GEDUNG KANTOR PA. KOTA MADIUN MEJA INFORMASI PA. KOTA MADIUN PERSONIL PA. KOTA MADIUN RUANG TUNGGU

MEJA INFORMASI PA. KOTA MADIUN

Anda Butuh Informasi Pengadilan Silahkan hubungi Petugas Informasi Pengadilan Agama Kota madiun telp. (0351) 464854 atau datang langsung ke Pengadilan Agama Kota Madiun, yang berada di Jalan Ring Road Barat Nomor 01 Kota Madiun, Setiap hari dan pada jam kerja  

Read more

Bahasa

Indonesian Arabic English Korean Malay

Foto Ketua

                    KETUA

Statistics

  • Pengunjung : 2
  • Artikel : 138
  • Tautan Web : 7
  • Jumlah Tampilan Artikel : 722171

Polling Website

Bagaimana menurut dengan
adanya website ini?

  • Sangat Membantu
  • Membantu
  • Cukup Membantu
  • Sedikit Membantu
  • Tidak Membantu
You are here: Home Uncategorised Yuks Mengenal PTSP PA Kota Madiun

Yuks Mengenal PTSP PA Kota Madiun

PA Kota Madiun berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan prima yang diberikan kepada masyarakat pencari keadilan. Untuk itu, salah satu program prioritas PA Kota Madiun tahun ini adalah mewujudkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau PTSP PA Kota Madiun.

Ruangan ditata dan direnovasi, sistem dan prosedur pelaksanaan PTSP disusun, SDM pelaksana dan penanggungjawab PTSP disiapkan, serta video pelayanan PTSP PA Kota Madiun juga dibuat (https://www.youtube.com/watch?v=jcF5_BqKvHk&t=20s).

Menurut Plt Ketua PA Kota Madiun, Dr. H. Ahmad Zaenal Fanani, SHI., M.Si., menegaskan bahwa PTSP PA Kota Madiun merupakan wujud komitmen PA Kota Madiun untuk memberikan pelayanan yang prima, cepat dan bebas pungunan liar.

“Harapannya masyarakat pencari keadilan puas dan senang dengan pelayanan yang diberikan. Itu tujuan utama kita,” tegasnya.

 

Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau PTSP PA Kota Madiun adalah pelayanan administrasi peradilan secara terintegrasi dalam satu kesatuan proses yang dimulai dari tahap permohonan informasi, pendaftaran perkara, pembayaran dan pengembalian panjar biaya perkara, hingga penyerahan atau pengambilan produk Pengadilan melalui satu pintu.

Layanan Inti

Layanan yang diberikan PTSP PA Kota madiun terdiri dari layanan inti dan layanan penunjang.

Layanan inti PTSP PA Kota madiun meliputi (a) permohonan infomasi; (b) pengajuan pengaduan; (c) pendaftaran perkara; (d) pembayaran biaya; dan (e) penyerahan produk pengadilan.

Layanan inti PTSP dilaksanakan oleh para Petugas PTSP yang merupakan pegawai PA Kota Madiun.

Layanan informasi

Layanan informasi diberikan oleh satu orang Petugas Informasi dan layanan Pengaduan juga oleh satu orang petugas Pengaduan.

Informasi yang dapat diperoleh melalui meja informasi PA kota madiun diantaranya adalah (1) informasi profil dan pelayanan dasar pengadilan agama; (2) Prosedur beracara untuk setiap jenis perkara yang menjadi kewenangan Pengadilan agama; (3) Biaya yang berhubungan dengan proses penyelesaian perkara serta seluruh biaya hak-hak kepaniteraan lain sesuai dengan kewenangan, tugas dan kewajiban Pengadilan; (4) Informasi berkaitan hak-hak para pihak untuk mendapat bantuan hukum, hak atas biaya perkara cuma-cuma, serta hak-hak pokok dalam proses persidangan; (4) Tata cara pengaduan dugaan pelanggaran yang dilakukan Hakim dan Pegawai; dan (5) informasi-informasi lainnya yang wajib tersedia dan dapat diakses oleh masyarakat.

