HEADER_WBK_oke_oke_oke.png

  • Home
  • PROFIL PENGADILAN

    Pengantar Ketua & Visi-Misi Pengadilan

    • Pengantar Ketua Pengadilan
    • Visi Pengadilan
    • Misi Pengadilan

    Tugas Pokok dan Fungsi Pengadilan

    • Tugas Pokok Pengadilan
    • Fungsi Pengadilan

    Wilayah Yurisdiksi

    • Yurisdiksi
    • Peta Wilayah Yurisdiksi

    Struktur Organisasi & Sejarah Pengadilan

    • Struktur Organisasi
    • Sejarah Pengadilan

    Lainnya

    • Nama Para Mantan Pimpinan dan Masa Jabatannya
    • Agenda / Jadwal Kegiatan Satuan Kerja
    • Alamat dan Kontak Pengadilan
  • INFORMASI UMUM
    • Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengadilan
    • Program Kerja Tahunan
    • Laporan Tahunan
  • KEPANITERAAN

    Administrasi Perkara

    • Sistem Informasi Penelusuran Perkara
    • Panduan e-Court
    • Direktori Putusan
    • Pedoman Pengelolaan Kepaniteraan

    Prosedur Berperkara

    • Prosedur Berperkara Tingkat Pertama
    • Prosedur Berperkara Tingkat Banding
    • Prosedur Berperkara Kasasi
    • Prosedur Berperkara Peninjauan Kembali
    • Prosedur Pengambilan Produk Pengadilan
    • Prosedur Berperkara Gugatan Sederhana

    HAK-HAK PARA PIHAK

    • Hak-Hak Para Pencari Keadilan
    • Hak-hak Pokok Dalam Proses Persidangan
    • Tata Tertib Persidangan
    • Agenda /Jadwal Persidangan
    • Prosedur Mediasi
    • Daftar Nama Mediator

    BIAYA PERKARA

    • Statistik perkara
    • Daftar Panggilan Ghaib
    • Delegasi / Tabayun
    • Rincian Biaya Proses Berperkara
    • Rincian Biaya Hak-Hak Kepaniteraan
    • Rincian Radius Biaya Panggilan per Kecamatan
    • Laporan Penggunaan Biaya Perkara
    • Laporan Pengembalian Sisa Panjar Perkara

    POSBAKUM

    • Keberadaan Posbakum
    • Penerima Jasa Pos Bantuan Hukum
    • Jenis Jasa Hukum Yang dilayani
    • Syarat-syarat dan Mekanisme
    • Dasar Aturan Tentang Pos Bantuan Hukum

    BERPERKARA TANPA BIAYA (Prodeo)

    • Syarat-syarat Berperkara Prodeo
    • Prosedur Berperkara Prodeo
    • Rincian Biaya Prodeo Yang dibebankan ke Negara
  • KESEKRETARIATAN

    KEPEGAWAIAN

    • Profil Pejabat dan Pegawai
    • Profil PPNPN
    • Statistik Jumlah Pegawai
    • LHKPN
    • LHKASN

    UMUM & KEUANGAN

    • DIPA
    • Laporan Realisasi Anggaran
    • Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)
    • Neraca Keuangan
    • Realisasi PNBP
    • Asset dan Inventaris
    • Pengadaan Barang dan Jasa

    PELAPORAN

    • Rencana Strategis (Renstra)
    • Penghargaan
    • Rencana Kinerja Tahunan
    • Rencana Aksi Kinerja
    • Perjanjian Kinerja
    • IKU dan Reviu IKU
    • LKjIP
    • Pedoman Pengelolaan Kesekretariatan
    • Unit Pelaksana Teknis Kesekretariatan
    • Statistik Jumlah Pengunjung Website
  • LAYANAN PUBLIK

    MAKLUMAT PELAYANAN

    • Standar & Maklumat Pelayanan
    • Jam Kerja Pelayanan
    • Fasilitas Publik
    • SOP Pelayanan Publik
    • Pelayanan Terpadu Satu Pintu
    • SIPPN MENPAN

    INFORMASI

    • Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi
    • Hak-Hak Pemohon Informasi
    • Prosedur Keberatan Atas Permintaan Informasi
    • Biaya Memperoleh Informasi
    • Formulir Permintaan Informasi
    • Laporan Akses Informasi

