, e-Litigasi, dan aplikasi manajemen peradilan lainnya, menuntut setiap pegawai untuk terampil, adaptif, dan responsif terhadap perubahan.

Selain peningkatan kemampuan teknis, Dr. Sofyan Zefri juga menekankan pentingnya penguatan soft skills aparatur sebagai bagian integral dari profesionalisme ASN. Soft skills mencakup berbagai kemampuan non-teknis seperti komunikasi yang efektif, kerja sama tim, empati, etika pelayanan publik, disiplin, tanggung jawab, dan kemampuan manajemen waktu.

Menurut beliau, keberhasilan dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan tidak hanya ditentukan oleh kecepatan dan ketepatan kerja, tetapi juga oleh sikap, perilaku, dan karakter pelayanan dari setiap aparatur. “Kinerja yang baik harus dibarengi dengan kepribadian yang santun, kemampuan beradaptasi, serta sikap terbuka terhadap kritik dan inovasi. Hal inilah yang akan membentuk citra positif lembaga peradilan di mata masyarakat,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PA Kota Madiun juga menyampaikan pesan khusus kepada mahasiswa magang yang telah menyelesaikan masa praktik di PA Kota Madiun. Beliau berpesan agar seluruh mahasiswa dapat memanfaatkan ilmu dan pengalaman yang telah diperoleh selama magang sebagai bekal berharga dalam mengembangkan kompetensi diri dan menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya. “Jadikan pengalaman di lingkungan peradilan ini sebagai pelajaran berharga tentang disiplin, tanggung jawab, dan integritas,” ujarnya.

pakotamaig cb71c569 9ccnsllssmde 4153 9af1 fcfef9a81356

Apel sore ditutup dengan do'a bersama dan diakhiri dengan suasana penuh kebersamaan. Melalui kegiatan apel ini, diharapkan seluruh aparatur PA Kota Madiun semakin solid, profesional, berintegritas, serta memiliki soft skills yang mumpuni guna mendukung terwujudnya peradilan modern yang unggul dan terpercaya.

Hubungi Kami

 

0851-2960-5370

Kode POS (63125)

Email Perkara :

 kepaniteraan@pa-kotamadiun.go.id

Email Umum :

 kesekretariatan@pa-kotamadiun.go.id

location.png  Lokasi Kantor 

Ikuti Kami di

         

Tautan Web

 

Mahkamah Agung RI 

Kepaniteraan MA RI 

Badan Pengawasan MA RI

Ditjen Badilag 

Direktori Putusan MA-RI 

JDIH Mahkamah Agung

PTA Surabaya

JDIH Mahkamah Agung

SIPPN Menpan

Kerjasama

    

 

Statistik Pengunjung

Jam Pelayanan

Pendaftaran Perkara Offline

Senin-Jumat : 08.00 - 12.00 WIB

Pelayanan PTSP

Senin-Kamis : 08.00 - 15.00 WIB

Jumat : 07.30 - 15.00

Istirahat : 12.00 - 13.00

Persidangan

Senin-Kamis : 09.00 - Selesai

 

.

Untuk Bulan Ramadhan

Senin - Kamis

Jam Kerja : 08.00 - 15.00 WIB

Jam Istirahat :12.00 -12.30 WIB

Jum'at

Jam Kerja : 08.00 - 15.30 WIB

Jam Istirahat :11.30 -12.30 WIB

SABTU DAN MINGGU LIBUR

 

Copy Right © 2024. Pengadilan Agama Kota Madiun V.0.4

cctv gif

Duta layanan