Layanan pengaduan

Layanan dan Tata cara Pengaduan mengikuti ketentuan yang diatur dalamPeraturan Mahkamah Agung RI Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Pedoman Penanganan Pengaduan Di Mahkamah Agung Dan Badan Peradilan Yang Berada Dibawahnya.

Dalam hal Pengaduan diajukan secara lisan:

a.     Pelapor  datang  menghadap  sendiri  ke  meja Pengaduan, dengan menunjukkan indentitas diri.

b.     petugas  meja  Pengaduan  memasukkan  laporan Pengaduan ke dalam aplikasi SIWAS MA-RI.

c.     petugas  meja  Pengaduan  memberikan  nomor register  Pengaduan  kepada  Pelapor  guna  memonitor tindak lanjut penanganan Pengaduan.

Dalam hal pengaduan dilakukan secara tertulis, memuat: identitas Pelapor; identitas Terlapor jelas; perbuatan  yang  diduga  dilanggar  harus  dilengkapi dengan  waktu  dan  tempat  kejadian,  alasan penyampaian  Pengaduan,  bagaimana  pelanggaran itu  terjadi    misalnya,  apabila  perbuatan  yang diadukan  berkaitan  dengan  pemeriksaan  suatu perkara, Pengaduan harus dilengkapi dengan nomor perkara; menyertakan  bukti  atau  keterangan  yang  dapat mendukung Pengaduan yang disampaikan misalnya, bukti  atau keterangan  ini  termasuk  nama,  alamat dan  nomor  kontak  pihak  lain  yang  dapat  dimintai keterangan  lebih  lanjut  untuk  memperkuat Pengaduan Pelapor; dan  petugas  Meja  Pengaduan  memasukkan  laporan Pengaduan  tertulis  ke  dalam  aplikasi  SIWAS  MA-RI dengan  melampirkan  dokumen    Pengaduan. Dokumen  asli  Pengaduan  diarsipkan  pada Pengadilan yang bersangkutan dan dapat dikirim ke Badan Pengawasan apabila diperlukan. 

Layanan pendaftaran

Layanan pendaftaran perkara diberikan oleh Petugas Pendaftaran atau Petugas Meja I.

Layanan pendaftaran perkara menjadi tanggungjawab Panitera Muda Gugatan dan Panitera Muda Permohonan.

Petugas pendaftaran terlebih dahulu akan mengecek kelengkapan gugatan/permohonan yang diajukan. Jika dinilai belum lengkap, petugas akan memberikan informasi agar pihak melengkapiya.

Layanan pendaftaran perkara meliputi:

a.     Pendaftaran perkara gugatan/permohonan tingkat pertama serta melakukan input data ke SIPP;

b.     Pengajuan upaya hukum banding, kasasi dan Peninjauan Kembali;

c.      Pendaftaran permohonan konsinyasi;

d.     Pendaftaran permohonan eksekusi; dan

e.     Layanan lainnya yang diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Layanan pembayaran

Layanan pembayaran diberikan oleh Petugas Pembayaran atau Kasir.

Jika gugatan/permohonan dinilai lengkap maka kasir akan melakukan penaksiran panjar biaya perkara dan kemudian pihak membayar kepada petugas Bank Jatim.

Layanan pembayaran oleh Kasir meliputi:

a.     penaksiran panjar biaya perkara;

b.     pemberian Surat Kuasa Untuk Membayar;

c.      pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak;

d.     pengembalian sisa panjar biaya perkara;

e.     penyerahan bukti-bukti pembayaran;

f.       layanan lainnya yang diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Layanan penyerahan produk pengadilan

Layanan penyerahan produk pengadilan diberikan oleh Petugas Produk Pengadilan atau Petugas Meja III.

Layanan penyerahan produk pengadilan menjadi tanggungjawab Panitera Muda Hukum.

Layanan penyerahan produk pengadilan meliputi penyerahan/pengambilan:

a.     salinan putusan/penetapan;

b.     akta cerai; dan

c.      dokumen-dokumen resmi Pengadilan yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan.