    PENGADUAN

    • SIWAS MA RI
    • Prosedur Pengaduan
    • Hak-Hak Pelapor dan Terlapor
    • Laporan Rekapitulasi Pengaduan

    KODE ETIK & PENGAWASAN

    • Pedoman Pengawasan
    • Kode Etik Hakim
    • Daftar Nama Pejabat Pengawas
    • Hukuman Disiplin Hasil Pengawasan
    • Putusan Majelis Kehormatan Hakim
    • Prosedur Evakuasi
  • PUBLIKASI
    • Arsip Berita
    • Arsip Pengumuman
    • Arsip File-File Multimedia
    • Arsip Hasil Penelitian
    • Arsip MoU
    • Regulasi / Aturan
    • Arsip Artikel
  • INFO LAINNYA
    • Statistik Kunjungan Website
    • Tautan Terkait
    • Ucapan Selamat / Duka Cita
    • Tautan Situs Sosial Media
 
  1. PUBLIKASI
  2. Arsip Berita
  3. Agen Perubahan PA Kota Madiun Mantapkan Peran Strategis Peningkatan Layanan Publik dalam Monev Action Plan PTA Surabaya |19-11-2025|
Details
Category: BERITA SEPUTAR PENGADILAN
19.Nov
19 November 2025
Hits: 76

Agen Perubahan PA Kota Madiun Mantapkan Peran Strategis Peningkatan Layanan Publik dalam Monev Action Plan PTA Surabaya |19-11-2025|

AGEN PERUBAHAN PA KOTA MADIUN MANTAPKAN PERAN STRATEGIS PENINGKATAN LAYANAN PUBLIK DALAM MONEV ACTION PLAN PTA SURABAYA

pakotamaig-812b59mmmhhae-71fb-4bc2-8751-4c30ea5d8f56.jpg

Agen Perubahan PA Kota Madiun Febryana Aneke Putri, A.Md. mengikuti Monitoring dan Evaluasi (Monev) Penilaian Agen Perubahan di Lingkungan PTA Surabaya secara virtual di Media Center PA Kota Madiun pada Rabu, (19/11/2025). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Surabaya, perihal Monev Penilaian Agen Perubahan secara daring  pukul  09.00 WIB dan diikuti oleh seluruh Agen Perubahan  Pengadilan Agama di Wilayah PTA Surabaya  melalui zoom meeting di satker masing-masing. Sosialisasi dipimpin oleh Kasubag Keuangan dan Pelaporan PTA Surabaya, Nurman Saputra, S.H., M.M., M.H., yang dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan menyampaikan bahwa pelaksanaan monev hari ini merupakan agenda pemantauan dan evaluasi Action Plan Agen Perubahan pada seluruh Pengadilan Agama di bawah PTA Surabaya sesuai dengan pembagian jadwal Korwil. Pada sesi inil, monev difokuskan pada Pengadilan Agama se-Korwil Madiun.

pakotamaig-26ea9b8c-7affa3-4f34-80jjjh81-c9a4a8a7dec6.jpg

Dalam arahannya, beliau menegaskan bahwa seorang Agen Perubahan memiliki peluang dan ruang yang luas untuk memberikan kontribusi nyata bagi satuan kerja masing-masing. Meskipun terdapat berbagai tantangan, Agen Perubahan diharapkan mampu menjadi motor penggerak transformasi, terlebih di era efisiensi dan digitalisasi layanan. Dengan dukungan adanya berbagai media dan instrumen pendukung, seluruh Agen Perubahan dihimbau untuk tetap bersemangat dalam mendorong perubahan dan inovasi di satuan kerja masing-masing.

Keberadaan Agen Perubahan (agent of change) pada Pengadilan Agama se-Jawa Timur menjadi unsur strategis dalam mendorong budaya kerja yang lebih baik, sekaligus menjadi teladan perilaku bagi seluruh aparatur. Agen Perubahan diharapkan mampu menerapkan dan menginternalisasikan 8 (delapan) Nilai Utama Mahkamah Agung, serta mendukung program prioritas PTA Surabaya, Ditjen Badilag, dan Mahkamah Agung RI sesuai dengan peran, tugas, dan fungsi yang menjadi tanggung jawabnya.

