GEDUNG KANTOR PA. KOTA MADIUN MEJA INFORMASI PA. KOTA MADIUN PERSONIL PA. KOTA MADIUN RUANG TUNGGU

MEJA INFORMASI PA. KOTA MADIUN

Anda Butuh Informasi Pengadilan Silahkan hubungi Petugas Informasi Pengadilan Agama Kota madiun telp. (0351) 464854 atau datang langsung ke Pengadilan Agama Kota Madiun, yang berada di Jalan Ring Road Barat Nomor 01 Kota Madiun, Setiap hari dan pada jam kerja  

Read more

Bahasa

Indonesian Arabic English Korean Malay

Foto Ketua

Dra. Hj. Muslihah

     Dra. Hj. MUSLIHAH

Statistics

  • Pengunjung : 2
  • Artikel : 128
  • Tautan Web : 6
  • Jumlah Tampilan Artikel : 524136

Polling Website

Bagaimana menurut dengan
adanya website ini?

  • Sangat Membantu
  • Membantu
  • Cukup Membantu
  • Sedikit Membantu
  • Tidak Membantu
You are here: Home Seputar PA Kota Madiun PA Kota Madiun Menuju Akreditasi

PA Kota Madiun Menuju Akreditasi

Madiun | www.pa-kotamadiun.go.id

Berawal dari kegiatan Ketua MA-RI di Banyuwangi yang diikuti oleh para pimpinan peradilan se-Jawa Timur akhir bulan yang lalu, yang salah satu kegiatannya adalah penyerahan sertifikat akreditasi kepada beberapa PN se-Indonesia, Pimpinan PA Kota Madiun mulai berinisiatif untuk menerapkannya. Hal ini seiring dengan dikeluarkannya Surat Dirjen Badilag tanggal 27 Juli 2017 perihal Persiapan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu Peradilan Agama dan tanggal  7 Agustus 2017 perihal Petunjuk Teknis Pelaksanaan Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah.

Awalnya timbul rasa ragu, apakah mampu, mengingat PA Kota Madiun merupakan satu satunya pengadilan agama kelas II yang berada di wilayah “daratan” PTA Surabaya, terlebih setelah melakukan penjajakan awal di Pengadilan Negeri Kota Madiun dan Pengadilan Negeri Kab. Madiun, keraguan semakin terasa terutama yang berkenaan dengan pendanaan, bahkan di salah satu PN mengatakan dana yang habis untuk akreditasi ini tidak sedikit. 

 


Setelah survey awal ke PN dan pengumpulan data, Pimpinan melakukan rapat koordinasi yang intinya membahas kesiapan PA Kota Madiun untuk melakukan akreditasi. Dengan berbagai macam pertimbangan serta menganalisa kemampuan, peluang, hambatan dan tantangan, akhirnya kami yakin untuk maju dengan segala keterbatasan dan kemampuan yang ada, dan kami berfikir bahwa Sistem Akreditasi Penjaminan Mutu ini adalah proses penataan kinerja, administrasi dan pelayanan peradilan yang “goal”nya adalah akuntabilitas public serta kepuasan bagi para pencari keadilan, sehingga masalah anggaran yang menjadi kekhawatiran di awal bisa diminimalisir.

Dalam SK yang dikeluarkan tanggal 08 Agustus 2017, Dra. Hj. Muslihah, selaku Ketua PA Kota Madiun menunjuk Waka PA Kota Madiun, Dr. H. Ahmad Zainal Fanani, S.HI., M.Si selaku Ketua Tim SAPM dibantu oleh Sekretaris, para Assesor dan Penanggung Jawab Bidang Manajemen, Kesekretarian dan Kepaniteraan.

Modal utama kami adalah semangat dan SDM baik Hakim, pegawai maupun tenaga honorer yang masih muda dan mampu diajak “lari” serta jumlah perkara yang relative sedikit dibanding PA lain di wilayah PTA Surabaya, sehingga memiliki waktu lebih untuk menata administrasi dan pelayanan.