Layanan Penunjang

Disamping layanan inti diatas, PTSP PA Kota Madiun juga menyediakan layanan penunjangPTSP PA Kota Madiun yang meliputi:

a.    pemberian bantuan hukum melalui Posbakum yang bekerjasama dengan Peradi Kota Madiun. Posbakum membantu masyarakat yang tidak mampu untuk membuat gugatan atau permohonan atau bantuan hukum lainnya;

b.    layanan penunjang lainnya adalah penyetoran panjar biaya perkara melaui Bank Jatim;

Road Map

PA Kota Madiun sudah menyusun road map atau peta jalan pengembangan PTSP PA Kota Madiun dimasa mendatang diantaranya adalah

1.    menambah layanan penunjang PTSP PA Kota Madiun dengan membangun kerjasama dengan PT Pos Indonesia untuk pembelian materai dan legalisir alat bukti;

2.    menyediakan mesin foto copy untuk keperluan foto copy gratis bagi masyarakat pencari keadilan;

3.    kerjasama dengan salah satu Bank dari 7 (tujuh) bank yang sudah kerjasama dengan MA RI karena sekarang masih bekerjasama dengan Bank Jatim yang bukan salah satu diantara tujuh bank tersebut; dan

4. kedepan PA Kota Madiun ingin bekerjasama dengan fakultas psikologi untuk memberikan konsultasi  psikologi khususnya bagi suami atau isteri atau anak yang akan mengajukan perkara perceraian dan hak asuh anak.

Seputar PA. Kota Madiun

UPACARA PELANTIKAN KEPALA SUB. BAGIAN PTIP YANG BARU

UPACARA PELANTIKAN KEPALA SUB. BAGIAN PTIP YANG BARU

Suasana khidmat menyelimuti ruang sidang utama Pengadilan Agama...

Pelaksanan PKL Mahasiswa UIN Malang

Pelaksanan PKL Mahasiswa UIN Malang

MENGKONSTRUK NALAR KRITIS MAHASISWA SYARIAH MELALUI PROGRAM PKL...

Halal Bihalal Kelauraga Besar PA. Kota Madiun

Halal Bihalal Kelauraga Besar PA. Kota Madiun

MEMBANGUN KOMITMEN DAN SOLIDARITAS DENGAN SILATURAHMI Pengadilan Agama Kota...

Upacara Harkitnas Ke-110 PA Kota Madiun

Upacara Harkitnas Ke-110 PA Kota Madiun

MadiunI pa-kotamadiun.go.id Pengadilan Agama Kota Madiun melakukan upacara dalam...

PA Kota Madiun Menuju Akreditasi

PA Kota Madiun Menuju Akreditasi

Madiun | www.pa-kotamadiun.go.id Berawal dari kegiatan Ketua MA-RI di...

PA KOTA MADIUN MEMPERCEPAT MINUTASI MENJADI SATU HARI

MadiunI pa-kotamadiun.go.id Pengadilan Agama Kota Madiun mengadakan rapat dinas...

UPACARA HUT RI. KE 71

UPACARA HUT RI. KE 71

Suasana Upacara memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke...

Rapat Perdana Ketua PA. Kota Madiun

Rapat Perdana Ketua PA. Kota Madiun

Kota Madiun 19 Oktober 2015 – Berbeda dari...

Pelantikan Hakim dan Jurusita pengganti

Pelantikan Hakim dan Jurusita pengganti

KETUA PENGADILAN AGAMA KELAS II KOTA MADIUN MELANTIK 2...

Info Perceraian PA. Kota Madiun

Info Perceraian PA. Kota Madiun

321 Perkara diterima oleh Pengadilan Agama Kota Madiun...

Mediasi Berhasil

Mediasi Berhasil

MEDIATOR PENGADILAN AGAMA KOTA MADIUN BERHASIL MENDAMAIKAN PARA...

Audit Kinerja PA. Kota Madiun Oleh Badan Pengawas MARI

Audit Kinerja PA. Kota Madiun Oleh Badan Pengawas MARI

Pada hari selasa,11 Agustus 2015 Tim Pemeriksa...

HALAL BIHALAL DAN SILATURRAHMI

HALAL BIHALAL DAN SILATURRAHMI

HALAL BIHALAL DAN SILATURRAHMI KELUARGA BESAR PERADILAN AGAMA KOTA...

Seputar Pengadilan

Foto Pegawai

Foto PegawaiFoto Pegawai

Situs Tautan

sipp-banner

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

Cari Perkara.

Nomor Perkara :