pakotamaig-b9c1ea7a-cbghjka2-4393-b356-33efalllb5f66ea.jpg

pakotamaig-8ee8df35-bf51-4ab2-93db-bkkll4fd5ace9d34.jpg

Pada sesi monev, Kasubag Keuangan dan Pelaporan PTA Surabaya memberikan kesempatan kepada masing-masing Agen Perubahan untuk memaparkan perkembangan rencana aksi di satuan kerja masing-masing. Dalam kesempatan tersebut, Agen Perubahan PA Kota Madiun, Febryana Aneke Putri, A.Md., menyampaikan laporan mengenai perkembangan inovasi PTSL (Pelayanan Terpadu Satu Loket) serta implementasi aplikasi ICE-PAKOTAMA (Integrated Counseling and Education Pengadilan Agama Kota Madiun) sebagai bagian dari upaya peningkatan layanan publik dan efektivitas kinerja. Pertama, menjelaskan progres PTSL (Pelayanan Terpadu Satu Loket), yaitu sistem layanan satu pintu yang bertujuan menyederhanakan alur pelayanan bagi masyarakat agar lebih cepat, mudah, dan efisien. Kedua, memaparkan implementasi ICE-PAKOTAMA (Integrated Counseling and Education Pengadilan Agama Kota Madiun), sebuah aplikasi berbasis edukasi dan penyuluhan yang dirancang untuk meningkatkan kualitas layanan informasi serta mendukung kegiatan pendampingan masyarakat. Kedua inovasi tersebut dilaporkan sebagai bagian dari komitmen PA Kota Madiun dalam meningkatkan kualitas layanan publik serta memperkuat efektivitas kinerja aparatur secara berkelanjutan.

Di akhir kegiatan, PTA Surabaya memberikan pesan agar setiap inovasi yang telah digagas dapat terus dikembangkan secara berkelanjutan. Beliau juga menyampaikan harapan agar dari Korwil Madiun terdapat peserta yang masuk dalam nominasi Agen Perubahan Terbaik.

Semoga dengan peran Agen Perubahan PA Kota Madiun Tahun 2025, kualitas pelayanan publik semakin optimal, kapasitas dan akuntabilitas birokrasi semakin kuat, serta profesionalisme SDM aparatur terus meningkat. Melalui semangat kebersamaan dan kolaborasi seluruh aparatur PA Kota Madiun, diharapkan terwujud sinergi yang kokoh dalam menjalankan tugas dan menyelesaikan target kinerja secara maksimal. Setiap aparatur juga diingatkan untuk terus menjaga integritas, berpegang pada budaya kerja yang unggul, dan berkomitmen membawa perubahan positif dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat pencari keadilan.

Dengan menghadiri kegiatan ini, Agen Perubahan PA Kota Madiun menegaskan komitmen untuk terus berkontribusi dalam mewujudkan Pengadilan Agama yang profesional, akuntabel, transparan, inovatif, dan berintegritas, serta mendorong kemajuan sistem peradilan agama yang modern, efektif, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Hubungi Kami

 

0851-2960-5370

Kode POS (63125)

Email Perkara :

 kepaniteraan@pa-kotamadiun.go.id

Email Umum :

 kesekretariatan@pa-kotamadiun.go.id

location.png  Lokasi Kantor 

Ikuti Kami di

         

Tautan Web

 

Mahkamah Agung RI 

Kepaniteraan MA RI 

Badan Pengawasan MA RI

Ditjen Badilag 

Direktori Putusan MA-RI 

JDIH Mahkamah Agung

PTA Surabaya

JDIH Mahkamah Agung

SIPPN Menpan

Kerjasama

    

 

Statistik Pengunjung

Jam Pelayanan

Pendaftaran Perkara Offline

Senin-Jumat : 08.00 - 12.00 WIB

Pelayanan PTSP

Senin-Kamis : 08.00 - 15.00 WIB

Jumat : 07.30 - 15.00

Istirahat : 12.00 - 13.00

Persidangan

Senin-Kamis : 09.00 - Selesai

 

.

Untuk Bulan Ramadhan

Senin - Kamis

Jam Kerja : 08.00 - 15.00 WIB

Jam Istirahat :12.00 -12.30 WIB

Jum'at

Jam Kerja : 08.00 - 15.30 WIB

Jam Istirahat :11.30 -12.30 WIB

SABTU DAN MINGGU LIBUR

 

Copy Right © 2024. Pengadilan Agama Kota Madiun V.0.4

cctv gif

Duta layanan