Sudah kepalang basah, nyebur aja sekalian

Ada hal menarik yang dihadapi ketika Ketua PTA Surabaya melayangkan surat tertanggal 8 Agustus 2017 kepada seluruh satker di Jawa Timur agar mempersiapkan diri untuk Self Assesement awal dengan waktu yang relative sangat singkat, dan yang mengagetkan lagi ketika kita harus paham alur akreditasi berikut teknis manajemennya juga menyiapkan dokumen-dokumen yang di luar dugaan kami sangat banyak, terutama di bagian Kesekretariatan dan Kepaniteraan. Kami baru sadar, ternyata masih banyak hal yang harus dibenahi.

Tantangan berikutnya ketika PA Kota Madiun termasuk 14 PA yang akan diverifikasi actual oleh PTA dan hanya punya waktu 2 hari untuk persiapan. Verifikasi dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2017 di PTA Surabaya oleh Tim SAPM PTA Surabaya dan alhamdulillah bisa dilalui dengan beberapa catatan tentunya yang nanti hasilnya akan diumumkan tanggal 4 September 2017, PA mana saja yang akan terpilih dan selanjutnya akan dilakukan pendampingan.

Apapun hasilnya itu pasti yang terbaik buat PA Kota Madiun, yang jelas selama proses self assesement beberapa minggu terakhir ini, kami sudah diajarkan bagaimana menata organisasi serta memberikan pelayanan terbaik buat para pencari keadilan.
/Jr

Seputar PA. Kota Madiun

PA Kota Madiun Menuju Akreditasi

PA Kota Madiun Menuju Akreditasi

Madiun | www.pa-kotamadiun.go.id Berawal dari kegiatan Ketua MA-RI di...

PA KOTA MADIUN MEMPERCEPAT MINUTASI MENJADI SATU HARI

MadiunI pa-kotamadiun.go.id Pengadilan Agama Kota Madiun mengadakan rapat dinas...

UPACARA HUT RI. KE 71

UPACARA HUT RI. KE 71

Suasana Upacara memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke...

Rapat Perdana Ketua PA. Kota Madiun

Rapat Perdana Ketua PA. Kota Madiun

Kota Madiun 19 Oktober 2015 – Berbeda dari...

Pelantikan Hakim dan Jurusita pengganti

Pelantikan Hakim dan Jurusita pengganti

KETUA PENGADILAN AGAMA KELAS II KOTA MADIUN MELANTIK 2...

Info Perceraian PA. Kota Madiun

Info Perceraian PA. Kota Madiun

321 Perkara diterima oleh Pengadilan Agama Kota Madiun...

Mediasi Berhasil

Mediasi Berhasil

MEDIATOR PENGADILAN AGAMA KOTA MADIUN BERHASIL MENDAMAIKAN PARA...

Audit Kinerja PA. Kota Madiun Oleh Badan Pengawas MARI

Audit Kinerja PA. Kota Madiun Oleh Badan Pengawas MARI

Pada hari selasa,11 Agustus 2015 Tim Pemeriksa...

HALAL BIHALAL DAN SILATURRAHMI

HALAL BIHALAL DAN SILATURRAHMI

HALAL BIHALAL DAN SILATURRAHMI KELUARGA BESAR PERADILAN AGAMA KOTA...

Pelaksaan PS

Pelaksaan PS

Madiun 10 Juli 2015 Jum’at, tanggal 10 Juli...

Kunjungan Darma Yukti Karini

Kunjungan Darma Yukti Karini

KUNJUNGAN DHARMAYUKTI KARINI CABANG KOTA MADIUN KE PANTI...

Pelantikan Panitera Pengganti

Pelantikan Panitera Pengganti

Pelantikan Panitera Pengganti di Lingkungan Pengadilan Agama Kota...

Seputar Pengadilan

Foto Pegawai

Foto PegawaiFoto Pegawai

Situs Tautan

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

Cari Perkara.

Nomor Perkara :