kesekian logonya2

Written by Super User on . Hits: 104

 

TATANAN NORMAL BARU DAN POLA BARU PELAYANAN PA KOTA MADIUN (1)

 pola 3

Ilustrasi gambar: Suasana PTSP Pakotama yang tidak lagi padat (dok/Anang)

Pemerintah melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) belum lama ini mengeluarkan kebijakan terkait sistem kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) menghadapai tatanan normal baru (new normal) pada situasi pandemi covid-19 ini.

Kebijakan yang tertuang dalam SE Menteri PANRB Nomor 58 Tahun 2020 menekankan tetap terlaksananya tugas dan fungsi ASN dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik. ASN tetap harus produktif ditengah situasi pandemi dengan penerapan standar protokol kesehatan sehingga terhindar dari covid-19.

Transisi Layanan Konvensional-Manual menuju Layanan Modern Berbasis TI Pakotama

Menyikapi kebijakan tersebut, Pakotama telah menyiapkan sarana dan prasarana yang cukup memadahi, baik yang terkait dengan fasilitas penunjang protokol kesehatan maupun sarana pelayanan publik yang lebih mudah dan praktis untuk tetap menjaga produktifitas pelaksanaan tugas dan fungsi.

Langkah konkrit Pakotama dalam memberikan layanan yang maksimal kepada para pencari keadilan sesuai tatanan normal baru adalah dengan mengoptimalkan pelayanan berbasis Teknologi Informasi (TI). 11 Aplikasi unggulan Badilag ditunjang dengan aplikasi e-Songo Pakotama diaplikasikan secara optimal dan tidak hanya slogan dan iklan. 

Mengoptimalkan, menurut Onis Nur Islahi, S.Sos., M.M., Sekretaris Pakotama, adalah dengan jalan “memaksakan” para pihak berperkara menggunakan aplikasi-aplikasi yang telah disediakan oleh Pakotama. “Jika masyarakat pencari keadilan tidak dibiasakan dan tidak diajari menggunakan aplikasi yang telah disiapkan oleh Pakotama, sampai kapanpun tidak akan jalan, pada akhirnya tujuan pemberian pelayanan secara lebih mudah, lebih praktis dan lebih modern berbasis TI tidak tercapai” tambahnya.

Se-iya dengan Onis, Panitera Pakotama, Drs. Khusnul Salim juga mendorong pihak-pihak berperkara untuk mendaftarkan perkara dengan menggunakan e-court, proses persidangan dengan e-litigasi dan pengambilan produk pangadilan berupa salinan putusan bisa langsung diperoleh para pihak dengan cara mengunduh di akun e-court yang sudah terdaftar tanpa harus datang ke kantor Pakotama.

Pola 1

Tangkapan Layar Aplikasi e-Court

Untuk menunjang penggunaan e-court, Pakotama juga telah melengkapi 2 ruang sidang dengan peralatan audio-visual. Sejauh ini fasilitas tersebut telah dimanfaatkan oleh Majelis Hakim untuk pemeriksaan saksi dan juga mediasi yang pihaknya berada di luar wilayah Kota Madiun.

Hingga saat ini, transisi pelayanan Pakotama dari konvensional-manual ke pelayanan berbasis TI berjalan cukup positif. Hal ini tampak dari statistik penerimaan perkara melalui aplikasi e-court, yang hingga triwulan kedua tercatat 75 perkara. Jumlah tersebut naik drastis jika dibanding tahun sebelumnya yang hanya mencatatkan 42 sepanjang tahun.

Indikasi lain makin diterimanya pola layanan berbasis TI Pakotama juga dapat dilihat dari makin naiknya rating statistik pengunjung website resmi Pakotama, www.pa-kotamadiun.go.id, yang mencatatkan rata-rata setiap harinya berjumlah 700 pengunjung. Jumlah yang cukup tinggi jika dibanding dengan jumlah penerimaan perkara Pakotama yang rata-rata 500 perkara pertahun.

pola 2

Tangkapan Layar Website Pakotama

Menanggapi tingginya peng-akses website Pakotama, Ketua Pakotama, Dr. H. Ahmad Zaenal Fanani, SHI., MSi. menyatakan jika masyarakat, khususnya masyarakat Kota Madiun makin terbuka akan perubahan pola pelayanan yang diberikan oleh Pakotama. Masyarakat mulai merasa lebih mudah dan efektif memanfaatkan layanan berbasis TI. Jika biasanya masyarakat datang ke kantor untuk sekedar bertanya prosedur berperkara, biaya berperkara dan hal-hal teknis lain terkait penyelesaian perkara, hal itu bisa didapat dengan mengaksesnya di situs Pakotama. 

Karenanya, masih menurut Ketua Pakotama, Tim TI akan selalu berusaha memberikan konten yang dibutuhkan masyarakat, memastikan data selalu update dan untuk lebih mendekatkan pola layanan, website Pakotama juga telah dilengkapi dengan pop-up interaktif yang aktif selama hari kerja. (Bersambung)

 

 

 

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kota Madiun

Jln. Ringroad Barat No. 1 - Madiun

Kode POS 63125

Telp : 0351 - 464854

gmail.png Email Perkara:

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

gmail.png Email Umum:

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

location.png Lokasi Kantor 

Ikuti Kami di 

facebook_logos_PNG19761.png      instagram_PNG1.png      you-tube-3383601_960_720.png

Tautan Aplikasi

Aplikasi Eksternal

SIPP

E-Court

LPSE

Aplikasi Internal

E-Survei PA Kota Madiun

Komdanas

SIKEP

SIMARI

 

Jam Pelayanan

Jam Kerja

Senin-Kamis : 07.30 - 16.00 WIB

Jum'at : 07.00 - 16.00 WIB

Istirahat

Senin-Kamis : 12.00 - 13.00 WIB

Jum'at : 11.30 - 13.00 WIB

Jadwal Sidang

Senin-Kamis : 09.00 - Selesai

Pelayanan yang berkaitan dengan PNBP mengikuti jam pelayanan BANK