kesekian logonya2

Written by Super User on . Hits: 101

TIM ASESSMEN EKSTERNAL LAKUKAN OBSERVASI IMPLEMENTASI APM

DI PA KOTA MADIUN

 sur 2

(ilustrasi: Asessor melakukan interview dengan petugas PTSP)

pa-kotamadiun.go.id

Perjuangan PA Kota Madiun untuk mempertahankan capaian A (Excellent) dalam implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) memasuki fase menentukan pada Jum'at, 22 November 2019 saat Tim Asessmen Eksternal dari Pengadilan Tinggi Agama Surabaya melakukan observasi atas implementasi APM di PA Kota Madiun.

Tim Asessmen Eksternal yang dipimpin oleh Dr. H. Didi Kusnadi, M.Ag sebagai Lead Asessor didampingi Bambang Subroto, SH., MH. hadir di Kantor PA Kota Madiun tepat pukul 07.30 WIB dan langsung melakukan pengamatan kondisi kantor terkait implementasi 5R dan selanjutnya menuju ke lokasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) untuk melakukan interview pada petugas PTSP dan juga petugas Resepsionis.

sur 4

(ilustrasi: Asessor lakukan pengecekan Arsip Perkara)

Implementasi 9 Aplikasi Badilag

Objek observasi yang menarik perhatian asessor adalah implementasi 9 Aplikasi Unggulan Ditjen Badan Peradilan Agama (Badilag) yaitu; Aplikasi Notifikasi Perkara, Informasi produk pengadilan, Antrian sidang, Basis Data Terpadu Kemiskinan, Command Center, Aplikasi PNBP, e-Eksaminasi, e-Register dan e-Keuangan. Didampingi Ketua PA Kota Madiun A. Zaenal Fanani, Pak Didi, sapaan akrab Didi Kusnadi, Lead Asessor yang adalah Panitera PTA Surabaya tersebut mendengar penjelasan petugas TI sekaligus mencoba langsung 9 aplikasi yang seluruhnya sudah bisa diimplementasikan di PA Kota Madiun dengan beberapa aplikasi yang masih menunggu penyempurnaan lebih lanjut dari Tim Badilag. Dalam kesempatan tersebut Pak Didi juga dipertontonkan aplikasi yang merupakan inovasi PA Kota Madiun yaitu e-Survey, sebuah aplikasi berbasis TI guna mendukung APM dan Zona Integritas (ZI). 

sur 5

(ilustrasi: presentasi Tim TI atas implementasi 9 Aplikasi)

Setelah merasa cukup dengan penjelasan Tim TI atas implementasi 9 Aplikasi, Lead Asessor dan pendamping melanjutkan observasi dengan melakukan wawancara dengan para pihak berperkara, Petugas Pos Bakum, penelusuran berkas di ruang arsip, pengecekan dokumen-dokumen APM serta meninjau fasilitas Ruang Mediasi dan Perpustakaan.

sur 6

(ilustrasi: Asessor melakukan interview pada pihak berperkara)

Apresiasi dan Catatan Tim Asessor Eksternal

Mengakhiri kegiatan observasi, digelar Closing Meeting dengan agenda Presentasi materi evaluasi implementasi APM yang disampaikan oleh Ketua PA Kota Madiun, Penyampaian Kesimpulan dan Catatan dari Tim Asessmen Eksternal serta Foto Bersama.

Dalam presentasinya, A. Zaenal Fanani, Ketua PA Kota Madiun selaku Top Manajemen APM memaparkan secara singkat Profil PA Kota Madiun, capaian yang diraih PA Kota Madiun dalam 1 tahun terakhir pasca surveillence I, tindak lanjut hasil kontrak kinerja pada surveillence I, apresiasi dan penghargaan yang diperoleh PA Kota Madiun dan juga mempublikasikan foto-foto sebelum dan setelah surveillence. Diakhir presentasi Ia berharap apa yang telah dilakukan oleh Pimpinan dan Tim APM PA Kota Madiun selama satu tahun terakhir mampu mempertahankan capaian sebelumnya sekaligus meminta masukan dari semua pihak khususnya Tim Asessmen Eksternal untuk kemajuan PA Kota Madiun.

sur 7

(ilustrasi: suasana acara closing meeting)

Sementara itu Lead Asessor Didi Kusnadi menyampaikan apresiasi yang tinggi dan bangga terhadap performa PA Kota Madiun. Ia menilai PA Kota Madiun dibawah pimpinan A. Zaenal Fanani telah memiliki modal untuk mengimplementasikan program-program APM maupun ZI. Modal tersebut menurut Didi adalah komitmen dan kekompakan. Ia menilai dengan segala keterbatasannya PA Kota Madiun tetap mampu meraih prestasi dan penghargaan yang cukup membanggakan.

BACA JUGA: Kompak, Bekal PA Kota Madiun Coba Pertahankan Capaian Surveillence Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) 2019

sur 8

(ilustrasi: penyerahan dokumen tindak lanjut kontrak kinerja)

Meskipun begitu, Didi Kusnadi tak luput memberikan catatan untuk perbaikan PA Kota Madiun, beberapa diantaranya terkait penyediaan ruang untuk Command Center, Petugas Arsip dan perbaikan fasilitas di Ruang Mediasi. Sedangkan Bambang Subroto, pendamping Lead Asessor lebih menyoroti terkait teknis APM. Ia mengingatkan Tim APM agar selalu mengadakan monitoring dan evaluasi atas pedoman kerja serta SOP agar sesuai dengan tuntutan perubahan.

surv 1

(ilustrasi: foto bersama pegawai PA Kota dengan Tim Asessmen eksternal)

Agenda Observasi Implementasi APM oleh Tim Asessmen Eksternal diakhiri dengan penyerahan Dokumen temuan tindak lanjut kontrak kinerja untuk tahun berikutnya dan sesi Foto bersama.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kota Madiun

Jln. Ringroad Barat No. 1 - Madiun

Kode POS 63125

Telp : 0351 - 464854
Fax : 0351 - 495878

gmail.png Email Kepaniteraan:

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

gmail.png Email Kesekretariatan:

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

location.png Lokasi Kantor 

Ikuti Kami di 

facebook_logos_PNG19761.png      instagram_PNG1.png      you-tube-3383601_960_720.png

Tautan Aplikasi

Aplikasi Eksternal

SIPP

E-Court

LPSE

Aplikasi Internal

E-Survei PA Kota Madiun

Komdanas

SIKEP

SIMARI

 

Jam Pelayanan

Jam Kerja

Senin-Kamis : 07.30 - 16.00 WIB

Jum'at : 07.00 - 16.00 WIB

Istirahat

Senin-Kamis : 12.00 - 13.00 WIB

Jum'at : 11.30 - 13.00 WIB

Jadwal Sidang

Senin-Kamis : 09.00 - Selesai

Pelayanan yang berkaitan dengan PNBP mengikuti jam pelayanan BANK

Copy Right © 2018.  Template Mahkamah Agung RI | Edited By IT Pengadilan Agama Kota Madiun V.0.2